Penerapan Teknologi Pasteurisasi Pada Produk Susu Jelly di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) “Soo Milk”

Suhaimi, - and Dr.Ir. Bambang Dwi Argo,, DEA and Angky Wahyu Putranto,, STP, MP (2021) Penerapan Teknologi Pasteurisasi Pada Produk Susu Jelly di Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) “Soo Milk”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang menjadi daerah penghasil susu terbesar di Jawa Timur (Jatim). Jumlah sapi perah di Kabupaten Malang mencapai 136 juta ekor dan 918 ribu ekor kambing perah dengan hasil susu segar sebanyak 137 ton liter per harinya. Namun Sayangnya, kesejahteraan petani sapi perah tidak seperti yang dibayangkan. Bahkan, tak sedikit peternak yang banyak merugi. Hal itu dikarenakan harga jual susu segar masih dipatok sangat rendah. Disisi lain tingginya kebutuhan masyarakat terhadap olahan susu sapi yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Maka Soo Milk hadir atas dasar permasalahan tersebut, Soo Milk Hadir untuk memberikan alternatif harga jual susu yang lebih tinggi bagi para petani sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani susu khususnya di desa Ngabab, Pujon, Kabupaten Malang. Soo Milk merupakan minuman susu pasteurisasi yang ditambahkan dengan ekstrak jahe, dan jelly yang memiliki varian rasa seperti coklat, greentea, strawberry dan taro. Proses pengolahannya menggunakan teknik pengolahan pasteurisasi sebagai upaya untuk menjaga kandungan nutrisi pada susu seperti seperti kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B dan riboflavin yang tinggi. Manfaat jelly yang mampu memperlancar pencernaan, kandungan antioksidan serta cita rasa dari jahe membuat Soo Milk menjadi minuman sehat yang ramah untuk masyarakat. Soo Milk dapat menjadi alternatif Susus pasteurisasi dengan harga yang lebih murah, dengan ukuran yang lebih besar, dan varian rasa yang dapat bersaing di pasaran. Produk ini dapat memberikan keuntungan sebesar 25,06 % per unit dengan nilai Break even Point (BEP) 5.882 unit atau sekitar Rp. 41.169.193,- berdasarkan analisa Payback Period (PBP) Soo Milk membutuhkan waktu 1,21 tahun atau 14,5 bulan .berdasarkan analisa Net Present Value (NPV) Soo Milk memiliki nilai 7.787.925, sesuai dengan teori apabila NPV bernilai positif maka UMKM Soo Milk dapat dikatakan layak untuk dikembangkan. Tidak hanya itu, berdasarkan analisis IRR (Internal Rate of Return), Nilai IRR Soo Milk adalah 17%, sedangkan IRR untuk produk susu adalah 12,8%. Artinya secara analisis IRR, Soo Milk dapat dikatakan layak.Soo Milk juga menunjukan peningkatan omset penjualan yang signifikan setelah dilakukan penambahan varian rasa, yang bermula hasil penjualan sebesar Rp.588.000 pada bulan Februari 2020 dengan dua jenis varian rasa, meningkat naik dengan rata rata penjualan sebesar Rp. 4.776.142 pada bulan September hingga Desember 2020 dengan varian rasa coklat, strawberry, taro, green tea, dan vanilla latte serta Coklat-jahe.

English Abstract

Malang Regency is the largest milk producing area in East Java (Jatim). The number of dairy cows in Malang Regency reaches 136 million heads and 918 thousand dairy goats with fresh milk as much as 137 tonnes per day. In fact, not a few breeders have lost a lot. This is because the selling price of fresh milk is still very low. On the other hand, there is a high demand for high quality cow's milk at an affordable price. So Soo Milk is here on the basis of these problems. Soo Milk is here to provide an alternative selling price for milk that is higher for farmers so that it is expected to be able to improve the welfare of milk farmers, especially in Ngabab hamlet, Pujon, Malang Regency. Soo Milk is a pasteurized milk drink added with ginger extract and jelly which has flavors such as chocolate, greentea, strawberry and taro. The processing process uses pasteurized processing techniques as an effort to maintain high nutritional content in milk such as calcium, phosphorus, vitamin A, B vitamins and riboflavin. The benefits of jelly which is able to facilitate digestion, as well as the antioxidant content and taste of ginger make Soo Milk a healthy drink that is friendly to the community. Soo Milk can be an alternative to pasteurized Susus at a cheaper price, with a larger size, and a variety of flavors that can compete in the market. This product can provide a profit of 25.06% per unit with a Break event Point (BEP) value of 5,882 units or around Rp. 41,169,193,- based on Pay Back Period (PBP) analysis Soo Milk takes 1.21 years or 14.5 months. Based on Net Percent Value (NPV) analysis, Soo Milk has a value of 7,787,925, according to the theory if the NPV is positive So Soo Milk SMEs can be said to be feasible to be developed. Not only that, based on the IRR (Internal Rate of Return) analysis, the IRR value for Soo Milk is 17%, while the IRR for dairy products is 12.8%. This means that according to IRR analysis, Soo Milk can be said to be feasible. Soo Milk also showed a significant increase in sales turnover after adding flavor variants, which started with sales of Rp. 588,000 in February 2020 with two types of flavor variants, increasing with an average sales of Rp. 4,776,142 from September to December 2020 with variants of chocolate, strawberry, taro, green tea, and vanilla late and Chocolate-ginger flavors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100243
Uncontrolled Keywords: Jelly, Pasteurisasi, Sari Jahe, Susu sapi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),Cow's Milk, Jelly, Ginger Extract, Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs), Pasteurization
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:22
Last Modified: 25 Feb 2022 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189269
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165100600111014 - Suhaimi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item