Analisis Efisiensi Pemasaran Belimbing Manis (Averrhoa Carambola L.) Di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung

Nurlaila, Daris Ida and Dr. Ir. Syafrial,, MS. and Deny Meitasari,, SP., M.Sc. (2021) Analisis Efisiensi Pemasaran Belimbing Manis (Averrhoa Carambola L.) Di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu wilayah penghasil belimbing manis terbesar, khususnya di Kabupaten Tulungagung dengan total produksi pada tahun 2019 sebesar 53.922 kuintal atau sebesar 10.19 persen dari produksi total di Jawa Timur. Salah satu sentra produsen belimbing manis di Kabupaten Tulungagung berada di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu. Komoditas belimbing manis menjadi salah satu komoditas unggulan yang ada di wilayah tersebut. Hal tersebut menyebabkan mayoritas penduduknya menjalankan usahatani belimbing manis. Kegiatan usahatani tidak hanya fokus pada kegiatan budidaya saja, namun juga terdapat kegiatan pemasaran dari produsen (petani) menuju konsumen. Terdapat beberapa kendala dalam pemasaran seperti tingginya margin pemasaran, rendahnya nilai farmer’s share, serta panjangnya saluran pemasaran yang dapat mempengaruhi tingkat efisiensi pemasaran belimbing manis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan saluran pemasaran dan distribusi belimbing manis mulai dari petani yang ada di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung hingga konsumen akhir. (2) mengidentifkasi fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran yang ada di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. (3) menganalisis tingkat efisiensi pemasaran komoditas belimbing manis yang ada di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung yang ditentukan secara purposive. Penentuan responden petani belimbing manis dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Jumlah sampel ditentukan dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Berdasarkan rumus tersebut, diperoleh sampel sebanyak 32 petani. Pengambilan sampel lembaga pemasaran belimbing manis dilakukan dengan metode snowball sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan didukung dengan dokumentasi kegiatan. Alat analisis yang digunakan sebagai indikator efisiensi pemasaran meliputi margin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan atas biaya pemasaran, analisis efisiensi harga, analisis efisiensi operasional serta pengukuran indeks efisiensi shepherd’s method. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kegiatan pemasaran belimbing manis oleh lembaga pemasaran di Desa Bono membentuk 7 saluran pemasaran, yaitu : (1) petani – pedagang pengumpul desa – pedagang besar – pedagang pengecer kota – konsumen. (2) petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengecer kota – konsumen. (3) petani – pedagang pengumpul luar desa – pedagang pengecer luar kota (dalam provinsi) – konsumen. (4) petani – pedagang agrowisata– konsumen. (5) petani – Kelompok Tani Artha Mandiri – pedagang pengecer luar kota (luar provinsi) – konsumen. (6) petani – pedagang pengecer kota – konsumen. (7) petani – konsumen. Belimbing manis yang ada di Desa Bono terdistribusi ke wilayah Tulungagung hingga keluar kota dalam provinsi ii (Trenggalek) dan luar provinsi (Jakarta). Persentase distribusi belimbing manis terbesar terdapat pada saluran pemasaran II sebesar 26,67 persen. Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran meliputi fungsi pertukaran (penjualan dan pembelian), fungsi fisik (pengangkutan, pengemasan, penyimpanan dan bongkar muat) serta fungsi fasilitas (sortasi dan grading, retribusi, penyusutan, penanggunan resiko dan informasi pasar). Pelaksanaan fungsi pemasaran berbeda-beda pada masing-masing lembaga pemasaran disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran belimbing manis secara umum sudah efisien. Hal tersebut ditunjukkan dari (a) Hasil analisis margin pemasaran yang efisien, meskipun masih terdapat saluran pemasaran yang belum efisien karena keuntungan yang diperoleh lembaga pemasaran belum terdistribusi secara merata. (b) Hasil analisis indikator farmer’s share yang diperoleh petani dari semua saluran pemasaran secara umum telah ≥40 persen, kecuali pada saluran pemasaran V. (c) Hasil analisis indikator rasio keuntungan atas biaya pemasaran pada ketujuh saluran pemasaran memiliki nilai >1. (d) Hasil analisis indeks efisiensi shepherd’s method menunjukkan hasil yang positif, dengan nilai tertinggi pada saluran pemasaran VII sebesar 22,57 dan saluran pemasaran VI sebesar 11,31. (e) Hasil analisis efisiensi harga berdasarkan biaya transportasi menunjukkan seluruh lembaga pemasaran di setiap saluran pemasaran memiliki nilai selisish harga yang lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan. (f) Hasil analisis efisiensi operasional pada penggunaan kapasitas angkut kendaraan hanya terdapat beberapa lembaga pemasaran yang dinyatakan efisien. Oleh karena itu, sebaiknya setiap lembaga pemasaran lebih mengoptimalkan penggunaan kapasitas angkut kendaraan agar dapat lebih efisien.

English Abstract

East Java Province is one of the largest sweet star fruit producing regions, especially in Tulungagung Regency with a total production in 2019 of 53,922 quintals or 10,19 percent of total production in East Java. One of the centers for producing sweet starfruit in Tulungagung Regency is Bono Village, Boyolangu Sub-District. The sweet starfruit commodity is one of the leading commodities in this region caused by the majority of the population that do sweet starfruit farming. Farming activities not only focus on cultivation, but also marketing activities from producers (farmers) to consumers. There are several obstacles in marketing such as high marketing margins, low farmer's share value, and the length of marketing channels that can affect the level of sweet star fruit marketing efficiency. The purposes of this research are (1) analyzing the marketing and distribution channels of sweet star fruit starting from farmers in Bono Village, Boyolangu Sub-District, Tulungagung Regency to final consumers. (2) describe the marketing functions performed by each marketing agency in Bono Village, Boyolangu Sub-District, Tulungagung Regency. (3) analyzing the level of marketing efficiency of sweet star fruit commodities in Bono Village, Boyolangu Sub-District, Tulungagung Regency. This research was conducted at Bono Village, Boyolangu Sub-District, Tulungagung Regency that determined purposively. The determination of sweet starfruit farmer respondents using simple random sampling method. The number of sample was determined by calculation using the Slovin formula. Based on this formula, obtained 32 farmers sample. The determination of sweet starfruit agencies was carried out by the snowball sampling method. The data collection was carried out using interviews, observation and supported by activity documentation. The analytical tools used as indicators of marketing efficiency include marketing margin, farmer's share, profit to marketing cost ratio, price efficiency analysis, operational efficiency analysis and measurement of the shepherd's method efficiency index. Based on the research that has been done, the sweet star fruit marketing activities carried out by marketing agencies at Bono Village form 7 marketing channels, such as: (1) farmers – village collectors – wholesalers – city retailers – consumers. (2) farmers – village collectors – urban retailers – consumers. (3) farmers – out-of-village collector – out-of-town retailer (within the province) – consumers. (4) farmers – agro-tourism traders – consumers. (5) farmers – Artha Mandiri Farmer Group – out-of-town retailer (outside the province) – consumers. (6) farmers – city retailers – consumers. (7) farmers – consumers. The sweet starfruit in Bono Village is distributed to the Tulungagung area, out of town in the same province (Trenggalek) and outside the provinces (Jakarta). The biggest percentage of sweet star fruit distribution is in the marketing channel II, which is 26,67 percent. Marketing functions carried out by marketing institutions include exchange functions (sales and purchases), physical functions (transportation, iv packaging, storage, also loading and unloading) and facility functions (sorting and grading, levies, depreciation, risk management and market information). The implementation of different marketing functions in each marketing agency is adjusted to the needs of each. Based on the results of the research, it can be concluded that the marketing activities of sweet star fruit are generally efficient. This is shown by (a) The results of the analysis of efficient marketing margins, although still have marketing channels that not efficient because the profits obtained by marketing institutions are not distributed evenly. (b) The results of the farmer's share indicator analysis obtained by farmers from all marketing channels in general have been 40 percent, except for marketing channel V. (c) The results of the analysis of the profit-to-marketing cost ratio indicator in the seven marketing channels have a value >1. (d) The results of the Shepherd's Method efficiency index analysis showed positive results, with the highest value in marketing channel VII is 22,57 and marketing channel VI is 11,31. (e) The results of price efficiency analysis based on transportation costs show that all marketing agencies in each marketing channel have a price difference value that is greater than the costs incurred. (f) The results of the analysis of operational efficiency on the use of vehicle carrying capacity, there are only a few marketing institutions that efficient. Therefore, each marketing agency should maximize the use of vehicle transport capacity so that it can be more efficient.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040129
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:47
Last Modified: 24 Feb 2022 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189260
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040101111120 - Daris Ida Nurlaila.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item