Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembeli Produk Chicken Frozen Food

Banurea, Dian Fronika and Dr. Ir. Umi Wisaptiningsih Suwandi,, MS (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembeli Produk Chicken Frozen Food. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pengolahan daging dalam negeri mengalami pertumbuhan produksi rata-rata sebesar 10 sampai 15 persen. Masyarakat di negara berkembang, khususnya Indonesia, mulai mengikuti pola konsumsi di negara-negara maju, yaitu mengkonsumsi daging olahan sebagai makanan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan pangan dengan produk daging olahan yang bergizi, higienis, praktis, mudah dalam penyajiannya, hemat waktu dan mudah didapat. Hal ini didukung dengan adanya produk makanan olahan beku (frozen food). Semakin banyaknya perusahaan yang mengembangkan usaha ke arah makanan olahan beku menyebabkan konsumen lebih bebas memilih produk chicken nugget sesuai selera dan keinginan konsumen.Tujuan dari penelitian ini antara lain: Menganalisis apa saja faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap pembelian produk chicken frozen fooddan Mengetahui Sikap apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen ketika akan melakukan pembelian produk chicken frozen food. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai data utama yang kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sebagai metode analisis, untuk mengurangi subjektifitas penulis dalam proses analisis juga melihat dari literatur lain seperti: berita, artikel, jurnal ilmiah, penelitian (tesis dan skripsi), proceedings, dan buku yang terkait dan disesuaikan dengan pembahasan data utama. Hasil penelitian perkembangan industri makanan olahan saat ini semakin meningkat diakibatkan daya beli konsumen yang meningkat dan perubahan pola hidup masyarakat Indonesia yang beralih dari produk makanan segar ke produk siap saji seperti frozen food. Frozen food merupakan olahan makanan instan beku yang tahan lama dan mudah dalam penyajiannya. Saat ini produk olahan daging ayam maupun sapi seperti frozen food menjadi pasar yang menjanjikan di Indonesia.Ada banyak merek nugget yang beredar di pasar Indonesia, dengan banyaknya merek nugget di Indonesia, maka Frontier Consulting Group melakukan riset untuk mengetahui merek mana yangmenjadi Top Brand di Indonesia. Merk atau brand yang dikenal oleh masyarakat adalah brand Fiesta, So Good, Belfoods, Kanzler, Goldstar, Akumo, Okey. Brand ini mempunyai ragam product frozen food seperti sosis, nugget, bakso, siomay, kentang, dan chicken wings. Keputusan pembelian produk oleh konsumen pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap pembelian produk chicken frozen food berdasarkan keputusan pembelian, produk, harga, tempat, dan promosi. Kualitas olahan makanan ayam berdasarka merek, rasa, kemasan, dan harga akan mempengaruhi perilaku pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa faktor yang paling penting dalam mempengaruhi keputusan pembeli produk chicken frozen food dalam memilih produk frozen food berturut-turut adalah rasa, harga, kemasan, merek dilihat dan dibandingan dari merek Champ, Fiesta, So Good , dan juga Belfoods. Diharapkan Pembeli chicken frozen food dapat mempertimbangkan faktor-faktor pemilihan makanan yag sehat, bersih, dan terjamin kualitasnya. Pengusaha chicken frozen food dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli produk chicken frozen food.

English Abstract

The domestic meat processing industry experienced an average production growth of 10 to 15 percent. The objectives of this study include: Analyzing what factors influence consumers to purchase chicken frozen food products and what attitudes are considered by consumers when they buy frozen food products.This study uses secondary data as the main data which is then processed and analyzed descriptively with a qualitative approach. Frozen food is processed frozen instant food that is durable and easy to serve. Currently, processed chicken and beef products such as frozen food are a promising market in Indonesia. Many nugget brands are circulating in the Indonesian market, with so many nugget brands in Indonesia, Frontier Consulting Group researches to find out which brands are the Top Brands in Indonesia. Brands or brands that are known by the public are the Fiesta, So Good, Belfoods, Kanzler, Goldstar, Akumo, Okey. These brands have a variety of frozen food products such as sausages, nuggets, meatballs, dumplings, potatoes, and chicken wings. Consumers' product purchasing decisions are basically influenced by two main factors which are external and internal factors. Factors influencing consumers to purchase chicken frozen food products are based on purchasing decisions, product, price, place, and promotion. The quality of processed chicken food based on brand, taste, packaging, and the price will affect purchasing behavior.This study concludes that the most important factors in influencing the buyer's decision in choosing frozen food products, are taste, price, packaging, brands, and comparisons from the Champ, Fiesta, So Good, and Belfoods brands. It is as expected that buyers of frozen food can consider the factors for choosing healthy, clean, and guaranteed food. Chicken frozen food entrepreneurs can consider the factors that influence the decision of buyers of frozen food products

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521050246
Uncontrolled Keywords: Meat, instant food, frozen food
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:15
Last Modified: 22 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188768
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dian Fronika Banurea.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item