Pemahaman Karyawan Dalam Penerapan Bisnis Hijau (Green Business) Pada E-Commerce Kecipir

Laksmi, Aulya Nada Ayu (2021) Pemahaman Karyawan Dalam Penerapan Bisnis Hijau (Green Business) Pada E-Commerce Kecipir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut Jambeck (2015), terdapat 3 juta ton sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik, sekitar 0,8-1,2 juta mencemari laut, menempatkan Indonesia sebagai negara ke-2 penyumbang sampah plastik terbanyak yang masuk ke laut setelah China. Dampak pencemaran lingkungan tersebut membuat keinginan untuk go green telah tumbuh ke tingkat organisasi. Bisnis hijau merupakan bentuk kepedulian perusahaan-perusahaan di dunia untuk melindungi dan melestarikan lingkungan dengan meminimalkan dampak negatif terhadap masyarakat, lingkungan sekitar, dan perekonomian. Namun untuk dapat menerapkan bisnis hijau agar dampaknya dapat dirasakan masyarakat lokal dan global, dimulai dari orang-orang di belakang layar, termasuk karyawan. Ketika seorang karyawan dengan jelas memahami tujuan strategis organisasi mereka, pemahaman tentang tujuan tersebut dapat memungkinkan organisasi untuk mengembangkan jenis budaya organisasi yang diinginkan, yang akan mendukung pelaksanaan tujuan tersebut. Kecipir merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang menerapkan green business pada bisnisnya. Sejak awal, Kecipir memiliki prinsip untuk hanya menjual produk lokal, organik, dan segar yang sesuai dengan konsep bisnis hijau, menjadikan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman karyawan tentang penerapan green business di Kecipir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data interaktif Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa karyawan memahami bisnis hijau yang dapat dijelaskan melalui 7 tingkat pemahaman; 1) menginterpretasi bisnis hijau sebagai bisnis yang peduli terhadap lingkungan; 2) memberikan contoh bisnis hijau dengan aktivitas yang dilakukan di dalam perusahaan, yaitu dengan melakukan pemilahan sampah, pembuatan program ramah lingkungan, dan penggunaan trasnportasi umum; 3) menggolongkan bisnis hijau sesuai dengan divisi masing-masing, yaitu divisi marketing, operasional, finance, dan IT; 4) meringkas bisnis hijau dengan menyebutkan implementasi bisnis hijau berkonsentrasi pada produk dan jasa yang ramah lingkungan dengan menggunakan produk-produk organik dan menghindari bahan berbau plastik; 5) menyimpulkan bisnis hijau sebagai bisnis yang memiliki tujuan untuk terpeliharanya lingkungan dalam jangka panjang; 6) bisnis hijau dibandingkan dengan bisnis non-hijau adalah bisnis memilki nilai yang lebih unggul, yaitu usahanya dalam memperhatikan lingkungan sekitar dengan mengendalikan sampah/limbah yang ditimbulkan oleh perusahaan; dan 7) menjelaskan bisnis hijau sebagai bisnis yang sangat penting untuk diterapkan oleh perusahaan karena bisnis hijau memiliki manfaat diantaranya adalah kredibilitas/reputasi dan kelangsungan hidup jangka panjang.

English Abstract

According to Jambeck (2015) 3 million ton mismanaged plastic waste 0,8-1,2 million pollutes the ocean, placing Indonesia as a 2nd country as the most plastic waste contributor to enter the ocean after China. The impact of such environmental pollution makes the desire to go green has grown to the organizational level. Green business is a form of concern from companies in the world to protect and preserve the environment by minimizing negative impacts on society, the surrounding environment and the economy. But to be able to implement green business for its impact on the community locally and globally, it starts with the people behind the scenes, including employees. When an employee clearly understands the strategic goals of their organization, an understanding of such goals can enable the organization to develop the kind of desired organizational culture, one that will support the implementation of those goals. Kecipir is one of many companies that implement green business on their strategic business. Since the start, Kecipir had a principle to only sell local, organic, and fresh product which suitable a green business concept. That will make the purpose of this study is to describe the employee’s understanding of green business implementation at Kecipir. The approach used in this study is a qualitative approach with the determination of informants using purposive sampling method. This study uses the Miles & Huberman interactive data analysis method. The results of this study indicate that employees understand green business which can be explained through 7 levels of understanding; 1) interpret green business as a business that cares about the environment; 2) provide examples of green business with activities carried out within the company, namely by sorting waste, making environmentally friendly programs, and using public transportation; 3) classifying green businesses according to their respective divisions, namely marketing, operations, finance, and IT divisions; 4) summarize the green business by mentioning the implementation of green business concentrating on products and services that are environmentally friendly by using organic products and avoiding plastic-smelling materials; 5) conclude that green business is a business that has a goal to protect the environment in the long term; 6) green business compared to non-green business is a business that has superior value, namely its efforts to pay attention to the surrounding environment by controlling waste/waste generated by the company; and 7) explain green business as a very important business to be implemented by companies because green business has benefits including credibility/reputation and long-term viability.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040007
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:31
Last Modified: 24 Feb 2022 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188756
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
145040100111044 - AULYA NADA AYU LAKSMI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item