Penerapan Target Costing Pada Produk Manisan Mangga Berbasis Online Di Umkm Sumber Rejeki Kabupaten Tangerang

Proborini, Satwika Laksmi (2021) Penerapan Target Costing Pada Produk Manisan Mangga Berbasis Online Di Umkm Sumber Rejeki Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM Sumber Rejeki merupakan salah satu industri rumah tangga yang mengolah hasil pertanian yaitu buah mangga menjadi produk manisan mangga. Terdapatnya produk yang serupa membuat persaingan semakin ketat antar pengusaha. Hadirnya kompetitor-kompetitor baru yang mengakibatkan UMKM Sumber Rejeki harus menyesuaikan harga jual manisan mangga dengan harga yang sama yang ada dipasaran. Hal tersebut membuat semakin sulitnya UMKM Sumber Rejeki dalam mencapai target laba yang mereka harapkan. Selain itu perhitungan biaya yang perusahaan terapkan yaitu dengan menggunakan metode standard costing belum dapat menghasilkan biaya yang efisien, sehingga masih terdapat biaya yang cukup besar untuk dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mendeskripsikan perbandingan pemasaran secara online dan pemasaran offline yang telah dilakukan oleh UMKM Sumber Rejeki dan menganalisis perbandingan hasil perhitungan biaya produksi dan laba dengan penerapan metode standard costing dan metode target costing pada UMKM Sumber Rejeki. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis perhitungan biaya-biaya dengan metode standard costing dan metode target costing. Penelitian ini dilakukan di UMKM Sumber Rejeki yang berada di Perumahan Jaya Imperial Park, Cluster Imperial Green Blok Extention No. IGN L01, Jalan Raya Mauk KM 11 Kelurahan Sepatan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Penentuan lokasi penelitian ini dipilih secara purposive (sengaja). Penentuan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling, responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan key informant yaitu pemilik dari perusahaan UMKM Sumber Rejeki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdapat 2 macam teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif yang menggunakan metode standard costing dan metode target costing dan penggunaan analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perbandingan hasil perhitungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemasaran berbasis offline dan online yang dilakukan oleh UMKM Sumber Rejeki memiliki presentase perbandingan sebesar 2%:98%. Pemasaran berbasis offline dilakukan dengan menggunakan berbagai macam strategi pemasaran yaitu pemasaran dari mulut ke mulut, pemberian tester/ sampel, pemasangan banner, dan konsinyasi. Pemasaran berbasis online dilakukan dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Whatsapp selain itu juga pemasaran berbasis online dilakukan dengan memanfaatkan beberapa marketplace seperti Lazada, shopee, dan Tokopedia. Total biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan pada tahun 2020 ii untuk memproduksi manisan mangga pada tahun 2020 dengan menggunakan metode standard costing yaitu sebesar Rp 373.106.484 atau setara dengan Rp 9.667 per kemasan. Laba bersih yang didapatkan dari penjualan manisan mangga pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 21.536.716 dengan margin profit sebesar 3,3% yang menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu mencapai target laba yang diharapkan oleh perusahaan yaitu sebesar 10%. Sementara itu hasil perhitungan total biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi manisan mangga dengan menggunakan metode target costing yaitu sebesar Rp Rp 328.927.092 atau setara dengan Rp 8.516 per kemasan dengan laba bersih yang didapatkan dari penjualan manisan mangga pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 65.632.908 dengan margin profit setelah dilakukannya rekayasa nilai sebesar 14% yang menunjukkan bahwa perhitungan biaya menggunakan metode target costing dapat mencapai target laba perusahaan yang diharapkan yaitu sebesar 10%. Berdasarkan hasil perbandingan dari kedua metode tersebut bahwa terdapat selisih biaya sebesar Rp 18.180.864 yang menunjukkan bahwa metode target costing mampu menghemat biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan menekan dibeberapa komponen biaya tanpa mengurangi kualitas produk tersebut. Sehingga penggunaan metode target costing melalui alternatif-alternatif yang telah diberikan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan UMKM Sumber Rejeki dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan perusahaannya.

English Abstract

UMKM Sumber Rejeki is one of the home industries that process agricultural products, namely mangoes into manisan mango products. The existence of similar products makes competition even tighter among entrepreneurs. The presence of new competitors has resulted in UMKM Sumber Rejeki having to adjust the selling price of candied mangoes at the same price on the market. This makes it increasingly difficult for UMKM Sumber Rejeki to achieve the profit targets they expect. In addition, the cost calculation that the company applies using the standard costing method has not been able to produce efficient costs, so there are still costs that are large enough to be incurred by the company. The purpose of this research is to describe the comparison of online marketing and offline marketing that has been carried out by UMKM Sumber Rejeki and to analyze the comparison of the results of the calculation of production costs and profits by applying the standard costing method and the target costing method at UMKM Sumber Rejeki. This study uses a quantitative approach that is used to analyze the calculation of costs using the standard costing method and the target costing method. This research was conducted at UMKM Sumber Rejeki which is located in Jaya Imperial Park Housing, Imperial Green Cluster Extension Block No. IGN L01, Jalan Raya Mauk KM 11, Sepatan Village, Sepatan District, Tangerang Regency. The location of this research was chosen purposively (deliberately). Determination of respondents is done by purposive sampling technique, the respondents used in this study are key informants, namely the owner of the UMKM Sumber Rejeki company. The data collection technique used in this research is to conduct interviews. There are 2 kinds of data analysis techniques used in this study, namely quantitative analysis using the standard costing method and the target costing method and the use of descriptive analysis used to describe the comparison of the calculation results. The results of this study indicate that the offline and online-based marketing system carried out by UMKM Sumber Rejeki has a comparison percentage of 2%: 98%. Offline-based marketing is carried out using various marketing strategies, namely word of mouth marketing, giving testers / samples, installing banners, and consignment. Online-based marketing is done by utilizing social media such as Facebook, Instagram, TikTok, and Whatsapp. In addition, online-based marketing is carried out by utilizing several marketplaces such as Lazada, Shopee, and Tokopedia. The total production costs incurred by the company in 2020 to produce manisan mango in 2020 using the standard costing method are Rp 373,106,484 or equivalent to Rp 9,667 per package. The net profit obtained from the sale of manisan mango in 2020 was Rp. 21,536,716 with a profit margin of 3.3%, which indicates that the company has not been able to achieve the profit target expected by the company, which is 10%. Meanwhile, the results of the calculation of the total production costs incurred by the company to produce manisan mango using the iv target costing method are Rp. 328,927,092 or equivalent to Rp. 8,516 per package with the net profit obtained from selling manisan mango in 2020, which is Rp 65,632. 908 with a profit margin after value engineering of 14% which indicates that the cost calculation using the target costing method can achieve the company's expected target profit of 10%. Based on the results of the comparison of the two methods, there is a cost difference of Rp 18,180,864 which indicates that the target costing method is able to save costs incurred by the company by suppressing several cost components without reducing the quality of the product. So that the use of the target costing method through the alternatives that have been given can be used as consideration for the UMKM Sumber Rejeki in making decisions to develop their company.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040011
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:54
Last Modified: 23 Feb 2022 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188762
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
145040101111088 - SATWIKA LAKSMI PROBORINI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item