Analisis Bentuk dan Lokasi Bangunan Kampung Cina Kota Bengkulu : Kajian Konsep Yin Yang

Mayaranti, Siska and Putrie Rahayuningtyas, BTCFL., MTCSOL, (2021) Analisis Bentuk dan Lokasi Bangunan Kampung Cina Kota Bengkulu : Kajian Konsep Yin Yang. UNSPECIFIED thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebudayaan merupakan suatu hasil karya, kebiasaan manusia yang dijaga secara turun temurun. Kampung Cina adalah salah satu bentuk kebudayaan yang merupakan sebuah kawasan yang mayoritas penghuninya adalah etnis Tionghoa. Kampung Cina identik dengan rumah toko dan adanya gapura sebagai tanda masuk ke kawasan Kampung Cina. Yin Yang merupakan sebuah filosofi Tiongkok. Yin Yang menggambarkan kekuatan yang tampaknya berlawanan tetapi saling berhubungan. Konsep Yin Yang juga diterapkan dalam desain hunian yang dipercaya dapat memberikan energi yang positif bagi penghuni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teori Yin Yang. Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 26 buah penerapan konsep Yin Yang, antara lain pada gapura, rumah toko, bangunan Vihara dan lokasi Kampung Cina Kota Bengkulu.

English Abstract

-

Other obstract

文化是一种杰作,人类习惯世代相传,唐人街就是其中一种的文化形式,是大多数华裔居民的地区。唐人街有着专属牌楼和中华传统的大门框作为进入唐人街区域的标志,阴阳是中国哲学概念,阴阳代表似乎相反的力量,但又相互关联。阴阳的概念也用于住宅设计中,并被认为可为居民提供正能量。本次研究使用定性描述研究方法以及阴阳理论。在这次研究中, 除 大门,商店,寺庙建筑以及明古鲁市的唐人街地标之外,还发现了多达 26个阴阳概念的应用。

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Identification Number: 0521120067
Uncontrolled Keywords: 关键词 : 文化,唐人街,阴阳 Kata Kunci : kebudayaan, kampung cina, yin yang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:54
Last Modified: 24 Sep 2024 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188447
[thumbnail of Siska Mayaranti.pdf] Text
Siska Mayaranti.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item