Perencanaan Strategi Bertahan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Agroedukasi Caping Merapi Yogyakarta)

Samsudin, Aziza Alya Zahro and Dr. Ir. Agustina Shinta Hw., MP and Neza Fadia Rayesa,, S.TP.,M.Sc (2021) Perencanaan Strategi Bertahan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Agroedukasi Caping Merapi Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi merupakan hal yang penting bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan bisninya. Strategi dibutuhkan dalam segala bidang termasuk bidang pertanian. Perkembangan agroedukasi mendapatkan dampak buruk akibat adanya pandemi Covid-19 yang merupakan peristiwa besar yang terjadi di tahun 2020. Agroedukasi Caping Merapi merupakan salah satu-satunya perusahaan yang mengusung konsep edukasi pertanian di Yogyakarta yang terdampak adanya pandemic Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di Agroedukasi Caping Merapi pada masa pandemi Covid-19, menganalisis alternatif strategi yang dapat dilakukan Agroedukasi Caping Merapi pada masa pandemi Covid-19, menentukan prioritas strategi yang tepat untuk Agroedukasi Caping Merapi pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan penentuan informan sebanyak 5 orang yang merupakan key informan di Agroedukasi Caping Merapi dengan metode purposive sampling serta menggunakan 2 cara untuk mendapatkan data yaitu menggunakan data primer melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta menggunakan data sekunder dari jurnal penelitian lain. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, matriks IFE-EFE, matriks IE, matriks grand strategy, analisis SWOT, matriks QSPM. Berdasarkan analisis Internal Factor Evaluation (IFE) kekuatan utama yang dimiliki oleh Agrodukasi Caping Merapi ialah kualitas produk terjamin. Kelemahan utama Agroedukasi Caping Merapi yaitu kurangnya pendapatan saat pandemic. Berdasarkan hasil analisis Eksternal Factor Evaluation (EFE) yang menjadi peluang terbesar ialah adanya pemasaran online serta ancaman utama perusahaan yaitu tanah bukan milik sendiri. Matriks IFE menghasilkan skor sebesar 3,1, sedangkan matriks EFE menghasilkan skor sebesar 2,43. Berdasarkan hasil matriks IE yang telah dihitung melalui matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa posisi Agroedukasi Caping Merapi berada pada kuadran IV, yaitu menggambarkan tumbuh dan kembangkan (growth and build). Pada matriks grand strategy menempati kuadran 1 yaitu posisi pertumbuhan. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Agroedukasi Caping Merapi yaitu memperluas pasar untuk meningkatkan penjualan, memperkuat pemasaran dan promosi online, meningkatkan etos kerja dengan adanya sharing sesama staff dan karyawan serta saling memberi motivasi, mengadakan edukasi mengenai tren pertanian, mempertahankan kualitas produk, bekerjasama dengan universitas terkait program kampus merdeka, menciptakan SOP yang harus dijalankan serta memberikan punishment apabila tidak dijalankan dengan baik, melakukan diversifikasi terhadap produk yang tidak terjual atau tidak layak jual. Prioritas strategi alternatif terpilih yang tepat untuk direkomendasikan kepada Agroedukasi Caping Merapi berdasarkan hasil analisis matriks QSP (Quantitative Strategic Planning) adalah strategi promosi dan pemasaran online serta strategi memperluas pasar untuk meningkatkan penjualan.

English Abstract

Strategy is an important thing for business people to run their business. Strategy is needed in all fields including agriculture. The development of agroeducation has had a negative impact due to the Covid-19 pandemic which is a major event that occurred in 2020. Agroeducation Caping Merapi is one of the only companies that carries the concept of agricultural education in Yogyakarta that was affected by the Covid-19 pandemic. This study aims to identify internal and external factors in Caping Merapi Agroeducation during the Covid-19 pandemic, analyze alternative strategies that can be carried out by Caping Merapi Agroeducation during the Covid-19 pandemic, determine the right strategic priorities for Caping Merapi Agroeducation during the Covid-19 pandemic. 19. The research approach uses a qualitative and quantitative approach by determining the informants as many as 5 people who are key informants in the Agroedukasi Caping Merapi with purposive sampling method and using 2 ways to obtain data, namely using primary data through interviews, observation, documentation and using secondary data from other research journals. . While the data analysis techniques used are descriptive analysis, IFE-EFE matrix, IE matrix, SWOT analysis, QSP Matrix. Based on the Internal Factor Evaluation (IFE) analysis, the main strength possessed by Agrodukasi Caping Merapi is guaranteed product quality. The main weakness of Caping Merapi Agroeducation is the lack of income during the pandemic. Based on the results of the External Factor Evaluation (EFE) analysis, the biggest opportunity is online marketing and the company's main threat is land that is not owned by itself. The IFE matrix produces a score of 3.1, while the EFE matrix produces a score of 2.43. Based on the results of the IE matrix that has been calculated through the IFE and EFE matrices, it shows that the position of Caping Merapi Agroeducation is in quadrant IV, which describes growth and build. The results of the SWOT analysis produce eight alternative strategies that can be applied by Caping Merapi Agroeducation, namely expanding the market to increase sales, strengthening online marketing and promotions, increasing work ethic by sharing among staff and employees and giving each other motivation, providing education about agricultural trends, maintaining quality products, cooperate with universities related to the independent campus program, create SOPs that must be carried out and provide punishment if they are not carried out properly, diversify products that are not sold or are not worth selling. The priority of selected alternative strategies that are recommended to Caping Merapi Agroeducation based on the results of the QSP (Quantitative Strategic Planning) matrix analysis are online promotion and marketing strategies to increase the sells.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040111
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:52
Last Modified: 12 Dec 2023 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189143
[thumbnail of 175040101111066 - Aziza Alya Zahro S..pdf]
Preview
Text
175040101111066 - Aziza Alya Zahro S..pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item