Pengaruh Aktivitas Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan, Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Putra, I Putu Wibaksha Aditya (2021) Pengaruh Aktivitas Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan, Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja perusahaan, dengan citra perusahaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode survei dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah 223 responden yang bekerja pada Hotel Bintang 3, 4, dan 5 di Provinsi Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam suatu entitas, ketika aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan terpenuhi maka akan terjadi suatu peningkatan citra perusahaan kepada pemangku kepentingan seperti investor, pemilik, pengguna dan masyarakat. Selanjutnya, ketika suatu citra perusahaan meningkat maka kinerja perusahaan juga akan meningkat yang ditandai dengan loyalitas stakeholders dalam membangun perusahaan. Perusahaan yang memberikan perhatian secara sosial ke masyarakat mampu memberikan pandangan positif kepada masyarakat. Selain itu, aspek ekonomi yang dilakukan dalam bentuk kerjasama antar stakeholder untuk saling mendukung dalam bidang ekonomi juga akan memberikan dampak positif terhadap pendapatan perusahaan. Selebihnya, aspek lingkungan dirasa menjadi aspek yang sangat banyak dibicarakan dimana perusahaan yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan akan mendapatan citra yang positif dari stakeholders. Pengaruh aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan terhadap kinerja perusahaan melalui citra perusahaan terbukti cukup penting. Suatu perusahaan yang memiliki citra perusahaan yang baik akan berdampak positif juga terhadap kinerja perusahaan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan laba hotel. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab atas kepentingan masyarakat yang lebih luas, tidak hanya kepentingan keuangan perusahaan saja, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya meningkatkan citra dan kinerja perusahaan melalui hubungan faktor-faktor CSR. Selain itu, juga sebagai sumbangan pemikiran dan referensi bagi pihak yang akan mengadakan kajian lebih luas tentang pengaruh CSR terhadap citra dan kinerja perusahaan, khususnya pada hotel bintang 3, 4, dan 5 di wilayah Provinsi Bali.

English Abstract

The objective of this research is to assess the effect of corporate social responsibility activities on firm performance with the moderation of corporate image. The data of this study was gathered through a survey to 223 respondents; they are employees of 3, 4, and 5-star hotels in Bali Province. This study finds that when social, economic, and environmental aspects in an entity are fulfilled, the image of the companies in the stakeholders, i.e. investors, owners, users, and the community, will increase. Further, the increasing image enhances firm performance, marked by stakeholders’ loyalty in developing the company, and companies that socially pay attention to the community receive positive valuation from the community. In addition, economic development in forms of partnership between stakeholders in supporting the company’s economy increases the company’s income. Environment was proven to be the most discussed aspect, as companies addressing environmental sustainability receive positive review from the stakeholders. The effect of social, economic, and environmental aspects through corporate image are proven to be essential. Companies with positive image are able to improve their performance, followed by the gain of trust from the community and higher earnings. The findings imply that companies carry some degrees of responsibility to the interest of wider communities – not merely the firms’ financial interest – and contributes to science development particularly in corporate image and firm performance development through relationships of CSR factors. This research contributes to the knowledge and serves as a reference for those who are going to discuss more comprehensively about the effect of CSR and firm performance, especially in 3, 4, and 5-star hotels in Bali province.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0421020001
Uncontrolled Keywords: sosial, ekonomi, lingkungan, CSR, citra perusahaan, kinerja perusahaan., social, economy, environment, CSR, corporate image, firm performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:44
Last Modified: 30 Sep 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188558
[thumbnail of -I PUTU WIBAKSHA ADITYA PUTRA.pdf] Text
-I PUTU WIBAKSHA ADITYA PUTRA.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item