Pengaruh Perilaku Terencana, Pengetahuan Lingkungan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Pada Sayuran Hidroponik

Aminingsih, Enggar and Dr. Fitria Dina Riana,, SP., MP and Andrean Eka Hardana,, SP., MP., MBA (2021) Pengaruh Perilaku Terencana, Pengetahuan Lingkungan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Green Product Pada Sayuran Hidroponik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya kecenderungan masyarakat yang mulai mengubah pola hidup sehat dengan memilih produk yang mengutamakan kualitas dan mutu yang baik, sehat dan ramah lingkungan, mendorong perubahan perilaku konsumen terhadap pembelian suatu produk. Hal tersebut didukung dengan media yang memberikan informasi dan menarik perhatian konsumen terkait dengan pola makan dan gaya hidup sehat, sehingga konsumen dalam melakukan pembelian produk mempertimbangkan kualitas, kesehatan, dan dampak lingkungan. Pengambilan keputusan konsumen terhadap suatu produk merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh produsen. Proses pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis. Oleh sebab itu, perlu bagi produsen untuk menganalisis pengaruh faktor sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat beli konsumen green product pada sayuran hidroponik di Kea Farm, menganalisis pengaruh environmental knowledge dan promosi sebagai variabel moderasi untuk niat beli konsumen terhadap keputusan pembelian green product pada sayuran hidroponik, sehingga hasil penelitian dapat menjadi rekomendasi strategi ataupun evaluasi pemasaran untuk Kea Farm. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research menggunakan variabel Theory of Planned Behavior dan variabel lain berupa environmental knowledge dan promosi. Penelitian ini dilakukan di Kea Farm pada bulan Januari 2021 hingga April 2021. Teknik penentuan responden dalam penelitian menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling berjumlah 80 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner online dalam bentuk google form yang disebarkan. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan metode Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software WarpPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Theory of Planned Behavior berupa sikap, norma subjektif, dan perilaku kontrol memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli green product pada sayuran hidroponik di Kea Farm. Begitu juga pada niat beli memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian green product pada sayuran hidroponik. Variabel pengetahuan lingkungan dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan sebagai pemoderasi/memperkuat niat beli terhadap keputusan pembelian green product pada sayuran hidroponik di Kea Farm. Variabel pengetahuan lingkungan dan promosi pada penelitian ini termasuk dalam kriteria moderasi semu/quasi moderation. Sehingga variabel pengetahuan lingkungan (EK) dan promosi memiliki dua peran sebagai variabel moderasi dan juga dapat menjadi variabel penjelas/prediktor. Variabel sikap dan norma subjektif memiliki nilai effect size atau pengaruh langsung secara lemah terhadap niat beli. Indikator X1.3 berkaitan dengan rasa yakin bahwa tindakan yang dilakukan menguntungkan memiliki nilai T ratio terendah dibandingkan dengan indikator lain dalam mempengaruhi variabel sikap. Sedangkan indikator X2.3 berkaitan dengan pengaruh orang lain terhadap perilaku yang akan dilakukan oleh konsumen juga memiliki nilai T ratio yang lebih rendah dibandingkan dengan indikator lain dalam mempengaruhi variabel norma subjektif. Variabel perilaku kontrol memiliki pengaruh langsung secara besar terhadap niat beli begitu juga dengan niat beli yang memiliki pengaruh besar secara langsung terhadap keputusan pembelian Variabel pengetahuan lingkungan dan promosi sebagai moderator/memperkuat niat beli memiliki nilai effect size atau pengaruh langsung secara lemah terhadap keputusan pembelian. Indikator Mod1.3 berkaitan dengan wawasan terkait proses, masukan, dan dampak produk sebelum membeli memiliki nilai T ratio rendah dibandingkan dengan indikator lain dalam mempengaruhi pengetahuan lingkungan. Sedangkan untuk variabel promosi, Mod2.3 berkaitan dengan postingan melalui akun media sosial yang memberikan informasi menarik, jelas, dan mudah dipahami memiliki nilai T ratio yang lebih rendah dibandingkan dengan indikator lain dalam mempengaruhi variabel promosi. Berdasarkan hasil tersebut, bagi Kea Farm atau pelaku usaha dengan produk sejenis disarankan untuk memanfaatkan kelompok teman sebaya atau teman dekat untuk mempengaruhi sikap konsumen, mempertahankan harga produk dengan menerapkan price lining atau menentukan beberapa tingkatan atau pilihan harga, menciptakan kepuasan pelanggan agar memiliki kesan positif dan baik sehingga memunculkan promosi mulut ke mulut. Selain itu, mempertahankan pelanggan dengan memberikan penawaran khusus untuk pelanggan setia/loyal, serta meningkatkan kesadaran konsumen terkait masalah lingkungan dengan kegiatan pemasaran yang melibatkan mereka dalam kegiatan sosial.

English Abstract

There is a tendency for people to change their healthy lifestyle by choosing products that prioritize good quality, healthy and environmentally friendly, encouraging changes in consumer behavior towards purchasing a product. Supported by media that provide information and attract consumers' attention related to healthy eating patterns and lifestyles, so that consumers in purchasing products consider quality, health, and environmental impact. Consumer decision making on a product is an important thing that producers need to know. The consumer decision-making process is influenced by various factors such as cultural, social, personal and psychological. Therefore, it is necessary for producers to analyze the influence of attitude factors, subjective norms, and behavioral control on consumers' purchase intentions of green products on hydroponic vegetables at Kea Farm, analyze the effect of environmental knowledge and promotion as moderating variables for consumers' purchase intentions on green product purchasing decisions. on hydroponic vegetables, so that the research results can be a recommendation for evaluation evaluation strategies for Kea Farm. The research method uses quantitative methods with the type of explanatory research using the Theory of Planned Behavior variable and other variables in the form of environmental knowledge and promotion. This research was conducted at Kea Farm from January 2021 to April 2021. The technique for determining respondents in this study used a non-probability sampling method with a purposive sampling type of 80 samples. The data collection technique was carried out using an online questionnaire instrument in the form of a google form which was distributed. The data analysis technique in this study used the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method using WarpPLS software. The results showed that the Theory of Planned Behavior variables in the form of attitudes, subjective norms, and control behavior had a positive and significant influence on the purchase intention of green products on hydroponic vegetables at Kea Farm. Likewise, purchase intention has a positive and significant influence on purchasing decisions for green products on hydroponic vegetables. Environmental knowledge and promotion variables have a positive and significant effect as moderating/strengthening purchase intentions on green product purchasing decisions on hydroponic vegetables at Kea Farm. Environmental knowledge and promotion variables in this study are included in the criteria of quasi moderation. So that environmental knowledge (EK) and promotion variables have two roles as moderating variables and can also be explanatory/ predictor variables. Attitude variables and subjective norms have an effect size value or a weak direct influence on purchase intention. The X1.3 indicator relates to the belief that the action taken is profitable has the lowest T ratio value compared to other indicators in influencing the attitude variable. While the X2.3 indicator related to the influence of other people on the behavior that will be carried out by consumers also has a lower T ratio value compared to other indicators in influencing the subjective norm variable. The control behavior variable has a large direct influence on purchase intention as well as purchase intention which has large direct influence on purchase decisions. The environmental knowledge variable and promotion as a moderator/strengthening purchase intention have an effect size value or a weak direct influence on purchasing decisions. The Mod1.3 indicator relates to insights related to processes, inputs, and product impacts before purchasing, which has a low T ratio value compared to other indicators in influencing environmental knowledge. As for the promotion variable, Mod2.3 relates to postings through social media accounts that provide interesting, clear, and easy-to-understand information that has a lower T ratio value compared to other indicators in influencing the promotion variable. Based on these results, for Kea Farm or business with similar products, is recommended to use peer groups or close friends to influence consumer attitudes, maintain product prices by applying price lining or determining several levels or price choices, creating customer satisfaction in order to have a positive and positive impression. so that it led to word of mouth promotion. In addition, retaining customers by providing special offers for loyal/loyal customers, as well as increasing consumer awareness regarding environmental issues by marketing activities that involve them in social activities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040071
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:34
Last Modified: 24 Feb 2022 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189032
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040100111065 - ENGGAR AMININGSIH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item