”Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Yield Obligasi Pemerintah Indonesia, Nilai Tukar, Indeks Bursa Efek New York, Harga Komoditas Emas, Harga Komoditas Minyak Mentah, Dan Covid-19 Terhadap Perubahan Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 Sampai Dengan 2020”

Fikri, Muhammad Anis (2021) ”Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Yield Obligasi Pemerintah Indonesia, Nilai Tukar, Indeks Bursa Efek New York, Harga Komoditas Emas, Harga Komoditas Minyak Mentah, Dan Covid-19 Terhadap Perubahan Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 Sampai Dengan 2020”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada 2020 merupakan tahun yang sangat berat bagi seluruh dunia. Hal ini disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh belahan bumi. Pandemi ini mengakibatkan penurunan kondisi perekonomian dan tercermin dari penurunan kinerja bursa efek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka panjang dan jangka pendek dari variabel bebas yang ada terhadap variabel terikat periode September 2013 sampai dengan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, di mana data bersumber dari laman BEI, Bank Indonesia, Yahoo finance, dan Investing. Penelitian ini menggunakan model VAR dan dilanjutkan dengan VECM. Alat olah data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan pada uji variabel suku bunga jangka panjang, saham ASII, INDF, dan RALS berpengaruh signifikan begitu pula pada jangka pendek. Pada uji variabel yield obligasi jangka panjang, saham KLBF memiliki pengaruh yang signifikan. Pada uji variabel nilai tukar jangka pendek, saham RALS dan KLBF terpengaruh positif signifikan. Pada uji variabel indeks bursa DJIA, saham yang terpengaruh pada jangka panjang adalah saham PJAA, ASII, dan INDF. Uji variabel harga emas pada jangka panjang menghasilkan hanya saham INDF, RALS, dan KLBF yang terpengaruh signifikan. Uji variabel harga minyak mentah, pada jangka panjang saham INDF, RALS, dan KLBF terpengaruh signifikan. Uji variabel dummy menghasilkan, pada jangka panjang saham yang terpengaruh signifikan adalah saham INDF, RALS, dan KLBF. Dari hasil pengujian jangka pendek ditemukan hasil tingkat suku bunga (JIBOR) hanya berpengaruh terhadap harga saham KLBF, yield obligasi hanya berpengaruh terhadap harga saham ASII, nilai tukar (kurs) hanya berpengaruh terhadap harga saham PJAA, indeks harga saham Bursa Saham New York (DJIA) hanya berpengaruh terhadap harga saham ASII dan INDF, harga emas (GOLD) hanya berpengaruh terhadap harga saham ASII, harga minyak mentah (WTI) hanya berpengaruh terhadap harga saham RALS, dan variabel dummy (Pandemi Covid-19) tidak berpengaruh terhadap harga saham yang menjadi sampel penelitian dalam jangka pendek.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521020253
Uncontrolled Keywords: Suku Bunga, Yield Obligasi, Nilai Tukar, Indeks Bursa Efek New York, Harga Emas, Harga Minyak Mentah, Covid-19, dan Harga Saham.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:06
Last Modified: 01 Mar 2022 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188540
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
165020407111009 - MUHAMMAD ANIS FIKRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item