Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen Kfc Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19

Ravelina, Raysa and Febriananda Faizal,, SP., MP. and Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si. (2021) Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen Kfc Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan globalisasi memberikan pengaruh terhadap perubahan dunia di setiap aspek kehidupan termasuk salah satunya perubahan pada pola gaya hidup dalam memilih makanan. Orang-orang cenderung ingin mengonsumsi makanan yang praktis dan cepat penyajiannya. Oleh karena itu, tren makanan cepat saji pun muncul. Tren makanan cepat saji ini cepat meluas ke seluruh dunia hingga masuk ke Indonesia. Namun, adanya pandemi COVID-19 membawa perubahan besar pada pola hidup masyarakat untuk menjadi lebih sehat dan bersih. Hal ini menyebabkan masyarakat cenderung ingin mengolah dan memasak makanannya sendiri (fresh food) agar lebih sehat dan terjamin. Hal ini membawa dampak berupa penurunan penjualan terhadap pelaku usaha di industri food and beverages termasuk makanan cepat saji. Oleh karena itu, pemilik usaha restoran cepat saji termasuk salah satunya KFC Indonesia perlu melakukan segala upaya untuk tetap mempertahankan penjualannya di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran produk dan promosi seperti apa yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga bulan April 2021 menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan sampel penelitian ini yaitu non probability sampling dengan jumlah sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner online melalui google form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SEM-PLS dengan software WarpPLS 7.0 untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu bahwa pada pengaruh langsung antara produk terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,347 dan p-value <0,001. Promosi terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,327 dan p-value <0,001. Produk terhadap loyalitas konsumen berpengaruh positif namun tidak signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,087 dan p-value 0,215. Promosi terhadap loyalitas konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,209 dan p-value 0,025. Keputusan pembelian terhadap loyalitas konsumen berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,678 dan p-value <0,001. Sedangkan, pada pengaruh tidak langsung antara produk terhadap loyalitas konsumen melalui variabel mediasi keputusan pembelian menujukkan pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur 0,236 dan p-value <0,001 serta pada promosi terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian juga menunjukkan hasil berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,222 dan p-value 0,002. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan variabel mediasi keputusan pembelian dalam pengaruh tidak langsung menunjukkan nilai yang lebih besar terhadap loyalitas konsumen yang artinya produk dan promosi berpengaruh lebih baik terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian dibandingkan jika tidak menggunakan variabel mediasi keputusan pembelian dalam pengaruh langsung. Oleh karena itu, KFC Indonesia perlu memperhatikan aspek-aspek strategi produk yang lebih sehat, enak, variatif, dan inovatif secara kontinu agar konsumen tetap mau mengonsumsi produk-produk dari KFC Indonesia di tengah-tengah persaingan dengan restoran sejenis lainnya terutama di masa pandemi COVID-19. Selain itu, KFC Indonesia juga perlu meningkatkan strategi promosi yang lebih unik, informatif, dan menarik agar tidak kalah saing dengan restoran sejenis lainnya, serta memperhatikan strategi bauran pemasaran lainnya selain produk dan promosi untuk meningkatkan keputusan pembelian juga keloyalitasan mereka.

English Abstract

The development of globalization has influenced the changes in the world in every aspect of life, including the changes of lifestyle patterns in choosing food. People want to eat food which can be served quickly and practically. Therefore, the fast food trend happened. This fast food trend quickly spreads throughout the world including Indonesia. However, the COVID-19 pandemic has brought major changes to people's lifestyles to become healthier and cleaner. This causes people to process and cook their own food (fresh food) to keep it healthier and more secure. This brings an impact to the decreasing sales of the business actors in the food and beverages industry, including fast food. Therefore, the fast food restaurant business owners, including KFC Indonesia, need to make every effort to maintain their sales during the COVID-19 pandemic. This study aims to determine what kind of product and promotion of marketing mix strategy which can influence the purchasing decisions and consumer loyalty. This research was conducted from March to April 2021 using a quantitative descriptive approach. The sampling technique of this research is non-probability sampling with 80 respondents. Data collection techniques were carried out by distributing online questionnaires via google form. The method used in this research is SEM-PLS with WarpPLS 7.0 software to analyze the relationship between variables. The obtained results are that the direct effect of the product on purchasing decisions has a positive and significant effect with the path coefficient value of 0.347 and p-value <0.001. Promotion on purchasing decisions has a positive and significant effect with the path coefficient value of 0.327 and p-value <0.001. Product on consumer loyalty has a positive but not significant effect with a path coefficient value of 0.087 and a p-value of 0.215. Promotion on consumer loyalty has a positive and significant effect on consumer loyalty with a path coefficient value of 0.209 and a p-value of 0.025. Purchasing decisions on consumer loyalty have a positive and significant effect with the path coefficient value of 0.678 and p-value <0.001. Meanwhile, the indirect effect between products on consumer loyalty through the mediating variable of purchasing decisions shows a positive and significant influence with a path coefficient value of 0.236 and p-value <0.001 and on promotion of consumer loyalty through purchasing decisions also shows a positive and significant effect with path coefficient value of 0.222 and p-value of 0.002. Based on these results, it can be said that the use of mediating variables for purchasing decisions in indirect effect shows a greater value on consumer loyalty, which means that products and promotions are better for consumer loyalty through purchasing decisions than if not using mediating variables in direct effect. Therefore, KFC Indonesia needs to pay attention to the aspects of product strategies that are healthier, tastier, more varied, and more innovative continuously so that consumers will continue to consume products from KFC Indonesia in the midst of competition with the other similar restaurants, especially during this COVID-19 pandemic. In addition, KFC Indonesia also needs to improve promotion strategies that are more unique, informative, and interesting, so they will not lose to compete with other similar restaurants, and pay attention to the other marketing mix strategies than products and promotions to improve purchasing decisions as well as their loyalty.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040065
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:42
Last Modified: 24 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189014
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175040100111046 - RAYSA RAVELINA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item