Pengaruh Lama Thawing Terhadap Kualitas Semen Beku Sapi Frisien Holstein

Sari, Devi Novia and Prof. Dr. Ir. Muhammad Nur Ihsan., MS (2021) Pengaruh Lama Thawing Terhadap Kualitas Semen Beku Sapi Frisien Holstein. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan produktivitas ternak dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan Inseminasi Buatan. Keberhasilan IB dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya kualitas semen, proses thawing, serta kondisi fisiologis ternak betina akseptor. Thawing merupakan prosedur paling penting dalam IB, karena dibutuhkan suhu dan waktu yang tepat untuk menjaga kualitas semen. Namun, faktor kemudahan pelaksanaan di lapang menjadi pertimbangan inseminator dalam thawing. Pelaksanaan thawing menggunakan air sumur atau keran dengan suhu 250C akan memudahkan para inseminator di lapangan dan lebih efisien dan praktis. Faktor waktu juga perlu diperhatikan untuk menghindari penurunan motilitas dan daya hidup spermatozoa pasca thawing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama thawing terhadap kualitas semen sapi Frisien Holstein. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai lama thawing yang tepat pada sapi perah FH dan dapat menjadi referensi bagi akademisi dan inseminator di lapang. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah semen beku sapi Frisien Holstein. Metode yang digunakan adalah percobaan laboratorium yang terdiri dari tiga perlakuan yaitu 20, 40, dan 60 detik dengan 10 kali ulangan. Variabel yang diamati adalah motilitas, viabilitas, dan abnormalitas. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA), apabila data yang diperoleh menunjukkan hasil yang berbeda dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lama thawing spermatozoa sapi FH pada suhu 250C memberikan pengaruh sangat nyata terhadap motilitas spermatozoa menunjukkan adanya penurunan persentase motilitas pasca thawing (P<0,01). Rata-rata persentase motilitas tertinggi didapatkan pada thawing dengan waktu 40 detik sebesar 51,6±5,50%. Viabilitas spermatozoa menunjukkan adanya peningkatan nilai yang signifikan (P<0,05). Rata-rata persentase viabilitas tertinggi diperoleh pada lama thawing 60 detik dengan nilai 76,97±3,30%. Abnormalitas spermatozoa menunjukkan adanya penurunan nilai yang signifikan (P<0,05). Rata-rata persentase abnormalitas dengan hasil yang terbaik didapatkan pada lama thawing 40 detik yaitu sebesar 4,02±1,02%, Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lama thawing 20 detik merupakan waktu yang dapat diterapkan di lapang dengan nilai motilitas, viabilitas dan abnormalitas yaitu 40±4,41%, 69±5,58%, 7,61±3,55%. Penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut di daerah sentra sapi perah yang lain seperti Pujon, sehingga dapat diketahui adanya kualitas semen yang optimal dalam pelaksanaan IB pada sapi perah.

English Abstract

The purpose of this research was to find the effect of thawing time on frozen semen quality of Frisien Holstein bulls. The material used is 40 straw frozen semen of Frisien Holstein from the male dairy cows BBIB Singosari. Materials and tools used are eosin-negrosin solution, water bath, microscope, glass objects, cover glass, container of liquid nitrogen gas, micrpipette, hand tally counter, scissors, tissue. This research method used was experimental laboratory. Thawing time treatments were 20, 40, and 60 second at 250C replication were 10. The variable include sperm motility, viability, and abnormality. The data were analyzed by using analysis of variance (ANOVA). If the data showed a significant difference, it was continued by Duncan Multiple Range Test. The result showed that thawing time was highly significant different (P<0,01) to sperm motility. While the thawing time has a significanly (P<0,05) to sperm viability and abnormality. This research conclude that thawing at 20 second was optimal time in the implementation of thawing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050249
Uncontrolled Keywords: Friesien bulls, frozen semen, semen quality
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:38
Last Modified: 08 Oct 2024 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188777
[thumbnail of Devi Novia Sari..pdf] Text
Devi Novia Sari..pdf

Download (879kB)

Actions (login required)

View Item View Item