Persepsi Konsumen Pada Store Image Serta Pengaruhnya Terhadap Store Satisfaction Dan Store Loyalty Di Resto “Cs”Desa Wisata, Kabupaten Malang

Kusuma, Valensia Artha and Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono,, MS. and Ir. Effy Yuswita,, M.Si (2021) Persepsi Konsumen Pada Store Image Serta Pengaruhnya Terhadap Store Satisfaction Dan Store Loyalty Di Resto “Cs”Desa Wisata, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya bisnis kuliner di Jawa Timur setiap tahunnya membuat persaingan antar bisnis kuliner juga semakin ketat. Pelaku bisnis kuliner harus dapat berusaha untuk mempertahankan dan memperbaiki produk dan pelayanan yang dimiliki agar persepsi konsumen terhadap store imagerestoran adalah baik. Menurut Ranto (2017) store image berpengaruh terhadap store satisfaction dan store loyalty. Konsumen yang memiliki persepsi baik terhadap store image, maka konsumen akan merasa puas terhadap restoran tersebut, dan jika konsumen merasa puas dengan restoran tersebut, maka kosumen akan menjadi loyal. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan persepsi konsumen pada store image di Resto “CS”, menganalisis pengaruhsecara langsung store image terhadapstore loyalty, danmenganalisis pengaruhstore imageterhadap store loyalty melalui store satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilaksanakan di Resto “CS” Desa Wisata, Kabupaten Malang pada bulan April – Mei 2021. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive samplingdengan rumus Lemeshow untuk menghitung jumlah sampel yang digunakan dengan jumlah responden yang dibutuhkan sebesar 100 responden. Analisisyang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatifSEM-PLS dengan bantuan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap store image di Resto “CS” sebanyak 58 responden memiliki persepsi kosumen terhadap store image kategori sangat baik dan 42 responden masuk kategori baik.Hasil analisis data pada kedua hipotesis didapatkan bahwa terbukti adanya pengaruh positif dan signifikan. Variabel store image telah terbukti memiliki pengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap store loyalty di Resto “CS” dengan hasil koefisien jalur sebesar 0,436 dan nilai P-value <0,001.Pada variabel store image telah terbukti memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap store loyaltymelalui store satisfaction sebagai variabel mediasi di Resto “CS” dengan hasil koefisien jalur sebesar 0,302 dan nilai P-value <0,001 sehingga store sastifaction disebut variabel mediasi sebagian. Hasil nilai R-squared dalam penelitian ini didapatkan bahwa store imagedan store satisfaction mampu menjelaskan store loyalty sebesar 68,7% dan sisanya 31,3% dijelaskan oleh variabel lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diharapkan pihak Resto “CS” perlu memperbaiki rasa makanan dan minuman, memperhatikan variasi makanan dan minuman,memperhatikan kenyamanan pengunjung terkait kebersihan dari fasilitas umum, memperbaiki akses jalan menujuResto “CS”, menyediakan alat untuk mengusir lalat, dan meningkatkan kecekatan dalam pelayanan. Selain itu saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat membuat model yang lebih lengkap seperti menambahkan analisis lain pada pengaruh store image, store satisfaction dan store loyalty agar penelitian yang dilakukan lebih lengkap serta menggunakan indikator-indikator store imageyang sesuai dengan tempat yang akan di teliti.

English Abstract

Competition between culinary businesses are getting tighter due to the increase of culinary business in East Java every year. Food entrepreneur nowadays must be able to try to maintain and improve their products and services so that the consumer’s perceptions of their restaurant’s store image are good. According to Ranto (2017), Store Image directly affects Store Satisfaction and Store Loyalty. Consumers which has good perceptions about the Store Image will be satisfied with the restaurant, and this satisfaction leads to Store Loyalty. This research was conducted to describe consumer perception of store image at Resto “CS” Desa Wisata, Kabupaten Malang, analyze the effect of store image on store loyalty, and theeffect of store Image on store loyalty through store satisfaction as mediating variable. This research was conducted at Resto “CS” Desa Wisata, Kabupaten Malang from April – Mei 2021. Sample determination in this research uses the purposive sampling technique with Lemeshow’s Formula to calculate the number of samples used with the 100 required respondents. Analysis is done using quantitative analysis with SEM-PLS by WarpPLS 7.0 app. The results of this research show that consumer perception of store image at Resto “CS” Desa Wisata, Kabupaten Malang with 58 respondents that consumer perception of store image is in category very good and 42 respondents is in category good. The results of data analysis on the two hypothesis proves to have a positive and significant effect. Store mage variable shows positive and significant direct effect on store loyalty variable with path coefficient value at 0,436 and P-value <0,001. Store image also show excellent positive and significant indirect effect on store loyalty variable through store satisfaction as mediating variable with path coefficient value at 0,302 and P-value <0,001. The result of R-Squared value in this research shows that store image and store satisfaction are able to explain store loyalty by 68.7% and the remaining 31.3% is explained by other variables. The Resto “CS” needs to improve the overall taste of their food and beverages, pay attention to their variety, pay attention to the comfort of consumers regarding the cleanliness of public facilities, improve the road access to Resto “CS”, provide fly-repellant utilities, and improve their service agility. In addition, suggestions for further researchers are to be able to create a more complete model such as adding another effects analysis on the store image, store satisfaction and store loyalty and using store image indicators that are appropriate to the place to be studied.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040080
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:51
Last Modified: 24 Feb 2022 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189061
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040100111092 - Valensia Artha Kusuma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item