Pengaruh Sustainable Marketing Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Zero Waste Shop Di Jakarta

Ekawati, Aulia Dian and Febriananda Faizal,, SP., MP. and Dr. Silvana Maulidah,, SP.,MP. (2021) Pengaruh Sustainable Marketing Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Pada Zero Waste Shop Di Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akhir-akhir ini sedang terjadi perubahan pola hidup untuk menjadi pola hidup yang lebih sehat. Perubahan pola hidup juga mengakibatkan adanya pergeseran pola konsumsi sehingga menimbulkan peningkatan permintaan terhadap produk organik. Namun, pelaku usaha yang khusus bergerak dibidang tersebut belum banyak. Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan peluang ini merupakan zero waste shop. Zero waste shop menjual produk organik yang berasal dari petani lokal, kemudian zero waste shop juga menawarkan pengalaman berbelanja yang unik karena konsumen dihimbau untuk membawa kemasan dari rumah sebelum melakukan pembelanjaan. Melalui zero waste shop selain dapat mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan akan tetapi juga mendukung gaya hidup yang berkelanjutan yang menggunakan produk lokal dan organik. Perusahaan dapat memanfaatkan strategi sustainable marketing atau pemasaran yang berkelanjutan untuk menarik lebih banyak minat beli konsumen terutama karena konsumen telah sadar akan produk ramah lingkungan. Oleh karena itu konsep sustainable marketing berpeluang untuk diterapkan pada bisnis di masa sekarang dengan orientasi keuntungan jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh sustainable marketing terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada zero waste shop di Jakarta. Sebelumnya belum ada penelitian mengenai pengaruh sustainable marketing terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada zero waste shop di Jakarta sehingga penelitian ini penting untuk dilakukan. Disamping itu juga terjadi perubahan pola pikir konsumen, produsen dan stake holder yang lebih memperhatikan isu lingkungan. Harapan dari penelitian ini adalah perusahaan dapat melihat aspek yang berpeluang dalam menarik minat beli konsumen kemudian merubah minat beli menjadi keputusan pembelian melalui strategi pemasaran yang efektif. Strategi penentuan sampel dilakukan dengan pendekatan nonprobabilty sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Jumlah sampel minimal pada penelitian ini ditentukan oleh sepuluh kali banyaknya variabel laten yaitu sejumlah 60 responden. Namun seiring berjalannya penelitian untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel maka peneliti menggunakan sampel sejumlah 93 responden selama Mei 2021 hingga Juni 2021 dengan menyebarkan kuesioner secara online. Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi WarpPLS 7.0 Version merupakan metode analisis dan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis dalam penelitian ini variabel customer solution, customer cost, communication dan convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada zero waste shop di Jakarta dilihat melalui nilai path coeffcicient dan p valuenya. Kemudian variabel minat beli juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada zero waste shop di Jakarta ditinjau ii dari nilai nilai path coeffcicient dan p value. Terakhir, variabel minat beli terbukti menjadi variabel mediasi dalam hubungan variabel sustainable marketing dengan keputusan pembelian. Jenis variabel minat beli dalam variabel customer solution dan convenience merupakan mediasi total sedangkan minat beli dalam customer cost dan communication memiliki peran yang tidak memediasi.

English Abstract

Lately, there is a change in lifestyle to become a healthier lifestyle. Changes in lifestyle also resulted in a shift on consumption patterns. Consumer tend to consume organic food with hope it could have an impcat in healthier consumption. The result of these activities is an increase in demand for organic products. However, there are not many business manufacturers and companies who are specifically engaged in this field. One company that has taken advantage of this opportunity is zero waste shop. Zero waste shop sells organic products from local farmers, then the zero waste shop also offers a unique shopping experience because consumers are encouraged to bring packaging from home before making purchases. Through zero waste shop, besides being able to reduce the negative impact on the environment, it also supports a sustainable lifestyle that uses local and organic products. Companies can take advantage of these situation by implemented sustainable marketing strategies to attract more consumer buying interest, especially because consumers are aware of environmentally friendly products. Therefore, the concept of sustainable marketing has the opportunity to be applied to businesses today with a long-term profit orientation. The purpose of this study is to see the effect of sustainable marketing on purchase intention and purchase decision at zero waste shop in Jakarta. Previously there had been no research on the effect of sustainable marketing on purchase intention and purchase decision at zero waste shop in Jakarta, so this research is important to do. Besides that, there is also a change in the mindset of consumers, producers and stakeholders who pay more attention to environmental issues. The hope of this research is that the company can see aspects that have the opportunity to attract consumer purchase intention and then change purchase intention into purchasing decision through effective marketing strategies. The strategy for determining the sample is carried out with a non-probability sampling approach using a purposive sampling technique with respondent criteria tailored to the needs of the researcher. The minimum number of samples in this study was determined by ten times the number of latent variables, namely 60 respondents. However, as the research progressed to obtain valid and reliable data, the researchers used a sample of 93 respondents during May 2021 to June 2021 by distributing online questionnaires. Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) through the WarpPLS 7.0 Version application is the analytical tools that used in this study. The results of the analysis in this study the variables of customer solution, customer cost, communication and convenience have positive and significant effect on purchase intention at zero waste shop in Jakarta seen through the path coefficient value and p value. Then purchase intention variable also have positive and significant influence on purchase decision at zero waste shop in Jakarta in terms of path coefficient values and p value. Finally, purchase intention variable is proven iv to be a mediating variable in the relationship between sustainable marketing variables and purchasing decision. Purchase intention in customer solution and convenience variables is a total mediation, while buying interest in customer cost and communication has a non-mediating role.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040145
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:01
Last Modified: 24 Feb 2022 15:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189319
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040107111032 - Aulia Dian Ekawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item