Optimalisasi Sistem Operasional Koperasi Dalam Kesejahteraan Ekonomi Anggota Di Cu Sawiran (Studi Kasus: Di Credit Union Sawiran Tp Batu)

Lestari, Deni Putri (2021) Optimalisasi Sistem Operasional Koperasi Dalam Kesejahteraan Ekonomi Anggota Di Cu Sawiran (Studi Kasus: Di Credit Union Sawiran Tp Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan tentang asumsi apakah sebuah lembaga seperti credit union yang sudah lama berdiri dan berbuat untuk masyarakat benar-benar telah berhasil dalam memberikan kesejahteraan bagi anggota, atau mungkin masih belum bisa sehingga pada akhirnya kita membuktikan bahwa umur sebuah lembaga belum tentu memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. Kedua, berdasarkan hasil pra penelitian dengan melakukan wawancara kepada beberapa anggota CU Sawiran, peneliti menemukan adanya perbedaan pengakuan dari beberapa anggota tentang tingkat kesejahteraannya akibat dari pelaksanaan optimalisasi sistem operasional. Dari beberapa anggota CU Sawiran mengaku bahwa cukup mendapatkan dampak yang positif akibat adanya kebijakan optimalisasi sistem operasional terhadap tingkat kesejahteraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan oleh Adisasmita (2013) yaitu untuk menilai kesejahteraan anggota adalah dengan melihat total Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh organisasi. Ketika total SHU yang diperoleh pada tahun tertentu lebih besar dari total SHU yang diperoleh pada tahun sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa anggota mengalami peningkatan kesejahteraan. Begitupula sebaliknya. Semakin tinggi total SHU yang diperoleh oleh koperasi, maka semakin tinggi pula jumlah penerimaan rata-rata SHU untuk setiap anggota. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun tahun 2020, anggota CU Sawiran mengalami peningkatan kesejahteraan walaupun peningkatan tersebut sangat kecil. Karena dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah SHU yang diperoleh CU Sawiran ditahun 2020 yang dimana jumlah jumlah SHU pada tahun tersebut lebih besar daripada total SHU pada tahun 2019.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020282
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Sistem Operasional Koperasi, Kesejahteraan Ekonomi Anggota.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:41
Last Modified: 24 Feb 2022 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188672
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175020400111038 - Deni Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item