Sikap Dan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen Yoghurt Cimory Squeeze Sebagai Minuman Sehat Selama Pandemi Covid-19

Arum, Putri Dewi Andan and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, ., MS and Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si. (2021) Sikap Dan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen Yoghurt Cimory Squeeze Sebagai Minuman Sehat Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akhir tahun 2019 terjadi sebuah fenomena munculnya virus Covid-19, sehingga masyarakat mulai menerapakan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatannya, termasuk dengan menjaga pola makan, yaitu dengan mengonsumsi produk-produk sehat seperti yoghurt. Perubahan ini menjadi peluang perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan susu untuk terus berinovasi. Perkembangan inovasi yoghurt yang baik ini terlihat dari tingkat produksi yang meningkat dan adanya berbagai jenis dan merek yoghurt di pasar Indonesia. Kondisi tersebut menyebabkan adanya persaingan untuk mendapatkan pangsa pasar. Salah satu perusahaan perusahaan yang juga bersaing yaitu PT Cisarua Mountain Dairy dengan inovasi terbaru saat pandemi yaitu Yoghurt Cimory Squeeze. Sehingga perlunya dilakukan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dengan melihat sikap dan tahapan keputusan yang dilakukan konsumen khususnya saat kondisi pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk Yoghurt Cimory Squeeze, (2) menganalisis sikap konsumen dalam pembelian produk Yoghurt Cimory Squeeze sebagai minuman sehat selama pandemi Covid-19, (3) menganalisis tahapan keputusan pembelian konsumen produk Yoghurt Cimory Squeeze. Penentuan sampel menggunakan metode non propability sampling dengan teknik accidental sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan time linier function. Analisis data menggunakan analisis Cochran Q Test, model analisis Multiciri Fishbein, dan analisis deskriptif. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 49 responden. Hasil dari analisis data responden mayoritas konsumen Yoghurt Cimory Squeeze adalah perempuan dengan usia 12-24 tahun. Konsumen sebagian besar adalah pelajar atau mahasiswa yang memiliki pendidikan terakhir SMK/SMA dengan uang saku atau pendapatan sebesar Rp.1.000.000 sampai Rp.3.000.000 per bulan. Berdasarkan hasil analisis Cochran Q Test teradapat empat atribut yang dipertimbangkan konsumen saat melakukan pembelian yaitu harga, varian rasa, manfaat kesehatan dan kehalalan produk. Sikap konsumen terhadap produk Yoghurt Cimory Squeeze menunjukkan sebesar 51,02% dari total keseluruhan responden memiliki sikap positif, 40,82% menunjukkan sikap netral dan 8,16% menunjukkan sikap negatif, sedangkan berdasarkan skor variabel kepercayaan dan evaluasi nilai terendah pada atribut promosi, dan nilai tertinggi pada atribut kehalalan produk. Berdasarkan hasil analisis tahapan pengambilan keputusan, konsumen dalam melakukan pembelian Yoghurt Cimory Squeeze melalui seluruh tahapan pengambilan keputusan konsumen, mulai dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.

English Abstract

At the end of 2019 a phenomenon of the emergence of the Covid-19 virus occurred, so that people began to apply a healthy lifestyle to maintain their health, including by maintaining a diet, namely by consuming healthy products such as yogurt. This change is an opportunity for companies engaged in milk processing to continue to innovate. The development of good yogurt innovation can be seen from the increased production level and the existence of various types and brands of yogurt in the Indonesian market. This condition causes competition to gain market share. One company that is also competing is PT Cisarua Mountain Dairy with the latest innovation during the pandemic, namely Yoghurt Cimory Squeeze. So it is necessary to do this research to find out the right marketing strategy by looking at the attitudes and stages of decisions made by consumers, especially during this pandemic condition. This research aims to (1) analyze the attributes considered by consumers in purchasing Cimory Squeeze Yoghurt products, (2) analyze consumer attitudes in purchasing Cimory Squeeze Yoghurt products as healthy drinks during the Covid-19 pandemic, (3) analyze the stages of consumer purchasing decisions Cimory Squeeze Yoghurt product. Determination of the sample using non-probability sampling method with accidental sampling technique by determining the number of samples using a time linear function. Data analysis used Cochran Q Test analysis, Fishbein Multi-character analysis model, and descriptive analysis. The number of respondents in this study were 49 respondents. The results of the data analysis of respondents, the majority of consumers of Yoghurt Cimory Squeeze are women aged 12-24 years. Most of the consumers are students or college students who have the latest vocational/high school education with pocket money or income of Rp. 1,000,000 to Rp. 3,000,000 every month. Based on the results of the Cochran Q Test analysis, there are four attributes that consumers consider when making a purchase, namely price, taste variants, health benefits and product halalness. Consumer attitudes towards the Cimory Squeeze Yoghurt product showed that 51.02% of the total respondents had a positive attitude, 40.82% showed a neutral attitude and 8.16% showed a negative attitude, while based on the trust variable score and the lowest evaluation value on the promotional attributes, and the highest value on the product halal attribute. Based on the results of the analysis of the decision-making stages, consumers in purchasing Yoghurt Cimory Squeeze go through all stages of consumer decision-making, starting from need recognition, information seeking, alternative evaluation, purchase decisions, and post-purchase behavior.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040103
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:56
Last Modified: 11 Oct 2024 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189131
[thumbnail of 175040101111013- Putri Dewi Andan Arum.pdf] Text
175040101111013- Putri Dewi Andan Arum.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item