Hubungan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Terhadap Tingkat Kemandirian Masyarakat (Studi Program Csr Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur)

Yusfri, Sintanida Maulina and Dr. Asihing Kustanti,, S.Hut.,M.Si. and Medea Rahmadhani Utomo,, SP.,M.Si (2021) Hubungan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility Terhadap Tingkat Kemandirian Masyarakat (Studi Program Csr Pt Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Progam CSR memiliki keterkaitan dalam konsep pengembangan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang beruntung dalam pemenuhan kebutuhannya berdasarkan potensi dari sumber daya sekitar yang dapat diakses. Penerapan CSR pada aspek peningkatan kesejahteraan komunitas bertujuan untuk mengembangkan diri. Implementasi program CSR masih perlu mendapat perhatian perseptif, karena sebagian besar perusahaan memberikan CSR sebagai bentuk santunan dan terpusat pada kebutuhan jangka pendek. Oleh karena itu adanya pengukuran efektivitas suatu program yang dimaksudkan untuk menilai keseluruhan pelaksanaan program. Keefektivitasan suatu perusahaan ditentukan oleh bagaimana perusahaan tersebut dapat mengelola program CSR dan memberikan manfaat dalam jangka panjang bagi penerima program. Program CSR ke depannya harus dilaksanakan dengan baik untuk kemandirian masyarakat. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) Menganalisis efektivitas progam CSR PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. (2) Menganalisis tingkat kemandirian masyarakat penerima program CSR PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. (3) Menganalisis hubungan efektivitas progam CSR PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk terhadap tingkat kemandirian masyarakat. Pendekatan pnelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan menentukan lokasi penelitian di Desa Ranupani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskrtiptif yang menjawab tujuan pertama dan kedua. Sedangkan pada tujuan ketiga menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas program diukur dari indikator pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, dan perubahan nyata. Menunjukkan bahwa efektivitas program CSR PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. berada pada kategori ̳Sedang‘ yaitu dengan persentase 72,2 persen. Artinya program CSR telah efektif namun belum terlaksana secara maksimal (2) Kemandirian masyarakat diukur menggunakan indikator rasa percaya diri. Menujukkan bahwa kemandirian masyarakat penerima program CSR PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. berada pada kategori ̳Sedang‘ dengan persentase 56,4 persen. Artinya terdapat penerima program yang merasakan peningkatan pengetahuan, keterampilan, hingga melangsungkan keberlanjutan dari program. Terdapat responden yang merasa mampu menyelesaikan masalah financial, mampu mengelola waktu, dan merasa siap dalam menerima tamu. Terdapat juga penerima program yang merasakan sebaliknya (3) Tidak terdapat hubungan antara tingkat efektivitas program CSR PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Pengujian dilakukan dengan uji korelasi pada keempat indikator vii efektivitas terhadap kemandirian masyarakat yang menunjukkan nilai R Hitung semua indikator dibawah R Tabel : 0,631. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi pihak PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk untuk memberikan pemahaman lebih kepada calon penerima program CSR mengenai program atau bantuan yang akan diberikan dari adanya program CSR dengan cara memberikan sosialisasi sebelum program dilaksanakan agar program menjadi efektif. Selain itu perlu diadakannya pelatihan kepada penerima program CSR agar responden mendapatkan pengetahuan dalam pengelolaan homestay sehingga mempengaruhi pula dalam kemampuan pengelolaan waktu. Berkaitan dengan hubungan antara tingkat efektivitas program CSR dengan tingkat kemandirian masyarakat, perlu ditambahkan indikator pada tingkat kemandirian masyarakat mengenai kemampuan mengambil keputusan dan kekuatan terhadap pengaruh pihak lain. Untuk mengetahui apakah program CSR menjadikan penerima program menjadi mampu dalam mengambil keputusan dan masih terpengaruh oleh pihak lain atau tidak

English Abstract

CSR programs are related to the concept of community development, especially for disadvantaged communities in meeting their needs based on the potential of accessible surrounding resources. The implementation of CSR on the aspect of improving the welfare of the community aims to develop itself. The implementation of CSR programs still needs perceptive attention, because most companies provide CSR as a form of compensation and centered on short-term needs. Therefore, there is a measurement of the effectiveness of a program that is intended to assess the overall implementation of the program. The effectiveness of a company is determined by how it can manage CSR programs and provide long- term benefits to program recipients. CSR programs in the future should be implemented well for the independence of the community This study has three objectives, namely: (1) Analyzing the effectiveness of Bank Negara Indonesia's CSR program. (2) Analyzing the level of independence of the recipients of Bank Negara Indonesia's CSR program. (3) Analyzing the relationship of the effectiveness of Bank Negara Indonesia's CSR program to the level of community independence. This pnelitian approach is a quantitative approach supported by qualitative data. Determination of the location of the research was done deliberately (purposive) by determining the location of research in the village of Ranupani Senduro District Lumajang East Java. The data analysis technique used in this study is a descriptive analysis that answers the first and second objectives. While on the third goal using spearman rank correlation test. The results of this study show that (1) Program effectiveness is measured from indicators of program understanding, target accuracy, timeliness, and real change. Showing that the effectiveness of CSR program of PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. is in the 'Medium' category with a percentage of 72.2 percent. This means that CSR programs have been effective but have not been implemented to the maximum (2) Community independence is measured using indicators of confidence. Show that the independence of the community recipients of CSR programs PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. is in the category of 'Medium' with a percentage of 56.4 percent. This means that there are program recipients who feel the improvement of knowledge, skills, and sustainability of the program. There are respondents who feel able to solve financial problems, able to manage time, and feel ready to receive guests. There are also program recipients who feel otherwise otherwise (3) There is no relationship between the effectiveness of CSR programs of PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Testing is conducted with correlation tests on the four indicators of effectiveness to community independence that shows the value of R Calculate all indicators under table R: 0.631. ix From the results of this research, it is recommended for Bank Negara Indonesia to provide more understanding to prospective recipients of CSR programs or assistance that will be provided from the CSR program by providing socialization before the program is implemented in order for the program to be effective. In addition, it is necessary to hold training to the recipients of CSR programs so that respondents gain knowledge in the management of homestays so as to influence also in the ability of time management. With regard to the relationship between the effectiveness of CSR programs and the level of community independence, it is necessary to add indicators on the level of community independence regarding the ability to make decisions and strength to influence other parties. To find out if the CSR program makes the recipient of the program become able to make decisions and still affected by other parties or not.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040117
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:49
Last Modified: 24 Sep 2024 03:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189209
[thumbnail of SINTANIDA MAULINA YUSFRI.pdf] Text
SINTANIDA MAULINA YUSFRI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item