Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Pembelian Gardening Kit Pada Ijoy.Yo Di Masa Pandemi Covid-19

Fauzia, Sintia and Ir. Effy Yuswita,, M.Si and Novi Haryati,, SP.,MP. (2021) Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Pembelian Gardening Kit Pada Ijoy.Yo Di Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan saat ini semakin meningkat. Peningkatan kesadaran muncul karena adanya kekhawatiran terhadap kondisi alam yang terus terancam. Dampak negatif yang timbul akibat kerusakan lingkungan dapat mengubah perspektif dan gaya hidup masyarakat. Penerapan green life style diharapkan menciptakan perubahan pola hidup ramah lingkungan seperti berkebun di rumah dapat menjadi salah satu usaha untuk melestarikan lingkungan. Pada masa pandemi COVID-19 ketahanan pangan keluarga juga menjadi sorotan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu kegiatan berkebun di rumah menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga serta berkontribusi dalam melestarikan lingkungan. Adanya kesadaran tersebut menjadikan isu lingkungan sebagai stratregi pemasaran hijau atau dikenal dengan green marketing bagi pelaku usaha. UMKM Ijoy.yo menerapkan strategi green marketing sebagai upaya meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk gardening kit yang ditawarkan. Strategi green marketing yang telah Ijoy.yo terapkan ditemukan beberapa permasalahan yaitu penggunaan kemasan ecofriendly masih diragukan keamanannya oleh konsumen, sebagian konsumen merasa berat pada ongkos kirimnya daripada harga produk, beberapa konsumen belum berorientasi pada pelestarian lingkungan, dan Ijoy.yo belum menciptakan promosi green marketing secara intensif kepada masyarakat. Berdasarkan uraian mengenai green marketing pada produk gardening kit Ijoy.yo, maka peneliti ingin mengetahui bagaimanakah sesungguhnya penilaian konsumen terhadap produk Ijoy.yo yang memperhatikan aspek lingkungan apabila dipandang dari bauran pemasarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Februari – April 2021 di UMKM Ijoy.yo. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Responden penelitian sebanyak 172 konsumen Ijoy.yo. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan kuesioner. Peneliti menganalisis pengaruh strategi green marketing terhadap keputusan pembelian gardening kit menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green product, green price, green place, dan green promotion berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian dengan hasil F hitung > F tabel (48,697 > 2,66) dan nilai sig. F < taraf signifikansi 5% (0,0000 < 0,05). Hasil penelitian secara parsial yaitu diperoleh yaitu nilai signifikan T pada green product, green price, dan green promotion < taraf signifikansi 5%, maka green product, green price, dan green promotion berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan nilai signifikan T pada variabel green place > taraf signifikansi 5%, maka tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel dominan pada penelitian ini yaitu green price. ii UMKM Ijoy.yo hendaknya melakukan peningkatan kualitas produk gardening kit dengan memulai dari pemilihan bahan alami, produk perlu didukung dengan penambahan informasi sertifikasi label ramah lingkungan yang jelas dari lembaga sertifikasi resmi, harga yang ditetapkan sudah sangat tepat namun sebaiknya mempertimbangkan lagi dengan menambahkan indikator harga premium yang melibatkan tujuan untuk melestarikan lingkungan, peningkatan green place dapat dilakukan dengan membuat program reseller di berbagai kota Indonesia, peningkatan green promotion perlu dilakukan dengan memperbanyak inovasi, seperti pembuatan program webinar dan workshop. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel green marketing dengan menguji terhadap variabel lain seperti brand equity maupun loyalitas konsumen.

English Abstract

Public awareness of environmental preservation is currently increasing. Increased awareness arises because of concerns about natural conditions that continue to be threatened. Negative impacts arising from environmental damage can change people's perspectives and lifestyles. The application of green lifestyle or changes in environmentally friendly lifestyle, such as gardening at home can be an effort to preserve the environment. During the COVID-19 pandemic, family food security was also a highlight that needed attention. Therefore, gardening at home is a solution to meet family food needs and contributing to preserving the environment. This awareness has made environmental issues a green marketing strategy, known as green marketing, for business actors. Ijoy.yo implemented a green marketing strategy as an effort to increase consumer purchasing decisions for the gardening kit products offered. The green marketing strategy that Ijoy.yo has implemented has found several problems, namely the use of Ecofriendly packaging is still doubtful by consumers, some consumers feel heavier on the shipping cost than the price of the product, some consumers are not oriented towards environmental conservation, Ijoy.yo has not yet created an intensive Green marketing promotion to the public. Based on the description of green marketing on Ijoy.yo's gardening kit products, the researchers wanted to know how consumers actually evaluate Ijoy.yo's products, which pay attention to environmental aspects when viewed from their marketing mix. The research method uses a quantitative approach. The research was conducted in February - April 2021 at MSMEs Ijoy.yo. Determination of the sample using simple random sampling technique. Research respondents were 172 consumers of Ijoy.yo. Data collection in the study was carried out by means of a questionnaire. The results showed that the green product, green price, green place, and green promotion variables had a simultaneous effect on the purchasing decision variable with a F count > F table (48,697 > 2,66) dan sig. F < 5% significance level (0,0000 < 0,05). The results of the study partially obtained a significant value of T on green products, green prices, and green promotions < 5% significance level, then green products, green prices, and green promotions had a significant effect on purchasing decision variables. While the significant value of T on the green place variable > 5% significance level. The dominant variable in this study is the green price. Ijoy.yo should improve the quality of gardening kit products by starting from the selection of natural materials, products need to be supported by the addition of clear environmentally friendly label certification information from official certification bodies, the price set is very precise, but you should reconsider by adding a premium price indicator that involves the goal of preserving the environment, increasing green places can be done by creating reseller programs in various cities in Indonesia, increasing green promotion needs to be done with iv many innovations, such as making webinar programs and workshops. Future research is expected to use the green marketing variable by testing the brand equity and consumer loyalty variables.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040124
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:33
Last Modified: 27 Sep 2024 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189245
[thumbnail of Sintia Fauzia.pdf] Text
Sintia Fauzia.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item