Safii, Muhammad Permana Hendra and Lina Asmara Wati,, S. Pi., MP., MBA (2021) Efektivitas Pengunaan Media Sosial Instagram Sebagai Promosi Serta Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Rumah Makan Fos Food Mojokerto di Era Pandemi Covid 19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemajuan teknologi yang berkembang pesat juga berdampak pada dunia bisnis pemasaran akan tetapi. Pada tahun 2020 di setiap negara yang ada diberbagai dunia mengalami, musibah akibat penyebaran virus Corona (Covid 19), berbagai tindakan antisipasi pemerintah dalam menanggulani virus mulai dari social distance dan saran untuk bekerja dari rumah dan menutup semua sektor pelayanan publik. Hal itulah yang menjadikan kondisi UMKM dan para pelaku usaha mikro kecil khususnya di berbagai kota yang menerapkan PSBB. Akibatnya perekonomian melemah karena daya beli konsumen yang menurun. Meskipun demikian, masyarakat tetap cerdas untuk memanfaatkan kesempatan untuk berkarya dan menghasilkan pendapatan. Salah satu pemanfaatan yang dimaksud adalah penggunaan media sosial sebagai lahan promosi dan Rumah makan Fos Food Mojokerto adalah salah satu usaha rumah makan yang menggunakan media sosial instagram sebagai media promosi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media sosial instagram pada rumah makan Fos Food Mojokerto berdasarkan epic model. Serta menganalisis pengaruh promosi menggunakan media sosial instagram terhadap volume penjualan Rumah makan FOS Food Mojokerto di era pandemi covid 19. Penelitian dilaksanakan di rumah makan Fos Food Mojokerto Jl. Semeru No.19, Mergelo, Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Dilaksanakan pada bulan dilaksanakan pada bulan 15 April -16 September 2021. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Metode pengumpalan data metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari penyebaran kuisoner, wawancara dan obeservasi. Jenis sumber data yaitu primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen atau pengunjung yang membeli produk rumah makan Fos Food Mojokerto. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan adalah menggunakan teknik insidental sampling pengambilan sampel berdasarkan linear time function. Uji instrumen data yang dilakukan adalah uji validitas dan realibilitas, teknik analisis menggunakan deskriptif kuantitaif untuk mendeskriptifkan karakteristik responden yang mengunjungi rumah makan Fos Food melalui data pengisian kuesioner dan juga wawancara serta menggunakan metode tabulasi dari jawaban responden melalui hasil kuisoner yang telah diisi oleh respon. Kemudian dianalisis menggunakan menggunakan epic model dan di presentasikan. Hasil menunjukkan kegiatan promosi yang dilakukan rumah makan Fos Food masuk pada rentang skala yang efektif dengan hasil epic rate sebesar 3,905. Promosi (X) berpengaruh positif signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada Rumah makan Fos Food pada masa pandemi covid 19 dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh Promosi (X) terhadap volume penjualan (Y) koefisien korelasi R = 0,488 (48,8%) sisanya dipengaruh oleh variabel- variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini diharapkan untuk promosi rumah makan Fos Food harus lebih kreatif dalam menyampaikan promosi sehingga konsumen mendapatkan dampak yang berarti dalam promosi tersebut dan untuk penelitian selanjutnya. kurangnya daya beli konsumen dikarenakan social distance akibat penyebaran covid 19 dan menutup semua sektor pelayanan publik. Sedangkan mencari responden yang berkunjung dan membeli dirumah makan sangat penting karena hal itu akan memudahkan responden untuk mengisi kuesioner agar hasilnya lebih valid
English Abstract
Technological advances that are growing rapidly also have an impact on the world of the marketing business, however. In 2020, every country in various parts of the world will experience disasters due to the spread of the Corona virus (Covid 19), various government anticipatory actions in dealing with the virus, starting from social distancing and advice to work from home and closing all public service sectors. This is what makes the condition of MSMEs and micro and small business actors, especially in various cities that apply PSBB. As a result, the economy weakened due to the declining purchasing power of consumers. Even so, people are still smart to take advantage of opportunities to work and generate income. One of the uses in question is the use of social media as a promotional area and the Fos Food Mojokerto Restaurant is one of the restaurant businesses that use Instagram as a promotional media. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of Instagram social media at the Fos Food Mojokerto restaurant based on the epic model. As well as analyzing the effect of promotion using Instagram social media on the sales volume of FOS Food Mojokerto Restaurant in the era of the covid 19 pandemic. The research was conducted at the Fos Food Mojokerto restaurant Jl. Semeru No.19, Mergelo, Wates, Magersari District, Mojokerto City, and East Java. Held in the month of April 15 -16 September 2021. This type of descriptive research using a quantitative approach. The data collection method used in this study consisted of distributing questionnaires, interviews and observations. The types of data sources are primary and secondary. The population of this study is consumers or visitors who buy products from the Fos Food Mojokerto restaurant. The sampling method that will be used is incidental sampling technique, sampling based on linear time function. The data instrument test carried out was a validity and reliability test, the analytical technique used quantitative descriptive to describe the characteristics of respondents who visited Fos Food restaurants through data filling out questionnaires and interviews as well as using the tabulation method of respondents' answers through the results of questionnaires that had been filled in by the responses. Then analyzed using the epic model and presented. The results show that the promotional activities carried out by the Fos Food restaurant are in the effective scale range with an epic rate of 3.905. The effect of promotion on sales volume shows that consumers think that the price of products from Fos Food is less affordable, supported by the answers of respondents who disagree with the number of 39 respondents with an average of 2.86 items. Meanwhile, the consumer's answer is that they don't often consume Fos Food restaurant products during the covid 19 pandemic. Promotion (X) has a significant positive effect on sales volume (Y) at Fos Food Restaurant during the covid 19 pandemic, as evidenced by the results of the t-test with a significant value of 0.000 <0.05. The magnitude of the effect of Promotion (X) on sales volume (Y) correlation coefficient R = 0.488 (48.8%) the rest is influenced by other variables not included in this research.. Suggestions from this research are expected for the promotion of Fos Food restaurants to be more creative in conveying promotions so that consumers get a meaningful impact in the promotion and for further research, it is necessary to develop further research on the analysis of promotional activities by using different analytical tools, for example by using multiple linear regression analysis and structural equation modeling to find out the wider impact of promotion.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521080064 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 03:30 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188484 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mohammad Permana Hendra Safi`i.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |