Alvita, Nadya Vashti and Heptari Elita Dewi,, SP., MP. and Dr. Fitria Dina Riana,, SP.,MP. (2021) Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pelanggan Pada Media Sosial Dan E-Commerce Umkm Abc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penyumbang pembangunan perekonomian Indonesia terbesar adalah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut UMKM. Seiring berjalannya waktu, persaingan usaha juga semakin meningkat. Di tahun 2020, COVID-19 mulai mewabah di Indonesia sehingga pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Hal ini menyebabkan sektor UMKM dituntut mengakses internet dan teknologi untuk melanjutkan aktivitasnya. Internet dan teknologi menjadi alternatif UMKM untuk dapat melakukan pendekatan kepada konsumen melalui komunikasi pemasaran yang disebut Electronic Word of Mouth. Dimasa Pandemi COVID-19, UMKM ABC memaksimalkan pemasarannya secara online melalui sosial media Instagram dan e-commerce Shopee. Melalui kedua platform tersebut, UMKM ABC dapat memanfaatkan komunikasi E-WOM yang tercipta untuk menciptkan minat beli pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dimensi E-WOM (Platform Assistance, Concern for others, Expressing positive feelings) pada media sosial Instagram dan e-commerce Shopee UMKM ABC dan menganalisis pengaruh dimensi tersebut terhadap minat beli pelanggan. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan tknik nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel quota sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan pendekatan PLS (Partial Least Squares) dan analisis deskriptif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dimensi platform assistance pada platform Instagram dan Shopee UMKM sudah cukup baik. Dimensi ini dinilai dari kelengkapan informasi produk dan tingkat efektivitas penggunaan strategi online marketing dengan menggunakan Instagram ataupun Shopee. Begitu pun dengan kedua dimensi lainnya yaitu dimensi concern for others dan expressing positive feelings juga sudah terbentuk dengan cukup baik. Dimensi concern for others pada platform Instagram dan Shopee UMKM ABC dapat dilihat dari terciptanya rekomendasi yang berasal dari konten Instagram ataupun fitur review pada e-commerce Shopee UMKM ABC dan juga dilihat dari followers yang dengan tulus memberikan rekomendasi UMKM ABC kepada orang lain. Dimensi expressing positive feelings pada kedua platform UMKM ABC dinilai dari dampak yang dirasakan responden ketika membaca atau mengetahui kepuasan orang lain yang berasal dari review, rating dan jumlah like pada konten yang dibagikan oleh UMKM ABC. Aspek pada dimensi ini sudah dapat dinilai cukup baik kecuali pada tingkat engagement pada Instagram UMKM ABC yang dilihat dari jumlah like pada setiap unggahan yang relatif rendah. Selain itu, didapatkan hasil bahwa dimensi platform assistance memiliki pengaruh positif signifikan yang kuat terhadap minat beli pelanggan. Serta, dimensi concern for others dan expressing positive feelings memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli pelanggan. Berdasarkan penelitian yang telah ii dilakukan, terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan antara lain memberikan informasi produk dengan lengkap dan detail di setiap platform yang digunakan, peningkatan pelayanan, mengelolah hubungan dengan baik bersama pelanggan dll. Selain itu, UMKM ABC dapat memperhatikan waktu yang tepat dalam melakukan pengunggahan konten di Instagram, bekerjasama dengan komunitas pecinta lingkungan serta peneliti selanjutnya dapat mengembangkan konsep model dengan cara menambahkan variabel yang berdampak terhadap minat beli ataupun dampak E-WOM terhadap fenomena lainnya
English Abstract
The largest contributor to Indonesia's economic development is the Micro, Small and Medium Enterprises sector or commonly called MSMEs. Over time, business competition is also increasing. In 2020, COVID-19 began to spread in Indonesia, so the government advised the public to reduce activities outside the home. This causes the MSME sector to be required to access the internet and technology to continue its activities. Internet and technology are alternatives for SMEs to be able to approach consumers through marketing communications called Electronic Word of Mouth. During the COVID-19 Pandemic, ABC MSMEs maximized their online marketing through Instagram social media and Shopee e-commerce. Through these two platforms, ABC MSMEs can take advantage of the E-WOM communication created to create customer buying interest. The purpose of this study is to describe the dimensions of E-WOM (Platform Assistance, Concern for others, Expressing positive feelings) on social media Instagram and e-commerce Shopee UMKM ABC and analyze the influence of these dimensions on customer buying interest. The sampling technique in this study used non-probability sampling technique by means of quota sampling. The number of respondents in this study were 50 respondents. The data analysis technique used is SEM (Structural Equation Modeling) with PLS (Partial Least Squares) approach and descriptive analysis. The results of the study show that the dimensions of platform assistance on the Instagram and Shopee MSME platforms are quite good. This dimension is assessed from the completeness of product information and the level of effectiveness of using online marketing strategies using Instagram or Shopee. Likewise, the other two dimensions, namely the dimension of concern for others and expressing positive feelings have also been formed quite well. The dimension of concern for others on the Instagram and Shopee MSME ABC platforms can be seen from the creation of recommendations derived from Instagram content or review features on Shopee MSME ABC e-commerce and also seen from followers who sincerely provide ABC MSME recommendations to others. The dimensions of expressing positive feelings on the two ABC MSME platforms are assessed from the impact felt by respondents when reading or knowing other people's satisfaction which comes from reviews, ratings and the number of likes on the content shared by MSME ABC. Aspects on this dimension can be considered quite good except for the level of engagement on ABC UMKM Instagram, which is seen from the relatively low number of likes on each upload. In addition, it is found that the platform assistance dimension has a strong positive and significant effect on customer buying interest. Also, the dimensions of concern for others and expressing positive feelings have a significant positive effect on customer buying interest. Based on the research that has been done, there are several suggestions that can be made, including providing complete and detailed iv product information on each platform used, improving services, managing good relationships with customers, etc. In addition, ABC SMEs can pay attention to the right time in uploading content on Instagram, in collaboration with environmentalist communities and further researchers can develop model concepts by adding variables that have an impact on buying interest or the impact of E-WOM on other phenomena.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040130 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 04:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 01:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189262 |
![]() |
Text
Nadya Vashti Alvita.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |