Pengaruh Green Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Freeya Coffee Kediri

Basyir, Habibi Habibullah (2020) Pengaruh Green Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Freeya Coffee Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejak beberapa tahun terakhir green marketing telah menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan di seluruh dunia khususnya di negara-negara Asia (Awan & Wamiq, 2016). Meningkatnya kesadaran dan kepedulian konsumen terhadap lingkungan, baik di tingkat individu maupun industri menjadi faktor utama terjadinya fenomena tersebut. Pada sebuah studi terhadap 16 negara, lebih dari 50% konsumen di masing-masing negara mengindikasikan bahwa mereka peduli terhadap lingkungan dan telah memodifikasi perilaku mereka, termasuk di dalamnya perilaku pembelian (Ottman, 2011). Ketika permintaan pasar berubah, banyak perusahaan mulai melihat ini sebagai peluang untuk dieksploitasi. Angka-angka tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan yang memasarkan produk dengan karakteristik lingkungan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan dengan produk sejenis (Polonsky, 2011). Salah satu perusahaan yang memanfaatkan green marketing adalah Freeya Coffee. Berada di tengah-tengah ketatnya persaingan industri kopi di Jawa Timur, khususnya di Kota Kediri, kedai kopi ini mengimplementasikan green marketing sebagai strategi untuk memberikan kepuasan bagi konsumennya. Meski begitu, nyatanya produk yang telah dimodifikasi seringkali tidak laku di pasar karena tidak sesuai oleh selera konsumen, selain itu harga yang ditawarkan oleh produk yang mengimplementasikan green marketing cenderung lebih mahal dari produk sejenis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh green marketing yang dianalisis melalui dimensi green product, green price, green place dan green promotion terhadap kepuasan konsumen Freeya Coffee Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di Freeya Coffee pada bulan Juni 2020 hingga Desember 2020. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, dengan mengacu pada rumus hair et al untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Analisis yang digunakan pada studi ini berupa analisis vi deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square). Hasil penelitian menunujukan adanya pengaruh dari tiga dimensi dalam green marketing yaitu green product, green place, green promotion terhadap kepuasan konsumen. Green product ditemukan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen Freeya Coffee secara positif dan signifikan dengan besaran nilai koefisien jalur 0.25. Selain itu, green place dan green promotion, masing-masing ditemukan memiliki pengaruh terhadap kepusan konsumen Freeya Coffee dengan nilai koefisien jalur secara berurutan 0.29 dan 0.28. adapun green price, ditemukan memiliki hasil yang berbeda dari ketiga variable sebelumnya, hasil peneletian menunjukkan bahwa variable green price tidak berpengararuh secara signifikan terhadap variable kepuasan konsumen Freeya Coffee. Saran yang diberikan penelitian ini kepada produsen agar dapat memperbaiki kembali strategi green price yang dijalankan agar produk ramah lingkungan dapat bersaing dengan produk sejenis. Penelitian selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai refrensi untuk melakukan penelitian sejenis, selain menggunakan objek dan lokasi penelitian yang berbeda, disarankan untuk memperluas variable dalam dimensi green marketing yang digunakan menjadi variable 7P (product, price, place, promotion, process, people, dan physical evidence).

English Abstract

Since the last few years green marketing has shown promising growth around the world, especially in Asian countries (Awan, & Wamiq, 2016). Increased consumer awareness and concern for the environment, both at the individual and industrial level is a major faktor in the occurrence of this phenomenon. In a study of 16 countries, more than 50% of consumers in each country indicated that they care about the environment and have modified their behavior, including buying behavior (Ottman, 2011). As market demand changed, many companies began to see this as an opportunity to be exploited. These numbers indicate that companies that market products with environmental characteristics have a competitive advantage over companies with similar products (Polonsky, 2011). One company that takes advantage of green marketing is Freeya Coffee. Being in the intense competition in the coffee industry in East Java, especially in the City of Kediri, this coffee shop implements green marketing as a strategy to provide satisfaction to its consumers. Even so, in fact products that have been modified often do not sell well in the market because they are not suitable for consumer tastes, besides that the prices offered by products that implement green marketing tend to be more expensive than similar products. Therefore, this study aims to see the effect of green marketing which is analyzed through the dimensions of green product, green price, green place and green promotion on customer satisfaction in Freeya Coffee Kediri. This research was conducted at Freeya Coffee from June 2020 to December 2020. The samples in this study used the accidental sampling technique, referring to the hair et al formula to determine the number of research samples. The analysis used in this study is a quantitative descriptive analysis using SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) analysis tools. The results show the influence of three dimensions in green marketing, namely green product, green place, green promotion on customer satisfaction. Green products were found to affect Freeya Coffee customer satisfaction positively and viii significantly with a path coefficient of 0.25. In addition, green place and green promotion, respectively, were found to have an influence on Freeya Coffee consumer decisions with path coefficient values of 0.29 and 0.28, respectively. As for the green price, it was found to have different results from the three previous variables. The results showed that the green price variable did not have a significant effect on the consumer satisfaction variable of Freeya Coffee. The advice given by this research to producers is to improve their green price strategy so that environmentally friendly products can compete with similar products. Further research can make this research a reference for conducting similar research, in addition to using different research objects and locations, it is advisable to expand the variables in green marketing which are the 7P variables (product, price, place, promotion, process, people, and physical evidence.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520040103
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:11
Last Modified: 17 Apr 2023 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188878
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165040107113008 - Habibi Habibullah Basyir.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item