Saputro, Lukman Khamdani and Asti Amelia Novita, S.AP, M.AP., Ph.D. and Prof. Dr. Abdul Juli Andi Gani, MS (2020) Model Pembinaan Pegawai Untuk Meningkatkan Kinerja Di Ub Guest House. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Meningkatnya kualitas sumber daya manusia akan dapat dilihat pada kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas dan peran yang diembannya sesuai dengan tuntutan organisasi atau lembaga, oleh karena itu upaya mengelola dan mengembangkan kinerja individu dalam organisasi menjadi hal yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan kemampuan organisasi untuk dapat berperan optimal dalam masyarakat dan kondisi ini dapat terjadi ketika karyawan memiliki pencapaian kinerja yang maksimal. Pegawai UB Guest House dituntut untuk memiliki kinerja yang baik. Kinerja yang baik itu sendiri merupakan suatu potensi yang harus dimiliki oleh setiap pegawai untuk melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Dengan kinerja yang baik, maka setiap pegawai dapat menyelesaikan segala beban lembaga dengan efektif dan efisien sehingga masalah-masalah yang terjadi pada lembaga dapat teratasi dengan baik. Pegawai diharapkan dapat memaksimalkan tanggung jawab dengan berbekal pada kemampuan yang berkaitan dengan implementasi pekerjaan mereka. Kinerja pegawai dapat dilihat dari aspek kuantitas kerja, ketepatan kerja dan kualitas kerja serta tingkat kemampuan dalam bekerja, kemampuan mencari, mengolah dan menganalisis data, serta kemampuan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komprehensif tentang : (1) Mengetahui bentuk-bentuk pembinaan karir pegawai di UB Guest House. (2) Mendeskripsikan hambatan apa saja yang ditemui oleh pada pembinaan karir pegawai di UB Guest House. (3) mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pada pembinaan karir pegawai UB Guest House. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan analisis teori Mengkunegara, diperoleh kesimpulan : pertama, Pihak manajemen UB Guest House sebagai upaya untuk memaksimalkan pengembangan karier bagi karyawan diharapkan untuk menetapkan anggaran secara jelas sesuai dalam upaya mendukung pembiayaan kebijakan pengembangan karier karyawan sehingga segala bentuk kebijakan atau program benar-benar daat dijalankan dan memberikan manfaat dalam memaksimalkan tujuan pengembangan karier karyawan. Kedua, Kebijakan pengembangan karier yang dilakukan harus benar-benar dilaksanakan kepada karyawan yang memiliki potensi baik dalam pendidikan maupun pengalaman kerja yang dimiliki sehingga kebijakan karier yang ditetapkan dapat memberikan manfaata secara maksimal kepada karyawan. Ketiga, Pemberian motivasi kepada karyawan, dan meningkatkan komitmen organisasi sebagai upaya untuk mendukung kebijakan pengembangan karier karyawan. Maka upaya untuk mengembangkan sistem pengembangan karir karyawannya dengan manajemen karir yang jelas bagi karyawan, dan memberikan kesempatan pelatihan untuk membantu karyawan dalam pencapaian karier dalam bekerja di perusahaan.
English Abstract
Increasing the quality of human resources can be seen in the performance of employees in carrying out their duties and roles in accordance with the demands of the organization or institution, therefore efforts to manage and develop individual performance in the organization are very important in building and developing organizational capabilities to be able to play a role. optimal in society and this condition can occur when employees achieve maximum performance. UB Guest House employees are required to have good performance. Good performance itself is a potential that must be possessed by every employee to carry out every given task and responsibility. With good performance, every employee can solve all the burdens of the institution effectively and efficiently so that problems that occur in the institution can be resolved properly. Employees are expected to be able to maximize their responsibilities armed with the skills related to the implementation of their work. Employee performance can be seen from the aspect of work quantity, work accuracy and quality of work as well as the level of ability at work, the ability to search, process and analyze data, and the ability to evaluate. This study aims to describe and analyze comprehensively about: (1) Knowing the forms of employee career development in UB Guest House. (2) Describe the obstacles encountered in employee career development in UB Guest House. (3) describe the efforts made to overcome obstacles in career development for UB Guest House employees. By using a qualitative approach, and an analysis of the theory of Mengkunegara, conclusions are obtained: first, the management of UB Guest House in an effort to maximize career development for employees is expected to set a clearly appropriate budget in an effort to support employee career development policies so that all forms of policies or programs are correct. can be executed and provide benefits in maximizing employee career development goals. Second, the career development policy that is carried out must really be implemented for employees who have the potential both in education and work experience so that the established career policies can provide maximum benefits to employees. Third, providing motivation to employees, and increasing organizational commitment as an effort to support employee career development policies. So an effort is made to develop a career development system for employees with clear career management for employees, and provide training opportunities to assist employees in achieving career work in the company.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0420030007 |
Uncontrolled Keywords: | Badan Layanan Umum, UB Guest House, Kinerja, Universitas Brawijaya. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 01:54 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188439 |
Preview |
Text
Lukman Khamdani Saputro.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |