Sustainable Marketing Terhadap Brand Image Dan Loyalitas Pelanggan Di Retrorika Coffee Bar & Resto

Putri, Della Aprilia Danaparamita and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP.,MP. and Neza Fadia Rayesa,, S.TP.,M.Sc (2021) Sustainable Marketing Terhadap Brand Image Dan Loyalitas Pelanggan Di Retrorika Coffee Bar & Resto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang terjadi baik dibidang ekonomi, sosial maupun lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan perusahaan yang tidak bertanggung jawab semakin hari semakin meningkat. Contohnya saja terkait adanya pemberian upah yang tidak sesuai, permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan eksploitasi yang tidak bertanggung jawab dari perusahaan, serta terkait dengan ketidaksetaraan sosial dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu diterapkannya konsep bisnis baru, yaitu sustainable marketing. Salah satu bisnis yang telah menerapkan konsep sustainable marketing adalah Retrorika Coffee Bar & Resto, dimana café tersebut telah memperhatikan keadaan ekonomi, sosial maupun lingkungan bisnis yang dapat bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Penerapan sustainable marketing nyatanya memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan brand image dari perusahaan. Selain itu, brand image juga memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen, dimana semakin positif citra perusahaan tersebut maka akan semakin puas dan percaya konsumen terhadap pelayanan ataupun produk yang dihasilkan. Nantinya, secara tidak langsung kepuasan dan kepercayaan pelanggan serta citra yang positif tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan loyalitas dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sustainable marketing terhadap brand image di Retrorika Coffee Bar & Resto serta menganalisis pengaruh brand image terhadap kepercayaan, kepuasan dan loyalitas pelanggan di Retrorika Coffee Bar & Resto. Penelitian ini dilakukan di Retrorika Coffee Bar & Resto pada bulan April hingga Mei 2021 dengan terdapat 100 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa dari variabel sustainable marketing hanya aspek sosial saja yang tidak signifikan. Hal tersebut disebabkan karena penerapan dari aspek sosial yang merasakan manfaatnya hanyalah pihak ketiga bukan dari konsumen secara langsung dan ditambah kurangnya publikasi dari pihak Retrorika Coffee Bar & Resto mengenai kegiatan sosial yang diadakan. Meskipun begitu, nyatanya kegiatan sosial tetap bisa menarik minat dari konsumem asalkan perusahaan tetap dapat menunjukkan tanggung jawabnya melalui kegiatan sosial yang dilakukan. Selain itu, menurut hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas, kepercayaan dan kepuasan konsumen. Begitupula dengan kepercayaan dan kepuasan konsumen yang juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas dari pelanggan.

English Abstract

Problems that occur in the economic, social and environmental fields caused by irresponsible company activities are increasing day by day. For example, related to the provision of wages that are not appropriate, environmental problems caused by irresponsible exploitation activities of the company, as well as related to social inequality and so on. Therefore, it is necessary to apply a new business concept, namely sustainable marketing. One of the businesses that has implemented the concept of sustainable marketing is Retrorika Coffee Bar & Resto, where the café has taken into account the economic, social and business environment that can benefit long-term business growth. The implementation of sustainable marketing in fact has a positive influence on increasing the brand image of the company. In addition, brand image also has an influence on consumer satisfaction and trust, where the more positive the company's image, the more satisfied and trusting consumers will be with the services or products produced. Later, indirectly, customer satisfaction and trust as well as a positive image can have an impact on increasing customer loyalty. This study aims to analyze the effect of sustainable marketing on brand image at Retrorika Coffee Bar & Resto and analyze the effect of brand image on trust, satisfaction and customer loyalty at Retrorika Coffee Bar & Resto. This research was conducted at Retrorika Coffee Bar & Resto from April to May 2021 with 100 respondents determined through purposive sampling technique. The analysis used in this research is SEM-PLS with WarpPLS 7.0 application. Based on the research that has been done, it is found that from the sustainable marketing variable, only the social aspect is not significant. This is due to the application of the social aspect that only third parties feel the benefits, not consumers directly and plus the lack of publications from the Retrorika Coffee Bar & Resto regarding the social activities held. Even so, in fact social activities can still attract interest from consumers as long as the company can still demonstrate its responsibility through the social activities carried out. In addition, according to the results of research that has been carried out, it is found that brand image has a positive and significant influence on customer loyalty, trust and satisfaction. Likewise, consumer trust and satisfaction also have a positive and significant influence on customer loyalty.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040144
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:37
Last Modified: 24 Feb 2022 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189314
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040107111030 - DELLA APRILIA DANAPARAMITA P.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item