Strategi Promosi Omah Sayur Mq’s Melalui Media Sosial Instagram Saat Pandemi Covid 19

Miladiah, Ayu Fadilatul and Sugeng Riyanto,, SP.,M.Si. (2021) Strategi Promosi Omah Sayur Mq’s Melalui Media Sosial Instagram Saat Pandemi Covid 19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya pada aspek kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran berubah dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran online (digital marketing). Digtal marketing dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Apalagi kondisi Indonesia saat ini masih dalam masa pandemi covid 19, hal ini yang menjadikan pelaku usaha banyak menerapkan digital marketing dengan memanfaatkan media sosial. Salah satu usaha tersebut yaitu Omah Sayur MQ’s Malang. Omah Sayur MQ’s merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang pertanian terutama dalam pemasaran produk pertanian. Omah Sayur MQ’s melakukan kegiatan pemasaran dengan menerapkan digital marketing yang memanfaatkan berbagai macam media sosial, salah satunya yaitu Instagram. Akun Instagram Omah Sayur MQ’s memiliki pengikut sebanyak 466 orang. Omah Sayur MQ’s menyediakan sayuran segar, ikan segar, frozen food, dan kebutuhan dapur lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan Omah Sayur MQ’s melalui Instagram serta efektivitas penggunaan Instagram tersebut dengan menggunakan EPIC model. Penelitian ini dilakukan di Omah Sayur MQ’s yang berlokasi di Jl. Watu Damar No.4 Girimoyo, Karangploso. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode dalam penentuan sampel menggunaan metode purposive sampling. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan EPIC model. Pengukuran efektivitas menggunakan analisis EPIC model yang terdiri dari 4 dimensi kritis yaitu empathy, persuation, impact dan communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Omah Sayur MQ’s melalui Instagram berupa informasi mengenai produk, update harga produk serta potongan harga untuk produk tertentu. Informasi yang diberikan menggunakan caption yang dapat membujuk dan menarik konsumen untuk membeli produk Omah Sayur MQ’s. Selain itu, penggunaan Instagram yang dilakukan Omah Sayur MQ’s termasuk dalam rentang skala efektif untuk diterapkan. Sehingga, saran yang dapat diberikan yaitu agar Omah Sayur MQ’s memperhatikan konten pada setiap postingannya dengan pengaturan atau penataan feed yang diunggah pada Instagram Omah Sayur MQ’s, pengaturan warna yang selaras pada setiap postingannya agar tampilan Instagram Omah Sayur MQ’ terlihat rapi dan menarik. Selain itu juga dapat memberikan konten yang menarik serta rutin untuk melakukan promosi di Instagram. Lalu, pada penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas dengan menggunakan model lain.

English Abstract

Technological developments cause changes in various aspects of human life, one of which is in the aspect of marketing activities. Marketing activities have changed from conventional marketing to online marketing (digital marketing). Digital marketing is done by utilizing social media as a means of promotion. Moreover, Indonesia's current condition is still in the period of the Covid 19 pandemic, this is what makes many business people implement digital marketing by utilizing social media. One of these efforts is Omah Sayur MQ's Malang. Omah Sayur MQ's is a business that is engaged in agriculture, especially in marketing agricultural products. Omah Sayur MQ's conducts marketing activities by implementing digital marketing that utilizes various kinds of social media, one of which is Instagram. Omah Sayur MQ's Instagram account has 466 followers. Omah Sayur MQ's provides fresh vegetables, fresh fish, frozen food, and other kitchen necessities. This study aims to describe the promotional strategy carried out by Omah Sayur MQ's through Instagram and the effectiveness of using Instagram using the EPIC model. This research was conducted at Omah Sayur MQ which is located on Jl. Watu Damar No.4 Girimoyo, Karangploso. The research was conducted using a quantitative descriptive approach. The method in determining the sample using purposive sampling method. The data collected will be analyzed using descriptive analysis and EPIC model. The effectiveness measurement uses an EPIC model analysis consisting of 4 critical dimensions, namely empathy, persuasion, impact and communication. The results showed that the promotional strategy carried out by Omah Sayur MQ's through Instagram was in the form of product information, product price updates and price discounts for certain products. The information provided uses a caption that can persuade and attract consumers to buy Omah Sayur MQ products. In addition, the use of Instagram by Omah Sayur MQ is included in the effective scale range to be applied. So, suggestions that can be given to attention to the content in each post by setting or structuring the feed on every post uploaded on Omah Sayur MQ's Instagram, setting colors background with each post so that the appearance of Omah Sayur MQ' Instagram looks neat and attractive. In addition, it can also provide interesting and routine content to promote on Instagram. Then, in further research, it can test the effectiveness by using other models.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040058
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2022 06:33
Last Modified: 24 Sep 2024 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188991
[thumbnail of AYU FADILATUL MILADIAH.pdf] Text
AYU FADILATUL MILADIAH.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item