Pengaruh Celebrity Endorser Di Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Sayur Dan Buah Selama Pandemi Covid-19 Studi Di Tanihub

Nauli, Bulan and Dr. Dwi Retno Andriani,, S.P., M.P. and Wisynu Ari Gutama,, S.P., M.MA. (2021) Pengaruh Celebrity Endorser Di Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Sayur Dan Buah Selama Pandemi Covid-19 Studi Di Tanihub. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Celebrity Endorser adalah salah satu pihak yang turut melakukan pemasaran lewat media sosial. Berbagai perusahaan mengajak berbagai celebrity endorsement untuk melakukan endorsement produknya. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan dan mempengaruhi target konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Salah satu perusahaan yang menggunakan celebrity endorser sebagai strategi pemasaran media sosial adalah TaniHub. Pemasaran ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dengan meningkatkan minat beli konsumen. TaniHub merupakan e-commerce yang menjual berbagai macam produk pertanian yang berbasis internet (online). Fenomena stay at home yang merupakan dampak dari pandemi COVID-19 di Indonesia mendorong masyarakat untuk berbelanja dari rumah, oleh karena itu penelitian mengenai belanja online produk pertanian menarik untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh karakteristik celebrity endorser mempengaruhi minat beli konsumen selama pandemi COVID-19 untuk produk sayur dan buah dari TaniHub. Karakteristik yang diteliti tergabung dalam Model TEARS yang meliputi trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden yang berasal dari DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner online menggunakan Google Form. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Inferensial. Analisis Statistik Deskriptif dilakukan untuk melihat karakteristik responden dan menjabarkan rata-rata jawaban responden. Analisis Inferensial dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0. Variabel yang diukur yaitu trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity yang mempengaruhi minat beli. Hasil penelitian menunjukan bahwa responden memberikan hasil yang positif terhadap minat beli produk sayur dan buah dari TaniHub. Karakteristik celebrity endorser yang tergabung dalam model TEARS memberikan pengaruh positif terhadap minat beli. Model TEARS mempengaruhi minat beli sebesar 55.2% secara simultan. Variabel trustworthiness, expertise, attractiveness, dan similarity memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Variabel trustworthiness memberikan pengaruh paling signifikan terhadap minat beli. Variabel respect memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Peneliti merekomendasikan TaniHub untuk memperhatikan karakteristik celebrity endorser yang akan bekerja sama dengan TaniHub agar endorsement yang dilakukan dapat meningkatkan minat beli konsumen untuk produk sayur dan buah khususnya saat pandemi COVID-19.

English Abstract

Celebrity Endorser is one of the parties who participate in marketing through social media. Various companies invite various celebrity endorsers to endorse their products. This is done to convince and influence target consumers to be interested in the products offered. One company that uses celebrity endorsers as a social media marketing strategy is TaniHub. This marketing is done with the aim of increasing sales by increasing consumer purchase intention. TaniHub is an e-commerce that sells various kinds of internet-based agricultural products (online). The stay-at-home phenomenon which is the impact of the COVID-19 pandemic in Indonesia encourages people to shop from home, therefore research on online shopping for agricultural products is interesting to do. This study aims to see how far the characteristics of celebrity endorsers affect consumer purchase intention during the COVID-19 pandemic for vegetable and fruit products from TaniHub. The characteristics studied are incorporated in the TEARS Model which includes trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, and similarity. Determination of the sample in this study was done by purposive sampling method. The number of samples in this study were 100 respondents from DKI Jakarta. Data was collected by means of an online questionnaire using Google Form. The data analysis techniques used are Descriptive Statistical Analysis and Inferential Analysis. Descriptive Statistical Analysis was conducted to see the characteristics of respondents and describe the average respondents' answers. Inferential analysis was performed using the Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) method using the SmartPLS 3.0 application. The variables measured are trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, and similarity that affect purchase intention. The results showed that the respondents gave positive results on the interest in buying vegetable and fruit products from TaniHub. Characteristics of celebrity endorsers who are incorporated in the TEARS model have a positive influence on purchase intention. TEARS model affects purchase intention by 55.2% simultaneously. The variables of trustworthiness, expertise, attractiveness, and similarity have a positive and significant influence on purchase intention. The trustworthiness variable has the most significant influence on purchase intention. The respect variable has a positive but not significant effect on purchase intention. Researchers recommend TaniHub to pay attention to the characteristics of celebrity endorsers who will collaborate with TaniHub so that the endorsements made can increase consumer purchase intention for vegetable and fruit products, especially during the COVID-19 pandemic.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040079
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:43
Last Modified: 23 Feb 2022 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189059
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040100111089 - bulan nauli.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item