Pengaruh Pofitabilitas, Tipe Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2017-2019

Aritonang, Yeyen Sarmauli (2021) Pengaruh Pofitabilitas, Tipe Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2017-2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai determinan pengungkapan Corporate social Responsibility (CSR) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2017-2019. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh profitabilitas, tipe perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan 229 sampel dengan total populasi sebanyak 663 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria tertentu. Data yang digunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan CSR perusahaan tahun 2017-2019. Metode analisis data menggunakkan regresi linear berganda dengan memiliki satu variable dependen dan tiga variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan namun memiliki arah positif terhadap pengungkapan CSR sehingga, apabila penambahan nilai profitabilitas maka perusahaan akan mengingkatkan pengungkapan CSR, (2) tipe perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR dan memiliki nilai negativ, maka setiap penambahan nilai tipe perusahaan akan menurunkan tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan, (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan CSR, sehingga setiap penambahan nilai ukuran perusahaan akan meningkatkan pengungkapan CSR.

English Abstract

This study analyses the Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure determinant of companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) between 2017 and 2019, and aims to empirically test the effect of profitability, type of company, and company size on corporate social responsibility (CSR) disclosure. This study involves 229 samples from the total population of 663 companies, selected through purposive sampling based on pre-determined criteria. The secondary data are acquired from the companies’ annual and CSR reports of 2017- 2019. The data are analysed by multiple linear regressions with a dependent variable and three independent variables. The result reveal that (1) profitability has no significant effect but has a positive direction on CSR disclosure, meaning that profitability value increases as CSR disclosure increases, (2) the types of companies have no significant effect on CSR disclosure and have a negative value, implying that any additional value for the type of company decreases the level of CSR disclosure, (3) company size has a significant positive effect on CSR disclosure, suggesting that the increasing value of company size leads to CSR disclosure increase.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020275
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Tipe perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Corporate Social Responsibility, Profitability, Type of Company, Company Size, Corporate Social Responsibility Disclosure.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:16
Last Modified: 25 Feb 2022 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188636
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175020300111060 - YEYEN SARMAULI ARITONANG.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item