Pengaruh Store Image Terhadap Store Satisfaction Dan Store Loyalty Pada Cv. Bam, Kota Batu

Alim, Firnanda Fitria and Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono,, MS. and Imaniar I. Pariasa,, SP., MP., M.BA. (2021) Pengaruh Store Image Terhadap Store Satisfaction Dan Store Loyalty Pada Cv. Bam, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis produk olahan buah di Kota Batu dengan pariwisatanya dapat dikatakan cukup pesat. Munculnya berbagai macam toko produk olahan buah yang menyebabkan tingkat persaingan menjadi tinggi. Salah satu toko oleh-oleh olahan buah di Kota Batu yang memproduksi olahan buah-buahan dengan produk unggulannya yaitu olahan buah apel. Sebuah toko harus terus berinovasi menciptakan store image yang baik untuk dapat menghadapi persaingan pasar. Usaha dalam mengembangkan store image akan mampu membuat meningkatkan store satisfaction dan juga store loyalty. Selain itu, dalam kaitannya dengan persaingan semakin ketat, akan lebih efisien bagi suatu toko untuk dapat mempertahankan konsumen yang loyal dibandingkan dengan mengembangkan pasarnya atau harus mencari konsumen baru untuk menggantikan konsumen yang pergi. Oleh karena itu, suatu toko seharusnya juga dapat mengantisipasi konsumen yang dapat melakukan perpindahan toko dalam memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat diketahui bahwa store image secara tidak langsung dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap toko melalui kepuasan konsumen terhadap toko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai store image salah satu toko oleh-oleh olahan buah di Kota Batu, menganalisis pengaruh store image terhadap store satisfaction dan store loyalty salah satu toko oleh-oleh olahan buah di Kota Batu, serta menganalisis pengaruh secara tidak langsung store image terhadap store salah satu toko oleh-oleh olahan buah di Kota Batu dengan store satisfaction sebagai mediator. Penelitian ini dilakukan pada toko oleh-oleh olahan buah CV.BAM, Kota Batu pada bulan April – Juni 2021. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling, pemilihan lokasi tersebut berdasarkan pertimbangan saat dilakukannya survei lokasi penelitian terdapat suatu urgensi karena adanya permasalahan mengenai atribut store image yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap toko dan loyalitas toko yang disampaikan oleh pemilik toko. Sampel yang digunakan adalah konsumen dari CV.BAM yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian produk secara langsung minimal 2 kali dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (2019 – 2021) sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online melalui google form, sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif yang digunakan untuk menyajikan data dari hasil penelitian serta analisis menggunakan metode SEM-PLS dengan software WarpPLS 7.0 untuk mengolah data dan mengetahui besar pengaruh store image terhadap store satisfaction dan store loyalty. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi konsumen mengenai image dari toko oleh-oleh olahan buah CV.BAM yang dilihat dari nilai profil variabel ii lima indikator pada store image, menunjukkan bahwa store image cenderung dipersepsikan positif atau baik oleh konsumen. Selain itu, variabel store image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap store satisfaction dan store loyalty. Produk memiliki peranan penting dalam pembentukan variabel store image, ditunjukkan dengan produk yang berkualitas. Kepuasan konsumen terhadap toko berasal dari harapan atau keinginan konsumen yang terpenuhi atau sesuai. Apabila store image baik dan sesuai dimata konsumen akan berpengaruh pada kepuasan konsumen terhadap toko. Store image juga mampu mempengaruhi frekuensi belanja konsumen pada suatu toko. Jika Store image baik dan positif dimata konsumen maka dapat berpengaruh langsung terhadap loyalitas toko tanpa harus beroperasi melalui kepuasan pelanggan terhadap toko. Apabila konsumen merasakan puas terhadap toko setelah melakukan pembelian, maka konsumen akan melakukan pembelian kembali atau pembelian ulang di waktu yang akan datang. Selain itu, variabel store satisfaction terbukti menjadi mediator antara variabel store image dengan store loyalty. Image yang baik dari suatu toko di mata pelanggan, akan membuat semakin tinggi kepuasan yang dirasakan pelanggan tersebut terhadap toko, dan semakin tinggi kepuasan tersebut dapat mendorong pelanggan menjadi loyal terhadap toko. Berdasarkan hasil tersebut saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah lebih memperhatikan kinerja toko dengan pemberian fasilitas dan infrastruktur yang memadai kepada konsumen, memperhatikan kualitas produk, menjaga suasana dan kenyamanan toko. Selain itu, saran yang dapat diberikan kepada akademisi untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan variabel yang sama karena dianggap berpengaruh serta menambahkan indikator dari setiap variabel, yang mana harus selalu disesuaikan dengan teori dan data empiris.

English Abstract

The development of the fruit processing industry in Batu supported by its well-known tourism is quite significant. Thus, there is an emerging variety of processed fruit market resulting in the increased level of business competition. One of the fruit processing stores in Batu, which produces processed fruits with its superior product, namely processed apples. A store must continue to innovate the quality of its store image in order to face a tight market competition. The efforts in developing store image will help to increase store satisfaction and store loyalty. Furthermore, in relation to the increased market competition, it will be more effective for a store to retain loyal customers compared to expanding its target market. Therefore, a store should be able to anticipate consumers who switch stores to meet their needs. It can be seen that the store image can indirectly affect consumer satisfaction which also affects the store loyalty. This study aims to determine consumer perceptions of CV. BAM's store image, analyze the effect of store image on store satisfaction and store loyalty, and analyze the indirect effect of store image on CV. BAM with store satisfaction as a mediating variable. This research was conducted at a fruit processing store, namely CV. BAM, located in Batu in April – June 2021. Determination of the location of the study was carried out by purposive sampling.The samples were taken from the consumers of CV. BAM who had visited and made direct purchases of products at least two times in the last three years (2019 – 2021), with 100 respondents in total. Data collection was carried out using an online questionnaire via Google form, while data analysis was carried out in two ways, namely descriptive analysis and SEM-PLS. Descriptive analysis was used to present data from research results. The analysis using the SEM-PLS method with WarpPLS 7.0 software was used to process data and determine the influence of store image on store satisfaction and store loyalty. The results of the analysis show that consumers perceptions of the image of the CV.BAM, which is seen from the profile value of the five indicators on the store image, indicate that the store image tends to be perceived positively or well by consumers. In addition, the store image variable has a positive and significant effect on store satisfaction and store loyalty. Products have an important role in the formation of store image variables, indicated by quality products. Consumer satisfaction with the store comes from the expectations or desires of consumers that are fulfilled or appropriate. If the store image is good and appropriate in the eyes of consumers, it will affect consumer satisfaction with the store. Store image is also able to influence the frequency of consumer shopping at a store. If the store image is good and positive in the eyes of consumers, it can have a direct effect on store loyalty without having to operate through customer satisfaction with the store. If consumers feel satisfied with the store after making a purchase, then the consumer will make a repurchase or repurchase in the future. iv In addition, the store satisfaction variable proved to be a mediating variable between the store image and store loyalty. A good image of a store in the eyes of customers, will increase the store satisfaction, and the increase in satisfaction can encourage customers to be loyal to the store. Based on these results, suggestions that can be given to the company are to pay more attention to store performance by providing adequate facilities and infrastructure to consumers, paying attention to product quality, maintaining the positive atmosphere and convenience of the store, and setting the prices in accordance with product quality. Moreover, from an academic perspective, the results suggested for further research to use the same variables that are considered influential and to add indicators for each variable, which must always be adjusted to theory and empirical data.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040126
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:49
Last Modified: 30 Sep 2024 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189248
[thumbnail of Firnanda Fitria Alim.pdf] Text
Firnanda Fitria Alim.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item