Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kemitraan Cv Bagus Agriseta Mandiri Dengan Petani Agrowisata

Saputro, Sigit Dwi and Dr.Asihing Kustanti,, S.Hut.,M.Si and Vi’in Ayu Pertiwi,, SP., MP. (2021) Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kemitraan Cv Bagus Agriseta Mandiri Dengan Petani Agrowisata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

atau kelompok mitra. Salah satu perusahaan yang melakukan kemitraan yaitu CV Bagus Agriseta Mandiri. CV Bagus Agriseta Mandiri melakukan kemitraan dengan petani agrowisata. Adanya keterbatasan lahan yang dimiliki perusahaan menjadi alasan menjalin kemitraan dengan petani agrowisata. namun permasalahan yang ada yaitu sering terjadinya kesalahpahaman antara perusahaan dengan petani agrowisata. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan suatu faktor penentu yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu hubungan kemitraan berupa modal sosial melalui kepercayaan, norma, dan jaringan sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan modal sosial yang terdapat dalam kemitraan CV Bagus Agriseta Mandiri, mendekripsikan kemitraan yang terdapat di CV Bagus Agriseta Mandiri dengan petani agrowisata, menganalisis pengaruh modal sosial terhadap kemitraan CV Bagus Agriseta Mandiri dengan petani agrowisata. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Populasi penelitian ini yaitu petani agrowisata yang bermitra dengan CV Bagus Agriseta Mandiri dengan sempel sebanyak 32 responden dengan menggunakan saturated sampling. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS yang dijalankan menggunakan media komputer. Hasil penelitian ini modal sosial yang dimiliki CV Bagus Agriseta Mandiri dalam kemitraan dengan petani agrowisata masuk dalam kategori sedang meliputi kepercayaan sangat tinggi karena petani merasa aman dengan sistem kemitraan yang dilakukan oleh perusahaan, norma sedang karena belum ada sanksi tegas untuk pelanggar aturan dari masing-masing pihak, jaringan sedang karena belum terjalinnya hubungan antar anggota mitra/ petani mitra. Kemitraan CV Bagus Agriseta Mandiri dengan petani agrowisata masuk kedalam kelompok sangat tinggi dengan indikator input, output dan outcome karena manajemen perusahaan dalam mengolah dan memasarkan agrowisata sudah baik, serta kemitraan dapat meningkatkan pendapatan petani. Secara simultan variabel modal sosial berupa kepercayaan, norma dan jaringan memiliki pengaruh positif terhadap kemitraan CV Bagus Agriseta Mandiri dengan petani agrowisata. Secara parsial variabel kepercayaan dan norma berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemitraan CV Bagus Agriseta Mandiri dengan petani agrowisata, namun variabel jaringan tidak berpengaruh signifikan terhadap kemitraan CV Bagus Agriseta Mandiri dengan petani agrowisata.

English Abstract

Social capital is a concept to measure of quality in a social relationship. Social capital can be trust, norms and networks needed for activities in a more coordinated and more effective and efficient. Social capital be support to happening cooperation in achieving a better life capacity, which supported the norms and values as unimportant mutual trust. CV Bagus Agriseta Mandiri one of the companies to have partnerships with agro-tourism, but the problem is often miscommunication among of company and agro-tourism. The purpose of this study is to describe the social capital contained in the CV partnership. Bagus Agriseta Mandiri, described of partnership contained in CV Bagus Agriseta Mandiri with agro-tourism. analyzes the role of social capital in CV partnerships. Bagus Agriseta Mandiri with agro-tourism. This approach research uses a quantitative approach that is measurable, systematic, showing cause and effect between variables. Type of research is expansive research, has the aim of knowing or explaining the relationship and influence of independent variables, namely trust, norms and networks on the dependent variable, namely partnership. This methods research uses data analysis with multiple linear regression analysis tools using SPSS software which is run using computer media. The results of this study are social capital variables by CV Bagus Agriseta Mandiri in partnership with agro-tourism is in medium category they were very high trusted, because farmers would feel safe with the partnership system carried out by the company. The norm is moderate because there are no strict sanctions for violators of the rules from each party, the network is medium because there is no relationship between partner members/ partner farmers. Partnership CV Bagus Agriseta Mandiri and agro-tourism farmers are included in the very high group with input, output and outcome indicators because the company's management in processing and marketing agro-tourism is good, and partnerships can increase farmers' income have a positive influence on partnerships CV Bagus Agriseta Mandiri with agro-tourism farmers. Partially, trust and norm variables have a positive and significant effect on partnerships CV Bagus Agriseta Mandiri with agro-tourism farmers, but the network variable has no significant positive effect on the partnership CV Bagus Agriseta Mandiri with agro-tourism farmers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040059
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:41
Last Modified: 08 Oct 2024 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188994
[thumbnail of 175040100111026 - SIGIT DWI SAPUTRO..pdf] Text
175040100111026 - SIGIT DWI SAPUTRO..pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item