Putri, Tamara Felyncia Eka and Istiqomah Wulandari, S.Pd., M.Ed. (2021) The Ability of Elementary School Fourth Graders of Kampung Biru Arema to Acquire and Learn English Vocabulary. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemerolehan dan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas empat yang tinngal di Kampung Biru Arema (KBA) menarik untuk dianalisis karena KBA merupakan desa wisata yang dikunjungi beberapa turis asing. Namun, siswa sekolah dasar yang tinggal di KBA tidak mempelajari Bahasa Inggris di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri yang tinggal di Kampung Biru Arema (KBA) dalam memperoleh dan mempelajari kosa kata Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, serta menganalisis metode pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa ada empat sumber dalam memperoleh dan mempelajari kosa kata Bahasa Inggris yaitu: YouTube, game, percakapan seharihari, dan kursus privat. Berdasarkan dari sumber, baik proses pemerolehan maupun pembelajaran dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Lebih lanjutnya, tingkat referensi umum siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri yang tinggal di KBA adalah Waystage (A1) and Threshold (B1). Metode pengajaran yang efektif dalam mempelajari kosa kata Bahasa Inggris di kampung tersebut dengan menggunakan gambar dan alat peraga. Penelitian ini hanya terbatas pada kosa kata. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya perlu menganalisis menggunakan teori yang berbeda untuk analisis yang lebih mendalam. Penelitian selanjutnya dapat menganalisis kemampuan atau komponen bahasa lainnya, dan menemukan teknik mengajar yang efektif menggunakan metode lain yang lebih beragam.
English Abstract
English acquisition and learning among the fourth graders in Kampung Biru Arema (KBA) is interesting to analyze because KBA is a tourism village visited by some foreigners. But the elementary school students who live in KBA do not learn English at their school. The research is aimed at analyzing how the the fourth-graders of public elementary schools who live in Kampung Biru Arema (KBA) acquire and learn English vocabulary as a foreign language and analyzing the effective teaching technique. Qualitative approach was employed in this research. The data were collected by interview and test. The result shows that there are four sources in acquiring and learning English vocabulary; YouTube, game, daily conversation, private course. Based on the sources, both of acquiring and learning process are needed to improve their English ability. Furthermore, the common reference level of the fourth-graders of public elementary schools who live in KBA is Waystage (A1) and Threshold (B1). The effective teaching technique is using visual aids. The research is only specified in vocabulary. Thus, the future research needs to gain more analysis by using the other theory to find the deeper analysis. The future research can analyze the other language skills or components, and find the most effective vocabulary teaching technique using more or different methods.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521120068 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: English, Vocabulary, Acquisition, Learning, Reference Level, teaching |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | yulia Chasanah |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:11 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 11:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188459 |
Text
-Tamara Felyncia Eka Putri.pdf Download (17MB) |
Actions (login required)
View Item |