Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepercayaan Konsumen Serta Keputusan Pembelian Produk Herbal Di Cv. Kebonqta Mubarak

Fajar, Irfan Fadhilah and Alia Fibrianingtyas,, S.P., MP. and Sugeng Riyanto,, S.P., M.Si. (2021) Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepercayaan Konsumen Serta Keputusan Pembelian Produk Herbal Di Cv. Kebonqta Mubarak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dengan memanfaatkan obat-obatan alami membuat masyarakat mulai beralih ke pengobatan tradisional/herbal. Suryanto & Setiawan (2013) menjelaskan, masyarakat saat ini lebih memilih menggunakan produk yang bahan bakunya berasal dari alam dengan mempertimbangkan alasan keamanan, sehingga banyak produk-produk medis atau kesehatan yang berbahan dasar tanaman herbal. KebonQta hadir mengedukasi dan memperdagangkan produk herbal. Namun perkembangannya yang kurang tampak dan signifikan menjadikan KebonQta memiliki omzet yang stagnan tiap bulannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan periklanan dan promosi penjualan yang dilakukan, menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling dan menggunakan pendekatan Isac Michel dengan standart error sebesar 0,05 atau 5% sehingga menghasilkan total responden yang dibutuhkan yaitu sebesar 117 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online menggunakan google form. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis Multivariat SEM-PLS menggunakan Warp-PLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan periklanan yang dilakukan yaitu melalui platform Facebook Ads, dengan tujuan sosial medianya adalah Instagram dan Facebook, serta marketplace yaitu Shopee dan Tokopedia. Selain itu, promosi penjualan yang dilakukan ada empat jenis, yaitu potongan harga, bundling, kupon cashback, dan free gift. Dari hasil penelitian juga disimpulkan bahwa terdapat empat hipotesis yang dibuat berpengaruh secara positif dan signifikan, dan satu hipotesis berpengaruh secara negatif namun signifikan. Dari hasil analisis tersebut, didapatkan hasil semua variabel signifikan dan memiliki nilai RSquared 0.240 yang berarti bahwa 24% dipengaruhi oleh variabel di dalam model dan sisanya 76% dipengaruhi variabel di luar model. Kedepannya ada baiknya konsep dari periklanan lebih diperhatikan agar informasi yang disampaikan bisa tersampaikan, menambahkan giveaway/games agar menarik konsumen baru, promosi penjualan tidak diberlakukan sepanjang bulan dan tiap bulan, memperbanyak testimoni yang menarik agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, serta rutin mengagendakan launching produk baru. Selain itu juga ada baiknya penelitian selanjutnya tidak hanya menggunakan dua variabel, namun kelima variabel dari IMC agar pembahasan lebih valid. Selain itu juga, perusahaan bisa membuat event-event berbayar dengan bundling paket harga tiket dan merchandise berupa produk, agar periklanan yang dilakukan perusahaan bisa mempengaruhi secara langsung keputusan pembelian dari para konsumen.

English Abstract

The high public awareness of the importance of health by utilizing natural medicines has made people start turning to traditional/herbal medicine. Suryanto & Setiawan (2013) explained that today's society prefers to use products whose raw materials come from nature by considering safety reasons, so many medical or health products are made from herbal plants. KebonQta is here to educate and trade herbal products. However, its development that is less visible and significant makes KebonQta have a stagnant turnover every month. This study has a purpose to describe the advertising and sales promotion activities carried out, to analyze the effect of advertising, sales promotion, and consumer trust on purchasing decisions.This study aims to describe the advertising and sales promotion activities undertaken, to analyze the effect of advertising, sales promotions, and consumer confidence on purchasing decisions. Thi s study uses a quantitative descriptive approach. The sampling technique used was accidental sampling and used the Isac Michel approach with a standard error of 0.05 or 5%, resulting in a total of 117 respondents. Data collection techniques were carried out using an online questionnaire using a google form. The data analysis method in this study used the SEM-PLS Multivariate analysis method using Warp-PLS 7.0. The results of the study indicate that the advertising activities carried out are through the Facebook Ads platform, with the aim of social media being Instagram and Facebook, as well as the marketplace, namely Shopee and Tokopedia. In addition, there are four types of sales promotions, namely discounts, bundling, cashback coupons, and free gifts. From the results of the study, it was also concluded that there were four hypotheses that had a positive and significant effect, and one hypothesis had a negative but significant effect. From the results of the analysis, all variables are significant and have an R-Squared value of 0.240, which means that 24% are influenced by variables in the model and the remaining 76% are influenced by variables outside the model. In the future, it is better to pay more attention to the concept of advertising so that the information conveyed can be conveyed, add giveaways/games to attract new consumers, sales promotions are not applied throughout the month and every month, multiply interesting testimonials in order to increase consumer confidence, and regularly schedule new product launches . In addition, it is also good for further research not only to use two variables, but the five variables from the IMC so that the discussion is more valid. In addition, companies can create paid events by bundling ticket price packages and merchandise in the form of products, so that the company's advertising can directly influence the purchasing decisions of consumers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040061
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:01
Last Modified: 27 Sep 2024 01:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189002
[thumbnail of Irfan Fadhilah Fajard.pdf] Text
Irfan Fadhilah Fajard.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item