Implementasi Kurikulum 2013 Menurut Permendikbud No.81A Tahun 2013 (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan)

Puspasari, Tiyas and Sjamsiar Sjamsuddin, Prof. Dr. and Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA, Ph.D (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Menurut Permendikbud No.81A Tahun 2013 (Studi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tema Kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia khususnya Kota Pasurun yang produktif, kreatif, inovatif, efektif, melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegritas. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam implementasi kurikulum yang sudah diatur dalam Permendikbud no 81A tahun 2013 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan dituntut untuk secara profesional untuk bisa menerapkan proses implementasi tersebut dengan baik. Namun pada kenyataannya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masih menemukan kendala-kendala berupa ketidaksiapan tenaga pendidiknya dan kurang siapnya buku sebagai penunjang pendidikan. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud No.81A Tahun 2013 pada jenjang pendidikan dasar serta faktor pendukung dan penghambat dari proses implementasi kurikulum 2013 tersebut. Lokasi penelitian ini pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan. Hasil penelitian dari implementasi kurikulum 2013 menurut Permendikbud No.81A tahun 2013 pada jenjang pendidikan dasar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan menunjukkan adanya permasalahan yang menyangkut penerapan dari implementasi kurikulum 2013 tersebut. Munculnya masalah-masalah yang berdampak di bidang manajemennya masih sulit untuk diatasi, antara lain penyaluran buku-buku penunjang pendidikan, pelatihanpelatihan tenaga pendidik, dan tugas fasilitator yang diembannya. Bagaimana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan tersebut akan mengatasinya yaitu dengan cara kreativitas diri dalam lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yaitu penggandaan sendiri buku-buku yang telah diditribusikan dari pusat ke daerah dengan tidak mengurangi isinya, kemudian standar-standar pelatihan tenaga pendidik yang dikembangkan menurut kebutuhan Kota Pasuruan, dan bertindak sebagai fasilitator yang terbuka, transparan, dan mengarah pada pengembangan pendidikan yang terstandart di Kota Pasuruan.

English Abstract

The theme of Curriculum 2013 is to produce Indonesian people, especially Pasuruan City that is productive, creative, innovative, effective, through strengthening attitudes, skills, and integrated knowledge. To achieve this, in the implementation of the curriculum that has been regulated in the Minister of Education and Culture Regulation 81A in 2013 Office of Education and Culture of Pasuruan City is required to be professionally able to implement the implementation process well. But in fact the Office of Education and Culture still finds obstacles in the form of unpreparedness of educators and less ready books as supporting education. The research used in this research is descriptive with qualitative research. Data source used by researcher is primary data source and secondary data. Data collection techniques such as observation, interviews, and documentation. And the focus of this research is the Implementation of Curriculum 2013 according to regulated in the Minister of Education and Culture Regulation 81A Year 2013 at the level of basic education as well as the supporting and inhibiting factors of the implementation process of the 2013 curriculum. The location of this research on Education and Culture Office of Pasuruan City. The results of the implementation of the 2013 curriculum according to regulated in the Minister of Education and Culture Regulation 81A in 2013 at the level of basic education in the Office of Education and Culture of Pasuruan City shows the problems related to the implementation of the implementation of the 2013 curriculum. The emergence of problems that affect the field of management is still difficult to overcome, including the distribution of educational books, training educators, and the task of facilitators who are given. Therefore, there needs to be a real solution by way of self-creativity in the environment of the Department of Education and Culture is the self-republishing of books that have been distributed from the center to the region by not reducing its contents, then educator training standards developed according to the needs of Pasuruan City, and acts as an open, transparent facilitator, and leads to the development of a standardized education in Pasuruan City.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/351/PUS/2018/i/0418030004
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum dan Pendidikan Dasar, Implementation, Curriculum And Basic Education
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:54
Last Modified: 19 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188475
[thumbnail of Tiyas Puspasari.pdf]
Preview
Text
Tiyas Puspasari.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item