Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Di Bos Sayur Malang Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen

Sibarani, Sionly Octa Frisca and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si and Dr. Ir. Hendro Prasetyo,, M.Si (2021) Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Di Bos Sayur Malang Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bos Sayur Malang merupakan sebuah bisnis online yang melakukan pemasaran produk pertanian sayuran melalui media sosial instagram. Penyebaran informasi produk melalui instagram dengan cara penerapan electronic word of mouth sebagai strategi pemasaran dirasakan efektif dan efisien. Penerapan strategi electronic word of mouth yang dilakukan oleh Bos Sayur didukung dengan interaksi yang dilakukan Bos Sayur dengan konsumen instagram cukup tinggi. Sebagian orang cenderung lebih percaya pada pemasaran dari mulut ke mulut dibandingkan metode promosi lainnya karena konsumen merasa pemberi rekomendasi berbicara jujur dan tidak ada motif tersembunyi sehingga timbul rasa kepercayaan dari konsumen dan akan berdampak pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, konten instagram terhadap kepercayaan konsumen sayuran di Bos Sayur, (2) mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian produk sayuran di Bos Sayur, (3) mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, konten instagram terhadap keputusan pembelian produk sayuran di Bos Sayur, (4) mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh variabel intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, konten instagram terhadap keputusan pembelian produk sayuran melalui kepercayaan konsumen di BosSayur dan (5) mendeskripsikan variabel intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, konten instagram, kepercayaan konsumen, dan keputusan pembelian produk sayuran di Bos Sayur. Penelitian ini dilakukan di Bos Sayur Malang pada bulan Mei 2021. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 98 responden dan pengumpulan data menggunakan kuisioner online berupa google form dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan alat SEM PLS, adapun software yang digunakan adalah WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth yaitu intensitas penggunaan media sosial, pendapat konsumen, dan konten instagram pada produk sayuran Bos Sayur Malang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian. Selanjutnya kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel kepercayaan konsumen pada penelitian ini merupakan variabel mediasi secara parsial dalam pengaruh variabel e-WOM terhadap keputusan pembelian, sehingga dapat dikatakan e-WOM berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Adapun saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah meningkatkan inovasi dan penyampaian electronic word of mouth yang dilakukan oleh pelaku usaha Bos Sayur Malang dalam meningkatkan daya tarik konsumen. Selanjutnya untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti dengan variabel endogen yang lain dan mengembangkan model penelitian agar tidak terfokus pada satu variabel mediasi.

English Abstract

Boss Sayur Malang is an online business that does marketing of vegetable agricultural products through Instagram social media. Dissemination of product information through Instagram by applying electronic word of mouth as a marketing strategy is felt to be effective and efficient. The application of the electronic word of mouth strategy by Bos Sayur is supported by the high interaction between Bos Sayur and Instagram consumers. Some people tend to believe more in word of mouth marketing than other promotional methods because consumers feel that the recommender speaks honestly and there are no ulterior motives so that a sense of trust arises from consumers and will have an impact on purchasing decisions. This study aims to: (1) identify and analyze the effect of the variable intensity of use of social media, consumer opinions, Instagram content on consumer confidence in vegetables at Bos Sayur, (2) identify and analyze the effect of variables on consumer trust on purchasing decisions for vegetable products at Bos Sayur, (3) identify and analyze the effect of the variables on the intensity of social media use, consumer opinions, Instagram content on purchasing decisions for vegetable products at Bos Sayur, (4) identify and analyze the effect of the variable intensity of social media use, consumer opinion, Instagram content on purchasing decisions of vegetable products through consumer trust in BosSayur, and (5) describe the variables of the intensity of social media use, consumer opinions, Instagram content, consumer trust, and purchasing decisions vegetable products at Bos Sayur, and. This research was conducted at Bos Sayur Malang in May 2021. The total respondents in this study amounted to 98 respondents and data collection used online questionnaires in the form of google forms and interviews. The data analysis technique used is the SEM PLS tool, while the software used is WarpPLS 7.0. The results showed that Electronic Word of Mouth, namely the intensity of social media use, consumer opinions, and Instagram content on Bos Sayur Malang vegetable products had a positive and significant effect on consumer confidence and purchasing decisions. Furthermore, consumer confidence has a positive and significant influence on purchasing decisions. The consumer trust variable in this study is a partially mediating variable in the influence of the e-WOM variable on purchasing decisions, so it can be said that e-WOM has an effect on purchasing decisions through consumer trust. The suggestions that can be put forward in this study are to increase innovation and the delivery of electronic word of mouth carried out by business actors of Sayur Boss Malang in increasing consumer attractiveness. Furthermore, further research can examine other endogenous variables and develop research models so that they are not focused on one mediating variable.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040137
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:46
Last Modified: 25 Feb 2022 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189290
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040101111147 - Sionly Octa Frisca Sibarani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item