Analisis Faktor Minat Kewirausahaan Agribisnis (Interest In Agribusiness Entrepreneurship) Milenial dimasa Panndemi Covid-19 (Pada Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya)

Monica, Dora and Dr. Rosihan Asmara,, SE., MP. and Wiwit Widyawati,, SP., MP. (2021) Analisis Faktor Minat Kewirausahaan Agribisnis (Interest In Agribusiness Entrepreneurship) Milenial dimasa Panndemi Covid-19 (Pada Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tahun 2020 Indonesia dilanda oleh wabah pandemi Covid-19 yang menyebabkan turunnya produktivitas masyarakat sampai dengan penurunan laju perekonomian negara akibat dari pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hal ini juga menyebabkan masalah penggangguran yang semakin meningkat karena banyaknya perusahaan yang mengalami pailit hingga gulung tikar. Sehingga untuk mengatasi permaslaahn ini diperlukan suatu alternative yaitu berwirausaha untuk dapat mengurangi pengangguran dan menambah peluang pekerjaan. Namun berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UKM (2020) bahwa jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 3.5% dari jumlah penduduk dan rasio ini masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan Negara lain seperti Malaysia 5%, China 10%, Singapura 7%, Jepang 11% dan Amerika Serikat 12%. Maka dengan hal ini sangat perlu diupayakan dan diketahui faktor minat kewirausahaan dalam rangka meningkatkan jumlah wirausaha dengan menciptakan berbagai dorongan dan lingkungan yang dapat menumbuhkan minat berwirausaha. Menurut Mahesa (2012) Kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses kombinasi sumberdaya dengan cara- cara baru dan berbeda. Sedangkan minat kewirausahaan merupakan kecenderungan hati dalam diri seseorang untuk menciptkaan usaha dan kemudian mengorganisir, mengatur, menganggung resiko dan megembangkan usaha yang diciptakan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) kelompok faktor yang terbentuk dari analisis faktor minat kewirausahaan Agribisnis Milenial di masa Pandemi Covid-19. (2) menganalisis faktor minat yang dipertimbangkan dan kurang dipertimbangkan milenial dalam menjalankan kewirausahaan agribisnis dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2021 hingga Juni 2021. Adapun objek penelitian yang ditetapkan adalah generasi Milenial, hal ini dikarenakan data Badan Pusat Statistik (2020) menyebutkan bahwa jumlah penduduk Indonesia hingga 2020 yang berada di usia produktif didominasi oleh generasi milenial yang berjumlah 69,90 juta jiwa atau 25,87% dari total populasi di Indonesia, yang artinya generasi milenial menjadi salah satu pelopor terbesar dalam memajukan perekonomian negara dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki, sehingga objek penelitian yang ditetapkan adalah mahasiwa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang pernah atau sedang menjalankan usaha agribisnis pada masa pandemi covid-19. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dengan analisis faktor yaitu analisis multivariate dengan jenis tekniknya menggunakan principal component analysis (PCA) yang bertujuan untuk mereduksi sejumlah variabel ke dalam beberapa kelompok faktor. vi Hasil yang diperoleh dari perhitungan analisis faktor dengan PCA (principal component analysis) adalah sebagai berikut: faktor minat kewirausahaan milenial menghasilkan empat kelompok faktor baru yang diantaranya adalah kelompok faktor satu (memperhitungkan peluang) terdiri dari lima variabel bentukan yaitu lingkungan sosial, pendidikan, kondisi pasar, informasi dan teknologi. Kelompok faktor dua (daya juang) terdiri dari dua variabel bentukan yaitu kemandirian dan jiwa kepemimpinan. Kelompok faktor tiga (inisiatif) terdiri dari dua variabel bentukan yaitu modal dan dampak perubahan. Kelompok faktor empat (motivasi) terdiri dari 3 variabel bentukan yaitu ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga, dan rasa tidak puas diri. Adapun unsur-unsur yang paling dipertimbangkan oleh milenial untuk berwirausaha adalah variabel kondisi pasar, kemandirian, dan teknologi. Sedangkan variabel yang tidak terlalu dipertimbangkan oleh milenial untuk berwirausaha adalah variabel lingkungan sosial, dampak perubahan dan rasa tidak puas diri.

English Abstract

Indonesia was hit by the Covid -19 pandemic In early 2020 which caused various problems in aspects of people's lives. The result of the policy of large-scale social restrictions is one of the things that causes a decrease in the productivity of society to a decline in the rate of the country's economy. In addition, the problem of unemployment has also increased due to the number of companies that have gone bankrupt and have gone out of business, this is also related to reduced employment opportunities. In order to overcome these economic and unemployment problems, an alternative field is needed where one of them is entrepreneurship. The current problem is the lack of interest in entrepreneurship in Indonesia, where based on the data obtained, the number of entrepreneurs in Indonesia has only reached 3.5% and this number is still far behind when compared to neighboring countries. So it is very necessary to try again and achieve more entrepreneurial targets. Entrepreneurship is the ability to create added value in the market through the process of combining resources in new and different ways. Starting an entrepreneurship begins with an interest which can then be realized through creative ideas and the presence of factors that can encourage interest in entrepreneurship. This study aims to analyze (1) the group of factors formed from the analysis of the factors of interest in Millennial Agribusiness entrepreneurship during the Covid-19 Pandemic (Case Study of Agricultural Students at Brawijaya University. (2) Factors of entrepreneurial interest that are considered and less considered by millennials in entrepreneurship. conducted in May 2021- June 2021 with a total number of respondents as many as 75 students. The analysis used in this study is quantitative data analysis using factor analysis with principal component analysis (PCA) technique which aims to determine the group of factors formed from factor analysis and to find out what factors are considered for entrepreneurship The results obtained from the calculation of factor analysis with PCA (principal component analysis) are as follows: millennial entrepreneurial interest factors produce four new groups of factors, including factor one group (taking into account opportunities) consisting of five variables, namely social environment, education, market conditions, information and technology. The second factor group (fighting power) consists of two variables formed, namely independence and leadership of the soul. The third factor group (initiative) consists of two variables, namely capital and the impact of change. The fourth factor group (motivation) consists of 3 variables, namely income expectations, family environment, and dissatisfaction. The elements most considered by millennials for entrepreneurship are market conditions, independence, and technology variables. While the elements that are not too considered by millennials for entrepreneurship are the social environment variables, the impact of change and dissatisfaction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040133
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:28
Last Modified: 24 Sep 2024 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189272
[thumbnail of Dora Monica.pdf] Text
Dora Monica.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item