Dampak Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Berbasis Pertanian Yogyakarta

Masitoh, Rahma Nur (2021) Dampak Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Berbasis Pertanian Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata bagi wisatawan dikarenakan pada daerah tersebut memiliki tempat wisata yang cukup banyak jumlahnya. Pada lokasi wisata, para wisatawan dapat menggunakan teknologi digital untuk membagi pengalaman wisatanya kepada masyarakat lainnya, sedangkan bagi pelaku bisnis di bidang wisata, teknologi digital dapat digunakan sebagai media promosi untuk memperkenalkan destinasi wisata yang dimilikinya. Kegiatan tersebut dapat dinamakan sebagai kegiatan Electronic Word of Mouth (e-WOM) yang diartikan sebagai pernyataan berdasarkan pengalaman baik pernyataan dalam bentuk positif, negatif, maupun netral dari seseorang yang telah memiliki pengalaman dalam penggunaan barang maupun jasa layanan yang ada di internet (Touran et al., 2018). Kegiatan e-WOM menjadi salah satu yang mempengaruhi keputusan berkunjung bagi wisatawan lainnya dikarenakan adanya opini maupun keterangan lain yang didapatkan dari masyarakat yang telah berkunjung maupun dari pemilik bisnis wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penilaian komentar (ulasan) serta rating di internet terhadap wisata berbasis pertanian Yogyakarta dan menganalisis dampak dimensi e-WOM terhadap keputusan berkunjung di wisata berbasis pertanian Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Mei 2020 di wisata berbasis pertanian Yogyakarta yang ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata yang diminati oleh wisatawan mancanegara maupun domestik. Yogyakarta memiliki wisata alam berbasis pertanian yang sudah dikenal melalui keindahan panoramanya sehigga menjadikan tempat tersebut memiliki keunikan tersendiri. Sampel yang digunakan sebanyak 124 responden yang ditentukan melalui pendekatan Cohen untuk mengetahui jumlah minimal sampel yang dapat digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara melalui daftar pertanyaan yang ada dikuesioner dan dianalisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling-Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan dan rating dari pengunjung yang terdapat di internet memberikan manfaat yaitu sebagai tambahan informasi untuk mempermudah pengunjung dalam menemukan segala hal mengenai keenam wisata berbasis pertanian yang ingin dikunjungi meliputi meliputi Seribu Batu Songgo Langit, Bukit Wisata Pulepayung, Wisata Kalibiru, Agro Bhumi Merapi, Desa Wisata Pulesari, dan Kampung Fory Jogja. Aplikasi google maps berperan dalam memudahkan pengunjung untuk menemukan lokasi tempat wisata yang akan dituju, selain itu aplikasi google maps juga berperan sebagai media promosi bagi pemilik tempat wisata. Adapun dampak yang diberikan dari adanya e-WOM terhadap keputusan berkunjung di wisata berbasis pertanian Yogyakarta memiliki tiga dimensi yakni intensitas merupakan banyaknya pendapat yang ditulis oleh konsumen dalam sebuah situs jejaring sosial, valensi opini merupakan pendapat konsumen baik positif maupun negatif mengenai produk, jasa, dan brand, dan konten merupakan isi dari situs jejaring sosial berkaitan dengan produk dan jasa v Indikator dari konten. Berdasarkan hasil analisis, dimensi intensitas, valensi opini, dan konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan yang ditunjukan dengan nilai koefisien jalur bernilai intensitas sebesar 0,415, valensi opini sebesar 0,291, dan konten sebesar 0,161 serta nilai p-value intensitas dan valensi opini bernilai ≤0,001, serta nilai p-value konten bernilai ≤0,05. Hasil nilai R-squared yang dihasilkan dalam penelitian sebesar 0,415 yang termasuk dalam kriteria model kuat (≤0,70). Adapun saran untuk pengelola semua wisata berbasis pertanian Yogyakarta dapat memaksimalkan sistem informasi melalui media social. Pengelola diharapkan meningkatkan pentingnya peran Electronic Word of Mouth (e-WOM) di masyarakat. Pengelola juga diharapkan meningkatkan kemampuan manajemen operasional.

English Abstract

The Special Region of Yogyakarta is one area that is often used as a tourist destination for tourists because the area has quite a number of tourist attractions. At tourist sites, tourists can use digital technology to share their travel experiences with other people, while for business people in the tourism sector, digital technology can be used as a promotional medium to introduce their tourist destinations. These activities can be referred to as Electronic Word of Mouth (e- WOM) activities which are interpreted as statements based on experience, both positive, negative, and neutral statements from someone who has experience in using goods and services on the internet (Touran et al. al., 2018). The e-WOM activity is one that influences the decision to visit for other tourists due to opinions and other information obtained from people who have visited and from tourism business owners. The purpose of this study is to identify the assessment of comments (reviews) and ratings on the internet on Yogyakarta agriculture-based tourism and analyze the impact of the e-WOM dimension on the decision to visit Yogyakarta agriculture-based tourism. This research was conducted in April – May 2020 in Yogyakarta agriculture-based tourism which was determined purposively sampling with the consideration that Yogyakarta is one of the tourist attractions that are in demand by foreign and domestic tourists. Yogyakarta has agriculture-based nature tourism which is well known through its beautiful panorama so that it makes the place has its own uniqueness. The sample used was 124 respondents who were determined through the Cohen approach to determine the minimum number of samples that could be used. The data collection technique used was interviews through a list of questions in the questionnaire and analyzed using the SEM (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) method. The results show that reviews and ratings from visitors on the internet provide benefits, namely as additional information to make it easier for visitors to find everything about the six agriculture-based tours they want to visit, including the Thousand Stones of Songgo Langit, Pulepayung Tourism Hill, Kalibiru Tourism, Agro Bhumi Merapi, Pulesari Tourism Village, and Fory Jogja Village. The google maps application plays a role in making it easier for visitors to find the location of the tourist attractions to be addressed, besides that the google maps application also acts as a promotional medium for tourist attractions owners. The impact given by the existence of e-WOM on the decision to visit Yogyakarta agriculture-based tourism has three dimensions, namely intensity is the number of opinions written by consumers on a social networking site, opinion valence is consumer opinions both positive and negative about products, services, and brand, and content is the content of social networking sites related to products and services Indicators of content. Based on the results of the analysis, the dimensions of intensity, opinion valence, and content have a positive and significant effect on the decision to visit tourists as indicated by the path coefficient value with an intensity value of 0.415, opinion valence of 0.291, and content of 0.161 and the pvalue of intensity and opinion valence worth 0.001, and the p-value of the content vii is 0.05. The result of the R-squared value generated in the study was 0.415 which was included in the strong model criteria (≤0.70). As for suggestions for managers of all Yogyakarta agriculture-based tourism can maximize information systems through social media. Managers are expected to increase the importance of the role of Electronic Word of Mouth (e- WOM) in society. Managers are also expected to improve operational management capabilities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040036
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:33
Last Modified: 02 Oct 2024 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188871
[thumbnail of fix-Rahma Nur Masitoh.pdf] Text
fix-Rahma Nur Masitoh.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item