Urgensi Pengaturan Penataan Ruang Kawasan Perdesaan Yang Berbasis Kearifan Lokal Dalam Sistem Penataan Ruang Nasional Berkelanjutan

Senastri, Ni Made Jaya (2019) Urgensi Pengaturan Penataan Ruang Kawasan Perdesaan Yang Berbasis Kearifan Lokal Dalam Sistem Penataan Ruang Nasional Berkelanjutan. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan dalam bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: . Makna penataan ruang kawasan perdesaan berbasis kearifan lokal dalam sistem penataan ruang berkelanjutan merupakan perwujudan harmonisasi atau keseimbangan secara imateriil dan materiil kehidupan antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan hidup. Kearifan lokal penataan ruang kawasan perdesaan dimaknai sebagai sistem nilai, budaya, politik, hukum, ekonomi dan relegiusitas yang berfungsi menuntun pola perilaku dalam memahami ruang sebagai tempat untuk hidup bagi generasi sekarang dan generasi yang akan datang. . Pengaturan penataan ruang kawasan perdesaan berbasis kearifan lokal sangat penting sebagai pengakuan hak masyarakat perdesaan karena pengaturan penataan ruang kawasan perdesaan yang hanya bersifat formal legalistik tanpa memperhatikan kearifan lokal sebagai nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat perdesaan dapat mengancam kelestarian, kemanfaatan dan keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam di kawasan perdesaan. Sesungguhnya pengaturan penataan ruang kawasan perdesaan yang berkearifan lokal bertujuan melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari untuk kepentingan setiap generasi dan menjadi dasar dalam perencanaan, pemanfaatan, pengendalian penataan ruang nasional berkelanjutan.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/346.045/SEN/u/2019/061911372
Uncontrolled Keywords: CITY PLANNING LAW
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.045 Regional and local community planning
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:13
Last Modified: 26 Jan 2022 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188902
[thumbnail of Ni Made Jaya Senastri (2).pdf]
Preview
Text
Ni Made Jaya Senastri (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item