Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Ekuitas Merek Dan Respon Konsumen Pada Merek Lemonilo (Survei Online Pada Pengguna Media Sosial Di Indonesia)

Alifiananda, Nabila and Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si. and Neza Fadia Rayesa,, S.TP., M.Sc. (2021) Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Ekuitas Merek Dan Respon Konsumen Pada Merek Lemonilo (Survei Online Pada Pengguna Media Sosial Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi berdampak pada perkembangan transformasi digital yang menjadi salah satu tantangan dari fenomena disrupsi dan harus dihadapi oleh setiap perusahaan. Fenomena disrupsi di Indonesia memberikan dampak yang cukup signifikan, salah satunya yaitu bisnis startup yang sedang marak dikembangkan di Indonesia. Perusahaan tidak hanya dituntut untuk melakukan inovasi pengembangan produk, namun juga harus melakukan penyesuaian strategi pemasaran agar tidak tergeser dalam persaingan global. Lemonilo sebagai salah satu startup lokal dengan berbagai inovasi produk yang unik sedang berusaha memposisikan merek sebagai healthy lifestyle consumer goods brand yang baik di masyarakat. Namun, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam menyampaikan informasi produk maupun merek yang mereka tawarkan. Optimalisasi aktivitas pemasaran media sosial menjadi salah satu alternatif dalam strategi pemasaran karena cukup efektif dalam menyampaikan informasi, sehingga dapat memperkuat ekuitas merek dan membentuk respon positif konsumen pada suatu perusahaan maupun produk. Lemonilo harus segera melakukan optimalisasi kegiatan pemasaran untuk mencapai target dan tujuan perusahaan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Model (SEM-PLS) menggunakan alat analisis WarpPLS 7.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara aktivitas pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek dan respon konsumen pada merek Lemonilo. Lokasi penelitian dilakukan di Indonesia dengan metode survei online menggunakan kuesioner yang berlangsung mulai bulan Maret hingga Juli 2021. Penentuan responden pada penelitian dilakukan dengan pendekatan non probability sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria mereka mengetahui merek Lemonilo, pernah mengakses media sosial Lemonilo, serta pernah melakukan pembelian produk Lemonilo. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap variabel yang digunakan dalam model terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikansi yang tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa konstruk laten telah dinilai baik oleh sebagian besar responden sehingga patut untuk terus dipertahankan. Peran variabel mediasi ekuitas merek pada penelitian ini adalah menghubungkan variabel aktivitas pemasaran media sosial dalam mempengaruhi variabel respon konsumen pada merek Lemonilo, sehingga termasuk dalam mediasi parsial dan memberikan efek yang termasuk dalam kriteria kuat. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dimensi word of mouth pada aktivitas pemasaran media sosial dan premium price pada respon konsumen memiliki pengaruh paling lemah. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa optimalisasi, baik dalam pemanfaatan fitur media sosial hingga peningkatan kualitas produk. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi bagi para pemasar untuk dapat memanfaatkan serta mengoptimalkan media sosial sebagai media pemasaran yang paling efektif dan efisien.

English Abstract

Globalization has an impact on the development of digital transformation which is one of the challenges of the disruption phenomenon and must be faced by every company. The phenomenon of disruption in Indonesia has a significant impact. One of which is the startup business that is currently being developed in Indonesia. Companies are not only innovating in product development, but also have to adjust marketing strategies in order not to be displaced in global competition. Lemonilo as one of the local startups with various unique product innovations is trying to position the brand as a healthy lifestyle consumer goods brand in the community. However, companies often have difficulty conveying the information of their products and brands. Optimizing social media marketing activities is an alternative in a marketing strategy that is quite effective in conveying information so that it can strengthen brand's and consumers' positive responses to a company or product. Lemonilo must immediately optimize marketing activities to achieve the company's targets and goals. This research was conducted using a quantitative approach through descriptive statistical analysis methods and Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis using the WarpPLS 7.0 analysis tool. This study aimed to analyze the effect of social media marketing activities on brand equity and consumer response to the Lemonilo brand. The research location was conducted in Indonesia with an online survey method using a questionnaire that took place from March to July 2021. Determination of respondents in the study was carried out with a non-probability sampling approach using purposive sampling with the criteria that they knew the Lemonilo’s brand, had accessed Lemonilo’s social media, and had purchased Lemonilo’s products. The results showed that each variable used in the model proved to have a positive influence and high significance. Therefore, it can be said that the latent construct has been rated well by most of the respondents, so it deserves to be maintained. The role of the mediating variable of brand equity in this study is to link the variables of social media marketing activities in influencing consumer response variables on the Lemonilo brand, including in partial mediation and providing an effect that is included in the strong criteria. Based on the results obtained, the dimensions of word of mouth on social media marketing activities and premium prices on consumer responses have the weakest influence. Therefore, several optimizations are needed, both in the use of social media features and improving product quality. The research results can be used as a reference for marketers to be able to utilize and optimize social media as the most effective and efficient marketing media.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040090
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:47
Last Modified: 30 Sep 2024 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189104
[thumbnail of NABILA ALIFIANANDA.pdf] Text
NABILA ALIFIANANDA.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item