Pengaruh Selebgram Endorsment Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Toko Pisang Bolen Babe Cake)

Putri, Sandra Ilona and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si and Sugeng Riyanto,, SP., M.Si. (2021) Pengaruh Selebgram Endorsment Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Toko Pisang Bolen Babe Cake). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi Covid-19 ini membuat hampir semua sektor kehidupan melambat, sehingga masyarakat dipaksa melakukan perubahan dan beradaptasi dengan cepat. Dalam bidang ekonomi masyarakat banyak berubah dari yang biasanya senang untuk berbelanja secara fisik, berubah menjadi berbelanja secara online. Perubahan kebiasaan masyarakat ini tentu juga akan berdampak pada perilaku pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Ada norma baru bagi pelaku usaha di kala menghadapi pandemi Covid-19 dan perubahan kebiasan konsumen yaitu mengharuskan pelaku usaha untuk melek teknologi untuk memasarkan dan menjual produknya. Pada era Globalisasi saat ini, pelaku usaha memerlukan strategi untuk dapat menjual produk ataupun jasa yang dihasilkannya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha dalam menjual produknya adalah dengan menentukan strategi pemasaran. Pemasaran berbasis digital merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan dan memperkenalkan sebuah merek dagang dengan menggunakan media sosial. Salah satu trend yang terjadi pada pelaku usaha masa kini adalah dengan melakukan promosi dengan mengendorse seleberiti instagram atau yang lebih dikenal dengan Selebgram Endorsment. pemasaran dengan menggunakan selebgram endorsment bertujuan untuk menarik minat konsumen, agar konsumen tertarik dengan produk yang di pasarkan. Pemasaran melalui selebgram endorsment dengan menggunakan media sosial akan mempengaruhi faktor eksternal yang memengaruhi presepsi konsumen akan sebuah produk, yang kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan di Toko Pisang Bolen Babe Cake yang beralamat di Jalan Kismangunsarkoro Blok A 3, Kota Padang, Sumatera Barat. Pemilihan lokasi dilakukan atas pertimbangan bahwa Toko Pisang Bolen Babecake aktif menggunakan jasa selebgram endorsment selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda untuk mengetahui Pengaruh Selebgram Endorsment terhadap Minat Beli Konsumen di Masa Pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi menggunakan jasa Selebgram Endorsment yang dilakukan oleh Toko Pisang Bolen Babe Cake efektif dalam meningkatkan minat beli Konsumen. Variabel expertise (Keahlian) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,102, hal ini menunjukan bahwa jika expertise mengalami perubahan sebesar satu satuan maka akan mengakibatkan perubahan pada minat beli konsumen sebesar 0,102. Variabel trusthworthiness (kepercayaan) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan koefisien regresisebesar 0,161, hal ini menunjukan bahwa jika trusthworthiness vi mengalami perubahan sebesar satu satuan maka akan mengakibatkan perubahan pada minat beli konsumen sebesar 0,161. Dan variabel attractiveness (daya tarik) berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,74, hal ini menunjukan bahwa jika attractiveness mengalami perubahan sebesar satu satuan maka akan mengakibatkan perubahan pada minat beli konsumen sebesar 0,74. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada Toko Pisang Bolen Babe Cake lebih meningkatkan aktivitas promosi salah satunya dengan mengendorse selebgram yang memiliki lebih banyak followers agar produk Pisang Bolen Babe Cake lebih dikenal oleh khalayak umum dan jangkauan pasar semakin luas tidak hanya di area Kota Padang dan Toko Pisang Bolen Babe Cake sebaiknya juga melakukan promosi penurunan harga atau memberikan hadiah kepada konsumen agar lebih menarik minat beli konsumen.

English Abstract

The Covid-19 pandemic has made almost all sectors of life slow down, so people are forced to make changes and adapt quickly. In the economic field, people have changed a lot from those who are usually happy to shop physically, to shopping online. This change in people's habits will of course also have an impact on the behavior of business actors in running their business. There is a new norm for business actors when facing the Covid-19 pandemic and changes in consumer habits, namely requiring business actors to be technology literate to market and sell their products. In the current era of globalization, business actors need a strategy to be able to sell the products or services they produce. One strategy that can be done by business actors in selling their products is to determine a marketing strategy. Digital-based marketing is one of the marketing strategies to promote and introduce a trademark using social media. One of the trends that occur in today's business actors is to promote by endorsing Instagram celebrities or better known as Selebgram Endorsment. marketing using endorsement programs aims to attract consumer interest, so that consumers are interested in the products being marketed. Marketing through endorsement programs using social media will influence external factors that affect consumer perceptions of a product, which will then affect consumer buying interest. This research was conducted at the Toko Pisang Bolen Babe Cake which is located at Jalan Kismagunsarkoro Blok A 3, Padang City, West Sumatra. The location selection was made based on the consideration that the Toko Pisang Bolen Babe Cake was actively using the services of an endorsement program during the Covid-19 pandemic. This research was conducted with a quantitative approach. The data collected will be analyzed using the multiple linear regression method to determine the Impact of Celebrity Endorsment on Consumer Purchase Intention During Covid-19 Pandemic. The results of this study indicate that the promotion using Selebgram Endorsment services carried out by the Pisang Bolen Babe Cake Shop is effective in increasing consumer buying interest. The expertise variable has a significant effect on consumer buying interest with a regression coefficient of 0.102. This shows that if expertise changes by one unit, it will result in a change in consumer buying interest of 0.102. The trustworthiness variable has a significant effect on consumer buying interest with a regression coefficient of 0.161. This shows that if trustworthiness changes by one unit, it will result in a change in consumer buying interest of 0.161. And the attractiveness variable has a significant effect on buying interest. consumers with a regression coefficient of 0.74, this shows that if attractiveness changes by one unit, it will result in a change in consumer buying interest of 0.74. Based on the results of the study, it is recommended that the Pisang Bolen Babe Cake Shop further increase promotional activities, one of which is by endorsing the celebrity that has more followers so that the Pisang Bolen Babe Cake product is better known to the general public and the market reach is wider not only in the Padang City area and the Pisang Bolen Store. Babe Cake should also do price reduction promotions or give gifts to consumers to attract more consumer buying interest.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040135
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:14
Last Modified: 03 Oct 2024 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189286
[thumbnail of Sandra Ilona Putri.pdf] Text
Sandra Ilona Putri.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item