Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Brawijaya)

Widiarto, Muhammad Aldi (2021) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi besar industri marketplace di Indonesia dipengaruhi oleh gaya belanja online generasi muda yang konsumtif. Salah satu aspek yang mempengaruhi gaya belanja generasi muda adalah ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli pada Marketplace Shopee. Ekuitas Merek itu sendiri terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas. Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan bagaimana ekuitas merek mempengaruhi minat beli pelanggan secara kesuluruhan dan bagaimana tiap-tiap komponen mempengaruhi minat beli pelanggan. Metode untuk menarik sampel pada penelitian purposive sampling dengan responden sebanyak 150 orang. Teknik analisa pada penelitian ini adalah regresi linear berganda, yang bisa menunjukka seberapa signifikan minat beli pelanggan dipengaruhi ekuitas merek baik keseluruhan atau tiap-tiap elemen. Alat analisis data yang digunakan adalah IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan ekuitas merek secara keseluruhan mempengaruhi minat beli konsumen. Secara individual, kesadaran merek dan persepsi kualitas merupakan variabel yang secara signifikan mempengaruhi minat beli pelanggan

English Abstract

The huge potential of the marketplace industry in Indonesia is influenced by the consumerist online shopping style of the younger generation. One aspect that affects the shopping style of the younger generation is brand equity. The purpose of this research is to discover the impact of brand equity towards purchase Intention on Shopee Marketplace. Brand equity itself consists of brand awareness, brand association, and perceived quality. By the end of this research, it will be discovered how brand equity impacts customer’s purchase intention simultaneously and how each element of brand equity impacts customer’s purchase intention. The sampling method in this research is purposive sampling with 150 respondents. The analysis technique for this research is multiple-linear regression, that can show how significant customer’s purchase intention is influenced by brand equity simultaneously or/and individually. The data analysis tools used is IBM SPSS 26. In this research, it is shown that brand equity simultaneously influence customer’s purchase intention. Individually, brand awareness and perceived quality are variables that significantly affect customer’s purchase intention

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020265
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Brand Equity, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:02
Last Modified: 23 Feb 2022 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188593
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175020200111055 - MUHAMMAD ALDI WIDIARTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item