Pengaruh Karakteristik Konsumen, Keterdedahan Media Sosial Instagram, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Efektivitas Promosi (Aisas Model) Di Bakoel Sayur Malang

Arum, Putri Pramesti Puspita and Sugeng Riyanto,, SP., M.Si. and Mas Ayu Ambayoen,, SP., M.Si (2021) Pengaruh Karakteristik Konsumen, Keterdedahan Media Sosial Instagram, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Efektivitas Promosi (Aisas Model) Di Bakoel Sayur Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat berdampak terhadap banyaknya media komunikasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi terbaru diseluruh dunia. Kemunculan teknologi internet secara otomatis ikut mempengaruhi perkembangan penggunaan media sosial di masyarakat seperti media sosial instagram. Bakoel Sayur Malang merupakan salah satu akun yang memanfaatkan kebebasan yang diberikan oleh instagram dengan menjadikan akunnya sebagai media promosi. Promosi ini dilakukan karena Bakoel Sayur Malang tergolong usaha yang masih baru dan banyak kompetitor yang bersaing dalam menarik minat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Sehingga, peneliti melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Karakteristik Konsumen, Keterdedahan Media Sosial Instagram, dan Loyalitas Konsumen Terhadap Efektivitas Promosi (AISAS Model) di Bakoel Sayur Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas promosi melalui media sosial instagram di Bakoel Sayur Malang dan menganalisis pengaruh karakteristik konsumen, keterdedahan media sosial, dan loyalitas konsumen terhadap efektivitas promosi di Bakoel Sayur Malang. Penelitian ini dilakukan di Bakoel Sayur Malang yang terletak di Jalan Kyai Parseh, RT. 03, RW. 05, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jawa Timur. Pemilihan lokasi dilakukan atas pertimbangan Bakoel Sayur Malang hadir untuk menampung hasil sayur dan buah di daerah Bumiayu dimana pemasaran produknya dilakukan secara online, Bakoel Sayur Malang memanfaatkan media sosial instagram untuk melakukan promosi dan memberikan informasi melalui postingan di feed maupun story baik untuk promosi maupun memberikan informasi mengenai pentingnya mengonsumsi buah dan sayur. Kriteria responden pada penelitian ini yakni mengikuti (memfollow) akun instagram @bakoelsayurmalang dan pernah melakukan pembelian di Bakoel Sayur Malang minimal 1 kali. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan efektivitas promosi Bakoel Sayur Malang melalui media sosial instagram dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Data yang terkumpul dari 100 responden kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh karakteristik konsumen, keterdedahan media sosial, dan loyalitas konsumen terhadap efektivitas promosi produk sayur dan buah di Bakoel Sayur Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Bakoel Sayur Malang melalui media sosial instagram efektif dalam menstimulasi konsumen dalam tahap attention (perhatian), interest (ketertarikan), dan search (pencarian informasi), namun belum efektif dan maksimal pada tahap action (keputusan pembelian) dan share (membagikan informasi). Media sosial instagram sangat sesuai digunakan sebagai media promosi karena dapat menarik perhatian dan ketertarikan iv konsumen hingga mencari informasi suatu produk atau bahkan melakukan keputusan pembelian. Keputusan pembelian tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keinginan saja sehingga banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan keputusan pembelian. Pada tahap share terdapat beberapa responden yang cenderung tidak melakukan share informasi. Hal ini dikarenakan responden tidak terbiasa/tidak percaya diri dan tidak memiliki keahlian khusus dalam bersosial media seperti membuat story maupun postingan mengenai review produk yang telah dibelinya. Karakteristik konsumen berpengaruh positif terhadap efektivitas promosi baik dalam segi usia, tingkat pendidikan, dan pendapatan dengan nilai t-hitung 7,969 dan signifikansi 0,000. Responden yang dominan terhadap efektivitas promosi antara 17-35 tahun, dimana usia tersebut merupakan usia yang produktif. Tingkat pendidikan responden yang dominan terhadap efektivitas promosi yakni dengan tingkat pendidikan Diploma-S1 dimana semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka tingkat kepemahaman terhadap suatu hal semakin tinggi yakni tingkat kepemahaman terhadap aktivitas promosi melalui media sosial instagram yang dilakukan oleh Bakoel Sayur Malang. Pendapatan responden yang dominan terhadap efektivitas promosi yakni kategori tiga sebesar Rp 2.972.000-Rp 5.000.000. Keterdedahan media sosial instagram Bakoel Sayur Malang dengan indikator kejelasan informasi, frekuensi pesan, frekuensi feedback pesan, dan daya tarik pesan berpengaruh positif terhadap efektivitas promosi dengan nilai t-hitung 3,277 dan signifikansi 0,001. Bakoel Sayur Malang aktif dalam memberikan informasi-informasi terbaru mengenai produk baik potongan harga, gratis ongkos kirim, dan event-event lainnya. Bakoel Sayur Malang juga aktif dalam memberikan respon terhadap responden baik melalui comment, direct message, atau comment pada instastory. Informasi yang diberikan oleh pihak Bakoel Sayur Malang kepada konsumen sangat jelas, mudah dipahami, dan lengkap. Bakoel Sayur Malang selalu memberikan desain gambar yang menarik dan sesuai dengan tema yang diangkat pada setiap postingan yang dilakukan. Loyalitas Konsumen dengan indikator yakin bahwa merek tersebut yang terbaik dan kebiasaan mengkonsumsi merek tersebut berpengaruh positif terhadap efektivitas promosi melalui media sosial instagram oleh Bakoel Sayur Malang dengan nilai t-hitung 3,376 dan signifikansi 0,001. Kualitas dari produk Bakoel Sayur Malang sangat baik terdiri dari kemasan yang menarik dan sesuai, produk yang segar dan bersih serta harga yang sesuai dengan kualitasnya. Bakoel Sayur memberikan pelayanan yang baik pada konsumen dan keamanan bertransaksi. Adapun saran dari penulis yang dapat disampaikan dalam penelitian ini meliputi Bakoel Sayur Malang agar lebih meningkatkan aktivitas promosi salah satunya dengan mengendorse influencer agar produk Bakoel Sayur Malang lebih dikenal oleh khalayak umum dan jangkauan pasar semakin luas tidak hanya di area Kota Malang. Bakoel Sayur Malang agar lebih meningkatkan inovasi pemasaran salah satunya dengan reseller atau flash sale. Bakoel Sayur Malang agar membangun jaringan antar petani agar pasokan selalu tersedia. Penelitian selanjutnya sebaiknya tidak hanya dilakukan dengan kuesioner online tetapi dapat ditambahkan wawancara secara langsung pada responden agar hasil yang didapatkan lebih baik.

English Abstract

The rapid development of technology today greatly affects the number of communication media that can be used to find the latest information around the world. The emergence of internet technology automatically affects the development of social media use in society such as instagram social media. Bakoel Sayur Malang is an account that takes advantage of the freedom provided by instagram by making its account a promotional medium. This promotion was carried out because Bakoel Sayur Malang is a new business and there are many competitors competing in attracting consumers to make purchasing decisions. Thus, the researcher conducted a study entitled "The Influence of Consumer Characteristics, Instagram Social Media Exposure, and Consumer Loyalty to Promotion Effectiveness (AISAS Model) at Bakoel Sayur Malang". This study aims to describe the effectiveness of promotion through instagram social media at Bakoel Sayur Malang and analyze the influence of consumer characteristics, exposure to social media, and consumer loyalty on the effectiveness of promotions at Bakoel Sayur Malang. This research was conducted at Bakoel Sayur Malang, which is located on Jalan Kyai Parseh, RT. 03, RW. 05, Bumiayu Village, Kedungkandang District, Malang, East Java. The location selection was made based on the consideration that Bakoel Sayur Malang is here to accommodate vegetable and fruit products in the Bumiayu area where the marketing of its products is done online, Bakoel Sayur Malang uses social media instagram to promote and provide information through posts on feeds and stories both for promotion, and providing information about the importance of eating fruits and vegetables. The criteria for respondents in this study are following the instagram account @bakoelsayurmalang and having made a purchase at Bakoel Sayur Malang at least 1 time. This research was conducted with a quantitative and descriptive approach. Descriptive analysis is used to describe the effectiveness of the promotion of Bakoel Sayur Malang through social media instagram with the AISAS model (Attention, Interest, Search, Action, Share). The data collected from 100 respondents was then analyzed using multiple linear regression analysis to determine the effect of consumer characteristics, exposure to social media, and consumer loyalty on the effectiveness of promotion of fruit and vegetable products at Bakoel Sayur Malang. The results of this study indicate that the promotion carried out by Bakoel Sayur Malang through social media instagram is effective in stimulating consumers in the attention, interest, and search stages, but has not been effective and maximal at the action stage and share. Instagram social media is very suitable to be used as a promotional media because it can attract the attention and interest of consumers to find information on a product or even make a purchase decision. Purchasing decisions are not only influenced by the desire factor, so there are many things that need to be vi considered before making a purchase decision. At the share stage there are several respondents who tend not to share information. This is because the respondent is not used to/is not confident and does not have special skills in social media such as making stories or postings about product reviews that they have purchased. Consumer characteristics have a positive effect on the effectiveness of promotions in terms of age, education level, and income with a t-count value of 7.969 and a significance of 0.000. The dominant respondents to the effectiveness of the promotion are between 17-35 years old, where that age is a productive age. The dominant respondent's education level on the effectiveness of the promotion is the Diploma-S1 education level where the higher a person's education level, the higher the level of understanding of something, namely the level of understanding of promotional activities through instagram social media carried out by Bakoel Sayur Malang. The dominant respondent's income on the effectiveness of the promotion is category three of Rp. 2,972,000-Rp. 5,000,000. The exposure of Bakoel Sayur Malang's instagram social media with indicators of information clarity, message frequency, message feedback frequency, and message attractiveness has a positive effect on the effectiveness of the promotion with a t-count value of 3.277 and a significance of 0.001. Bakoel Sayur Malang is active in providing the latest product information, both discounted prices, free shipping, and other events. Bakoel Sayur Malang is also active in responding to respondents either through comments, direct messages, or comments on instastory. The information provided by Bakoel Sayur Malang to consumers is very clear, easy to understand, and complete. Bakoel Sayur Malang always provides an attractive image design and in accordance with the theme raised in every post that is made. Consumer Loyalty with indicators that believe that the brand is the best and the habit of consuming the brand has a positive effect on the effectiveness of promotion through social media instagram by Bakoel Sayur Malang with a t-count value of 3.376 and a significance of 0.001. The quality of Bakoel Sayur Malang products is very good, consisting of attractive and appropriate packaging, fresh and clean products and prices that match the quality. Bakoel Sayur provides good service to consumers and transaction security. The suggestions from the authors that can be conveyed in this study include Bakoel Sayur Malang to further increase promotional activities, one of which is by endorsing influencers so that Bakoel Sayur Malang products are better known to the general public and wider market reach not only in the Malang City area Bakoel Sayur Malang to further improve marketing innovation, one of which is by reseller or flash sale. Bakoel Sayur Malang to build a network between farmers so that supplies are always available. Further research should not only be done with online questionnaires but can be added to direct interviews with respondents so that the results obtained are better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040119
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:04
Last Modified: 25 Feb 2022 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189220
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040101111093 - Putri Pramesti Puspita Arum.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item