Copywriting: Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing Pada Industri Rumah Tangga Agribisnis Soothe Juice Jakarta

Anali, Putri Puspa Sadid and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si. and Sugeng Riyanto,, SP., M.Si (2021) Copywriting: Strategi Pemasaran Berbasis Digital Marketing Pada Industri Rumah Tangga Agribisnis Soothe Juice Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat umumnya pada saat ini semakin sadar akan pola makan dapat mempengaruhi kesehatan diriyang pada akhirnya memutuskan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat dengan kandungan vitamin dan serat. Tetapi banyak masyarakat yang masih malas dalam mengkonsumsi buah dan sayuran dalam bentuk utuh karena tidak praktis dan memakan waktu yang banyak. Sehingga salah satu cara yang lebih mudah dan cepat untuk mengkonsumsi buah dan sayur yaitu dengan mengolahnya menjadi minuman atau jus. Cold-pressed juice merukapan salah satu minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan serat yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Cold-pressed juice ini dibuat dengan menggunakan teknik cold-pressed yang dimana proses pembuatan yang tidak menghasilkan panas untuk menjaga nutrisi yang ada dalam buah dan sayuran yang bermanfaat bagi tubuh agar tetap terjaga kualitasnya. Persaingan dalam kegiatan usaha bisnis pada era globalisasi seperti saat ini semakin kompetitif, baik pasar dalam negeri maupun pasar internasional. Strategi pemasaran yang perlu digunakan oleh pelaku usaha haruslah tepat agar dapat bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan volume penjualan serta profit yang didapatkan. Digital marketing merupakan salah satu strategi yang cukup efektif dalam kegiatan pemasaran yang sangat diminati oleh banyak pelaku usaha terutama oleh pelaku usaha rumah tangga. Digital marketing dapat didefinisikan sebagai aktivitas suatu perusahaan dan Pelaksanaan kegiatan pemasaran berbasis digital tersebut salah satunya terdapat strategi copywriting yang dapat digunakan dan membuat para pembaca menjadi tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dihasilkan. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan strategi copywriting yang diterapkan oleh Industri Rumah Tangga Soothe Juice dalam kegiatan pemasaran berbasis digital marketing. (2) untuk menganalisis pengaruh copywriting sebagai strategi pemasaran berbasis digital dalam penjualan cold-pressed juice dari Soothe Juice. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan menentukan lokasi penelitian di rumah produksi Soothe Juice. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskrtiptif yang menjawab tujuan pertama. Sedangkan pada tujuan kedua menggunakan uji regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh efektifitas copywriting sebagai strategi pemasaran berbasis digital marketing. Hasil dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain. Perubahan peningkatan penjualan produk dari Soothe Juice tidak hanya disebabkan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital marketing tetapi juga dengan penggunaan teknik copywriting dalam kegiatan promosi yang dijalankan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Soothe Juice menggunakan sosial media Instagram dan juga Google Bisnisku dan promosi penjualan yang dijalankan berupa discount, ii pembebasan biaya pengiriman¸ dan pemberian produk gratis. Kegiatan pemasaran dan promosi tersebut dilakukan pada hari-hari tertentu dan dengan menggunakan syarat serta ketentuan khusus. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel teknik copywriting berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel digital marketing dengan memiliki nilai sig 0.000 <0.05 maka dengan begitu dapat diartikan bahwa variabel Teknik Copywriting berpengaruh terhadap variabel Digital Marketing. Nilai R2 (R Square) berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa 69,5 % dari varians “Teknik Copywriting” dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel Digital marketing. Sisanya 30,5 % dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu, dalam kegiatan pemasaran suatu produk dengan menggunakan digital marketing dapat menggunakan teknik copywriting dalam penulisannya karena memiliki pengaruh yang positif dalam kegiatan pemasaran. Dan berdasarkan hasil analisis yeng telah dilakukan, maka indikator dari variabel teknik copywriting yang paling berpengaruh yaitu indikator TC4 yaitu Conviction (Kepercayaan) yang berarti bahwa penggunaan teknik copywriting dalam kegiatan pemasaran berbasis online yang telah dilakukan oleh Soothe Juice mampu membuat pembaca atau calon konsumen yakin untuk mengkonsumsi atau membeli produk cold-pressed juice. Para pelaku usaha diharapkan dikemudian hari perlu memperhatikan bahwa konsep kegiatan pemasaran untuk mengiklankan suatu produk merupakan salah satu aspek yang sangat penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha. Oleh karena itu, para pelaku usaha perlu memiliki keterampilan dalam membuat suatu iklan dalam kegiatan pemasaran produknya menjadi lebih menarik perhatian calon konsumen atau pembaca. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menarik perhatian calon konsumen atau pembaca dengan menggunakan teknik copywriting. Selain itu, para pelaku usaha juga perlu memperbaiki dan lebih memperhatikan iklan yang dibuat dalam kegiatan pemasaran berbasis digital agar informasi yang ingin disampaikan bisa tersampaikan lebih efektif, efisien dan menarik konsumen dan dalam kegiatan promosi agar dibuat tidak sesering mungkin karena akan membuat promosi tersebut tergolong special atau istimewa.

English Abstract

People are increasingly aware that diet can affect their health, ultimately deciding to consume healthier foods and drinks with vitamin and fiber content. But many people are still lazy in consuming fruits and vegetables in whole form because it is impractical and takes a lot of time. So one of the easier and faster ways to consume fruits and vegetables is to process them into drinks or juices. Cold-pressed juice is one of the drinks that can be consumed to help meet the needs of vitamins and fiber needed to maintain endurance. Cold-pressed juice is made using cold-pressed techniques in which the manufacturing process does not produce heat to maintain the nutrients present in fruits and vegetables that are beneficial for the body to maintain quality. Competition in business activities in the era of globalization as it is now increasingly competitive, both domestic and international markets. Marketing strategies that need to be used by businesses must be appropriate in order to compete with competitors and increase sales volume and profit earned. Digital marketing is one of the strategies that are quite effective in marketing activities that are in great demand by many businesses, especially by household businesses. Digital marketing can be defined as the activities of a company and the implementation of digital-based marketing activities, one of which is a copywriting strategy that can be used and make the readers become interested in buying products or services produced. This study has two objectives, namely: (1) to describe the copywriting strategy applied by the Soothe Juice Home Industry in digital marketing-based marketing activities. (2) to analyze the effect of copywriting as a digital-based marketing strategy in selling cold-pressed juice from Soothe Juice. This research approach is a quantitative approach. The location of the research was determined purposively by determining the location of the research at the Soothe Juice production house. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis which answers the first objective. While the second objective uses a multiple linear regression test to determine the effect of copywriting effectiveness as a digital marketing-based marketing strategy. The results of the analysis that has been done can be concluded that the two variables are interconnected and influential to each other. The increase in product sales from Soothe Juice is not only due to marketing activities conducted digital marketing but also by the use of copywriting techniques in promotional activities carried out. Marketing activities conducted by Soothe Juice using Instagram social media as well as Google My Business and sales promotions run in the form of discounts, shipping exemptions and free product delivery. Such marketing and promotional activities are conducted on certain days and using special terms and conditions. Based on the results of research analysis and discussion that has been explained, it can be concluded that copywriting technique variables have a positive and significant effect on digital marketing variables by having a sig value of 0.000 <0.05 then it can be interpreted that copywriting technique variables affect digital marketing variables. The value of R2 (R Square) based on research that has been iv done shows that 69.5% of the variance of "Copywriting Technique" can be explained by changes in digital marketing variables. The remaining 30.5 % is affected by other variables. Therefore, in marketing activities a product using digital marketing can use copywriting techniques in its writing because it has a positive influence in marketing activities. And based on the results of the analysis has been done, the indicator of the most influential copywriting technique variable is the TC4 indicator, Conviction which means that the use of copywriting techniques in online-based marketing activities that have been done by Soothe Juice is able to make readers or prospective consumers confident to consume or buy cold-pressed juice products. In the future, businesses need to pay attention that the concept of marketing activities to advertise a product is one of the very important aspects that need to be considered by businesses. Therefore, businesses need to have skills in making an advertisement in their product marketing activities become more attractive to potential consumers or readers. One of the strategies that can be used to attract the attention of prospective consumers or readers by using copywriting techniques. In addition, businesses also need to improve and pay more attention to advertisements made in digital-based marketing activities so that the information that wants to be conveyed can be conveyed more effectively, efficiently and attract consumers and dlam promotional activities so that it is made not as often as possible because it will make the promotion classified as special or special.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040143
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:30
Last Modified: 24 Feb 2022 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189311
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040107111027 - PUTRI PUSPA SADID ANALI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item