Pengaruh Viral marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Agribisnis Kurirsayur.com dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening ( Survey pada Followers Instagram @kurirsayur)

Prasasti, Wukir and Sugeng Riyanto,, SP.,M.Si and Mas Ayu Ambayoen,, SP.,M.Si (2021) Pengaruh Viral marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Agribisnis Kurirsayur.com dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening ( Survey pada Followers Instagram @kurirsayur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya teknologi yaitu komunikasi dan internet tidak hanya mempengaruhi aturan dalam menjalankan bisnis, namun juga dalam hal pemasaran bisnis secara digital. Pada awal tahun 2020 Indonesia dan dunia sedang dilanda oleh pandemi covid-19 yang menyebabkan berbagai kegiatan bisnis menjadi terdampak. Pembelanjaan sayur online sudah menjadi tren yang cukup familiar di kalangan masyarakat dikarenakan praktis dan mudah. Kemudahan ini dijadikan sebagai metode promosi yaitu viral marketing yaitu promosi word-of- mouth secara elektronik. Salah satu perusahaan yang menggunakan media sosial Instagram sebagai salah satu platform untuk menerapkan strategi pemasaran secara online yaitu viral marketing adalah perusahaan Kurirsayur.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi viral marketing terhadap keputusan minat beli dan brand awareness sebagai variabel intervening pada produk agribisnis yang dipasarkan secara online melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive berdasarkan kesengajangan lokasi yang dipilih. Penelitiian ini dilakukan di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang grocery and delivery yang ada di kota Malang bernama Kurirsayur.com. Penelitian ini melakukan survey pelanggang yang menjadi pengikut dari akun social media Instagram Kurirsayur.com yang sudah pernah melakukan pembelian minimal 1 kali. Responden dalam penelitian ditentukan dengan non-probability menggunakan teknik judgmental atau purposive. Penelitian ini menggunakan model analisis PLS-SEM (Partial Least Square - Structural Equation Modeling) menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0 untuk mengolah data dan menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa indikator reflektif dan formatif memiliki hasil yang valid dan reliabel. viral marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness. Hasil tersebut menunjukkan bahwa brand awareness terhadap keputusan pembelian mampu memediasi hubungan viral marketing terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa ketika viral marekting meningkat, maka akan berdampak pada kesadaran merek yang dapat meningkatnya keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan dengan saat ini yang telah memasuki era digital, para pelaku usaha dapat memanfaatkan strategi komunikasi pemasaran viral marketing dengan sangat baik dan efektif melalui berbagai perantara seperti media sosial, public figure, serta bentuk strategi pemasaran lainnya. Dengan adanya penguatan strategi pemasaran melalui social media dapat meningkatkan kesadaran merek di kalangan masyarakat yang nantinya dapat mempengaruhi keputusan masyarakat dalam melakukan pembelian produk. Diharapkan penelitian selanjutnya untuk dapat menjelaskan fenomena yang sesang terjadi terkait dengan indicator viral marketing diluar penelitian ini serta pengaruh dari hubungan dengan variable lain yang belum diteliti.

English Abstract

The development of technology, namely communication and the internet, not only affects the rules in running a business, but also in terms of digital business marketing. At the beginning of 2020, Indonesia and the world were hit by the COVID-19 pandemic, which affected various business activities. Shopping for vegetables online has become a trend that is quite familiar among the public because it is practical and easy. This convenience is used as a promotional method, namely viral marketing, namely word-of-mouth promotion electronically. One company that usessocial media Instagram as a platform to implement an online marketing strategy, namely viral marketing, is the Kuirsayur.com company. This study aims to determine how much influence thestrategy has viral marketing on buying interest decisions and brand awareness as an intervening variable on agribusiness products marketed online throughsocial media Instagram. The method used in this research is a quantitative research approach with an associative research design. The determination of the research location was carried out purposively based on the gaps in the selected location. This research was conducted at one of the companies engaged in the grocery and delivery sector in the city of Malang named Kurirsayur.com. This study conducted a survey of customers who are followers of thesocial media Instagramaccount Kuirsayur.comwho have made a purchase at least 1 time. Respondents in the study were determined by non-probability usingtechniques judgmental or purposive. This study uses the PLS-SEM (analysis modelPartial Least Square - Structural Equation Modeling)using the WarpPLS 7.0 application to process data and test hypotheses. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the reflective and formative indicators have valid and reliable results. viral marketing has a significant influence on purchasing decisions through brand awareness. These results indicate that brand awareness of purchasing decisions is able to mediate the relationship of viral marketing to purchasing decisions. Based on these results, it can be seen that when viral marketing increases, it will have an impact on brand awareness which can increase purchasing decisions. Suggestions that can be given are that it is hoped that now that has entered theera digital, business actors can take advantage ofmarketing communication strategies viral marketing very well and effectively through various intermediaries such as social media, public figures, and other forms of marketing strategies. With the strengthening of marketing strategies through social media, it can increase brand awareness among the public which can later influence people's decisions to make product purchases. It is hoped that further research will be able to explain the phenomenon that often occurs related toindicators viral marketing outside of this study and the influence of the relationship with other variables that have not been studied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052104
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:17
Last Modified: 23 Feb 2022 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189306
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040100111108 - Wukir Prasasti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item