Gurning, Elia Novita Megawati and Mas Ayu Ambayoen,, SP.,M.Si. and Alia Fibrianingtyas,, SP., MP. (2021) Pengaruh Instagram Marketing 4c @Kopijanjijiwa Terhadap Minat Beli Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media sosial di Indonesia memiliki peluang yang besar untuk dijadikan sebagai tempat pemasaran bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produk atau jasa. Aplikasi Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki fitur promosi untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga dapat dijadikan peluang bagi masyarakat untuk berbisnis yang dapat memberikan keuntungan. Kelebihan dari media sosial Instagram yaitu hasil foto dapat di share ke media sosial lainnya seperti aplikasi Facebook dan Twitter, sehingga memungkinkan hasil foto tersebut tidak hanya dilihat oleh orang-orang yang memiliki media sosial Instagram saja. @Kopijanjijiwa juga menggunakan media sosial Instagram yang memiliki ribuan Followers untuk menjaring konsumen yang lebih luas serta personal selling dengan memanfaatkan barista-baristanya untuk mengkomunikasikan produk Kopi Janji Jiwa dan meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian. Media sosial Instagram @Kopijanjijiwa memiliki postingan (feeds) yang kurang menarik, dikarenakan postingan (feeds) tidak memiliki tamplate serta setiap postingan tidak berkesinambungan. Setiap postingan (feeds) Instagram @kopijanjijiwa mendapatkan like dan komentar yang sedikit dibandingan dengan jumlah pengikut (followers). Dapat dikatakan sedikit karena rata-rata jumlah like hanya dibawah 5% dari jumlah pengikut (followers) Instagram @Kopijanjijiwa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu dengan uji instrument dan uji analisis regresi berganda menggunakan alat analisis SPSS. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability dengan accidental sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik. Berdasarkan perhitungan rumus Yamane, total responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan pengumpulan data menggunakan kuisioner online berupa google form dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis efektivitas Instagram @Kopijanjijiwa dalam mempromosikan produknya dan (2) Menganalisis pengaruh social media marketing Instagram dalam @Kopijanjijiwa terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan di @Kopijanjijiwa pada bulan Maret – April 2021. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan alat Regresi Linier Berganda, adapun software yang digunakan adalah SPSS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan pengisian angket dengan jenis data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan variabel 4C (Context, Communication, Collaboration, dan Connection) merupakan variabel yang bekerja secara parsial (individu). Dan untuk mengukur keefektivitasan Instagram penelitian ini menggunakan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), dan menyatakan bahwa Instagram @Kopijanjijiwa efektif. Melalui penelitian ini disarankan agar @Kopijanjijiwa perlu memperhatikan dan perlu meningkatkan komunikasi pemasaran melalui Instagram @Kopijanjijiwa seperti lebih memperbaiki feeds pada Instagram @Kopijanjijiwa agar lebih menarik sehingga dapat meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
English Abstract
Social media in Indonesia has a great opportunity to serve as a marketing place for business people who want to market their products or services. The Instagram application is one of the social media that has promotional features for conducting business activities, so that it can be used as an opportunity for people to do business that can provide benefits. The advantage of Instagram social media is that the photos can be shared to other social media such as the Facebook and Twitter applications, so that these photos are not only seen by people who have Instagram social media. @Kopijanjijiwa also uses Instagram social media, which has thousands of Followers to attract wider consumers and personal selling by using its baristas to communicate Kopi Janji Jiwa products and convince consumers to make purchases. Social media Instagram @Kopijanjijiwa has posts (feeds) that are less interesting, because posts (feeds) do not have a tamplate and each post is not continuous. Every Instagram post @Kopijanjijiwa gets likes and comments that are slightly compared to the number of followers (followers). It can be said a little because the average number of likes is only under 5% of the number of followers (followers) of Instagram @Kopijanjijiwa. The research approach used was the instrument test and multiple regression analysis using the SPSS analysis tool. The sampling technique used is non-probability with accidental sampling or sampling based on characteristics. Based on the calculation of the Yamane formula, the total respondents in this study amounted to 100 respondents and data collection using online questionnaires in the form of google forms and interviews. This study aims to: (1) Analyzing the effectiveness of Instagram @Kopijanjijiwa in promoting its products and (2) Analyzing the influence of Instagram's social media marketing in @Kopijanjijiwa on buying interest. This research was conducted at Kopi Kontak Jiwa in March – April 2021. The data analysis technique used was using the Multiple Linear Regression tool, while the software used was SPSS. Data collection techniques used were interviews and filling out questionnaires with primary and secondary data types. The results showed that the 4CS variable (Context, Communication, Collaboration, and Connection) was a variable that worked partially (individually). And to measure the effectiveness of Instagram, this study uses AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), and states that Instagram @Kopijanjijiwa is effective. Through this research, it is suggested that @Kopijanjijiwa needs to pay attention and it is necessary to improve marketing communication through Instagram @Kopijanjijiwa, such as further improving the feeds on Instagram @Kopijanjijiwa to make it more attractive so that it can increase consumer purchases of marketed products.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040125 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 03:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189246 |
Text
Elia Novita Megawati Gurning.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |