Literature Review: Pengaruh Penambahan Vitamin C pada Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Nila (Oreochromis sp.)

Fadloli, Ivan Alfiansyah and Dr. Ir. Maheno Sri Widodo,, MS and Dr. Ir. Abd. Rahem Faqih,, M. Si (2021) Literature Review: Pengaruh Penambahan Vitamin C pada Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Nila (Oreochromis sp.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap performa pertumbuhan ikan. Pakan yang berkualitas dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan pertumbuhan ikan sehingga dapat menaikkan tingkat produktivitas ikan nila. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pemberian pakan yang berkualitas adalah dengan melakukan penambahan vitamin C ke dalam pakan. Vitamin C merupakan nutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh ikan, namun ikan sendiri tidak dapat memproduksinya. Sehingga perlu melakukan suplementasi vitamin C dalam pakan untuk memenuhi kebutuhan ikan dalam meningkatkan pertumbuhan dan mengurangi tingkat stress. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan vitamin C pada pakan terhadap tingkat pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Kegunaan literature review ini adalah untuk memberikan informasi terkait bagaimana pengaruh vitamin C terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data berupa kajian pustaka. Referensi yang digunakan berasal dari jurnal-jurnal yang terkait dengan topik dan diperoleh melalui database online seperti google scholar, science direct, springer, research gate, onlinelibrary wiley dan lainnya. Penyusunan literature review meliputi penentuan topik, pencarian sumber pustaka, pengumpulan sumber pustaka, ekstraksi dan penyusunan review. Adapun hasil yang diperoleh dari literature review ini menunjukkan bahwa penambahan vitamin C dalam pakan ikan dapat memberikan dampak positif pada performa pertumbuhan ikan, seperti pada spesific growth rate (SGR), growth rate (GR), feed convertion rate (FCR) maupun survival rate (SR). Hal ini didasari oleh fungsi dari vitamin C yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan normal, mencegah kelainan bentuk tulang untuk kesehatan ikan atau mengurangi stress, memberikan kekebalan tubuh ketika melawan infeksi bakteri. Kekurangan vitamin C pada pakan dapat menyebabkan perubahan bentuk pada rangka yang ditunjukkan dengan kurangnya nafsu makan dan pertumbuhan menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080050
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:26
Last Modified: 27 Sep 2024 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188440
[thumbnail of Ivan Alfiansyah Fadloli.pdf] Text
Ivan Alfiansyah Fadloli.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item