Peranan Total Factor Productivity Dan Ketergantungan Spasial Terhadap Konvergensi Pendapatan Perkapita (Studi Kasus Kabupaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Tengah)

Ladjin, Nurjanna (2019) Peranan Total Factor Productivity Dan Ketergantungan Spasial Terhadap Konvergensi Pendapatan Perkapita (Studi Kasus Kabupaten/Kota Di Provinsi Sulawesi Tengah). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis total factor productivity dan ketergantungan spasial terhadap konvergensi pendapatan perkapita kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2007-2017. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spatial Weight Matrix, Exploratory Spatial Data Analysis (ESDA) dan Spatial Durbin Model (SDM). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan pertumbuhan total faktor productivity mempercepat proses konvergensi pendapatan perkapita kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah.Secara geografis, kabupaten/kota yang berdekatan tidak memberi dampak terjadinya konvergensi pertumbuhan ekonomi antar kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah atau tidak terjadi spatial spillover pendapatan perkapita terhadap pertumbuhan ekonomi suatu kabupaten/kota di Sulawesi Tengah. Hal tersebut menyebabkan kecenderungan terjadinya polarisasi atau klusterisasi PDRB Perkapita sehingga memunculkan two spatial regimes. Pertama, klub tengah atau pusat (core) membujur dari dari wilayah tengah selatan ke utara, yang dimulai dari kota Palu, Donggala,Morowali, Morowali Utara, Banggai dan kabupaten Parigi Moutong. Kedua, Klub pinggiran (periphery) yang berada di wilayah bagian barat dan timur. Klub ini merupakan daerah-daerah miskin yang dikelilingi oleh daerah-daerah miskin pula.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/338.06/lad/p/2019/061911337
Uncontrolled Keywords: total factor productivity, ketergantungan spasial, konvergensi per kapita
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.06 Production efficiency
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:39
Last Modified: 26 Jan 2022 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188882
[thumbnail of Nurjanna Ladjin.pdf]
Preview
Text
Nurjanna Ladjin.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item