Model Prediksi Peluang Kecelakaan Yang Melibatkan Pengguna Sepeda di Kota Malang dan Kota Blitar

Yoga, Deby Eka Prima (2017) Model Prediksi Peluang Kecelakaan Yang Melibatkan Pengguna Sepeda di Kota Malang dan Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan transportasi terutama alat transportasi membawa dampak positif bagi pemenuhan aktivitas manusia, namun disisi lain timbul dampak negatif yang diakibatkan salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data kecelakaan yang berasal dari Kepolisian Daerah Jawa Timur Tahun 2017, jumlah kecelakaan di Kota Malang selama tiga tahun terakhir cenderung meningkat, sedangkan di Kota Blitar cenderung menurun. Meski mengalami kenaikan dan penurunan namun ternyata masih ada kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda di dua kota tersebut. Tujuan dari kajian ini (1) mengetahui karakteristik pengguna sepeda di Kota Malang dan Kota Blitar, (2) mengetahui pengalaman kecelakaan pengguna sepeda di Kota Malang dan Kota Blitar, (3) membuat model prediksi peluang kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda di Kota Malang dan Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan di dua kota yaitu Kota Malang yang mewakili kota sedang dan Kota Blitar yang mewakili kota kecil. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pembagian kuesioner dan wawancara. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden untuk masing-masing kota. Sedangkan data sekunder didapat dari instansi seperti Kepolisian Daerah Jawa Timur, Bappeda, Dinas Perhubungan Kota Malang dan Kota Blitar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi dan analisis statistik regresi logistik. Analisis deskriptif frekuensi digunakan untuk mengetahui karakteristik pengguna sepeda di wilayah studi seperti karakteristik sosio-ekonomi, karakteristik pergerakan, dan karakteristik perilaku. Analisis statistik regresi logistik digunakan untuk membuat prediksi model peluang kecelakaan dengan variabel karakteristik pengguna sepeda (sosio-ekonomi, pergerakan, dan perilaku). Dari hasil survei kuesioner dan wawancara yang telah dilakukan diketahui jika mayoritas pengguna sepeda di Kota Malang pernah mengalami kecelakaan saat bersepeda, sedangkan mayoritas pengguna sepeda di Kota Blitar tidak pernah mengalami kecelakaan saat bersepeda. Dengan analisis statistik regresi logistik dibuat model peluang kecelakaan berdasarkan karakteristik sosio-ekonomi, karakteristik pergerakan, dan karakteristik perilaku. Model peluang kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda di Kota Malang dirumuskan

English Abstract

Growth of transportation especially mode of transportation bring positive effects for human activities, but the other side appear negative effects which resulted by traffic accident. Based accident data from East Java Police Departement at 2017, the number of traffic accident in Malang City last 3 years was increased. While in Blitar City tend to decreased. Despite an increase and decline, however still available accidents involving bicycles in Malang and Blitar City. The purpose of this study (1) knowing characteristic of cyclist in Malang and Blitar City, (2) knowing accident characteristic of cyclist in Malang and Blitar City, (3) modeling of probability prediction of bicycle accident involving cyclist in Malang and Blitar City. This study conducted in two cities, that is Malang City who figure medium city and Blitar City figure small city in East Java. Data needed in this study is primary and secondary data. Primary data obtained from questionnaries and interviews. The number of respondents as much 100 respondents for each cities. While the secondary data obtained from institutes like East Java Police Departement, Bappeda, Ministry of Transport of Malang and Blitar City. Method of analysis used is descriptive analysis of frequency and logistic regression statistics analysis. Descriptive analysis of frequency used to knowing characteristic of cyclist in study area such as a socio-economic background, travel characteristics and riding behavior characteristics. Logistic regression statistics analysis used to modeling of probability prediction accident with cyclist characteristic variables (socio-economic, travel and riding behavior). From questionnaire and interviews survey results which has been done is known that the majority of bicycle users in Malang City had an accident when cycling, while the majority of bicycle users in Blitar City never had an accident when cycling. By logistic regression statistics analysis made probability prediction accident models based socio-economic background, travel characteristics, and riding behavior characteristics. The model of probability prediction of bicycle accident in Malang City is

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/572/051706777
Uncontrolled Keywords: Model Peluang, Kecelakaan Sepeda, Regresi Logistik, Kota Malang Kota Blitar.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.8 Human factors and safety engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Aug 2017 03:06
Last Modified: 18 Nov 2024 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1886
[thumbnail of SKRIPSI - DEBY EKA & AHMAD RIZALDI.pdf] Text
SKRIPSI - DEBY EKA & AHMAD RIZALDI.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item