Dewi, Martina Mulia and Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS and Neza Fadia Rayesa,, S.TP. M.Sc (2021) Analisis Minat Beli Konsumen Tanaman Hias Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masa pandemi telah membuat perubahan yang signifikan di masyarakat. Pembatasan kegiatan atau aktivitas di luar rumah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menekan jumlah peningkatan paparan virus covid-19 di masyarakat. Akibatnya banyak waktu luang yang dihabiskan di rumah bersama keluarga. Salah satu aktivitas baru yang dilakukan adalah dengan kegiatan bercocok tanam tanaman hias. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan permintaan terhadap tanaman hias selama masa pandemi. Peningkatan permintaan tanaman hias sangat berkaitan dengan salah satu perilaku konsumen yang mengindikasikan tingginya minat konsumen terhadap tanaman hias. Fenomena ini menjadi penting untuk diteliti apakah keputusan pembelian tanaman hias yang dilakukan oleh konsumen hanya terjadi dalam waktu sesaat atau berkelanjutan sampai masa pandemi berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian tanaman hias menggunakan theory of planned behavior. Salah satu daerah potensial untuk pemasaran dan pengembangan tanaman hias di Indonesia adalah Kota Malang, daerah dataran tinggi yang cocok untuk budidaya beragam jenis tanaman hias. Selain itu, Malang juga memiliki daerah agrowisata yang sering dikunjungi, seperti Taman Bunga Selekta, Agro Krisan Poncokusumo, dan Flora San Terra. Komoditas tanaman hias menjadi ikon tersendiri bagi Kota Malang, seperti slogan yang melekat pada Kota Malang, yaitu “Malang Kota Bunga”. Fenomena kenaikan permintaan tanaman hias juga terjadi di Kota Malang dengan dilihat pada semakin ramainya tempat-tempat penjualan tanaman hias di beberapa lokasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penentuan lokasi secara sengaja (purposive) yaitu di Kota Malang. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dalam kurun waktu bulan Maret-Juli 2021. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dan online kepada responden dengan mengajukan kuisioner berupa google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) PLS yang diolah menggunakan aplikasi/software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel sikap terhadap perilaku (X1), norma subjektif (X2) dan kontrol perilaku persepsian (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli tanaman hias (Y). Variabel yang paling berpengaruh dengan memiliki nilai p-value tertinggi adalah variabel sikap terhadap perilaku. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam meningkatkan minat beli konsumen tanaman hias berdasarkan hasil penelitian dapat dirumuskan dengan mengedukasi sekaligus memasarkan produk dan pengetahuan seputar tanaman hias di media sosial dan secara langsung kepada konsumen. Strategi ini akan mempengaruhi tren tanaman hias yang berganti setiap beberapa waktu dengan menginformasikan nilai tambah yang dimiliki oleh tanaman hias. Diharapkan hal ini dapat menciptakan pasar baru bagi para pelaku usaha tanaman hias agar dapat berkelanjutan dan membangun kepercayaan yang positif kepada konsumen terkait dengan tanaman hias sebagai gaya hidup baru di masyarakat.
English Abstract
The situation in pandemic times has made significant changes in society. Indonesian government limits the activities outside to reduce the number of increased exposure to the covid-19 in the community. As a result, a lot of people use their free time with their family. One of the new activities carried out is by planting ornamental plants. This has led to an increase in demand for ornamental plants during the pandemic. The increase in demand for ornamental plants is closely related to one of the consumer behavior which indicates the high consumer intention in these ornamental plants. This phenomenon is important to study whether the purchasing decisions of ornamental plants made by consumers only occur for a short period of time or sustainable until the end of the pandemic. This study aims to analyze what factors that influence consumer intention in purchasing decisions for ornamental plants. One of the potential areas for marketing and cultivating the ornamental plant in Indonesia is Malang Municipality, which is a highland area suitable for the cultivation of various types of ornamental plants. Apart from that, Malang also has agrotourism areas that are frequently visited, such as the Selekta Flower Garden, Poncokusumo Chrysanthemum Agro, and Flora San Terra. The ornamental plant commodity has become an icon for Malang City, namely “Malang Kota Bunga”. The phenomenon of increasing demand for ornamental plants has also occurred in Malang City as seen in the increasing number of places selling ornamental plants in several locations. This research uses a quantitative approach and determines the location intentionally (purposive) in Malang City. The sampling method used non-probability sampling with the purposive sampling technique. The research was conducted in the period of March-July 2021. Data collection was carried out directly to respondents by submitting a questionnaire with a google form. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) PLS analysis techniques which are processed using the application/software WarpPLS 7.0 The results of the research that have been carried out show that the attitude towards behavior (X1), subjective norm variables (X2) and perceived behavioral control (X3) have a positive and significant effect on buying interest in ornamental plants (Y). While the most influential variable by having the highest p-value is attitude towards behavior variable. Marketing strategies that can be applied to increase consumer buying interest ini ornamental plants based on research result can be formulated by educating potential buyers about ornamental plants on social media and directly. This strategy will influence the trend of ornamental plants that change every time with the added value of ornamental plants. This marketing strategy can change over time by adapting to dynamic consumer behavior and built positive trust with consumers regarding ornamental plants as a new lifestyle in society.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521040087 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 06:19 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 08:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189094 |
![]() |
Text
Martina Mulia Dewi.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |