Puspitasari, Rahma and Prof. Dr. Sumartono,, MS. and Dr. Ainul Hayat, M.Si. (2020) Manajemen Program Fisip Apps (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Applications) Dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Perguruan Tinggi (Studi di Bagian Keuangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan manajemen yang baik terhadap sebuah program dalam institusi pendidikan agar dapat mencapai optimalisasi penyelenggaraan layanan. Kebutuhan tersebut didasarkan pada munculnya permasalahan-permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan dari pengguna layanan. Celah dalam system layanan inilah yang kemudian perlu dibenahi, dari yang semula konvensional menjadi sistem yang memanfaatkan teknologi. FISIP Apps merupakan sistem terintegrasi guna mendukung efisiensi dan optimalisasi dalam penyelangfaraan layanan di institusi Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen program FISIP Apps dalam rangka optimalisasi pelayanan di bagian keuangan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, studi dokumen dan juga peristiwa. Analisis data kualitatif yang digunakan adalah model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa manajemen program FISIP Apps secara terintegrasi dapat mendukung optimalisasi pelayanan di FISIP UB. Hal ini tercermin dari keempat fungsi manajemen yang telah terlaksana dengan baik, meliputi planning (kejelasan tujuan, kebijakan dan prosedur FISIP Apps), organizing (system koordinasi, pembagian kerja dan struktur organisasi berdasarkan level kewenangan pengguna), actuating (pemberian perintah, pedoman dan tugas serta mekanisme dan tata laksana FISIP Apps yang sistematis), serta controlling (pengawasan yang bertahap dan berjenjang secara langsung atau online dan tidak langsung atau offline). Selain itu terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program FISIP Apps yang terbagi menjadi kendala internal, terdiri dari ketidakpastian waktu verifikasi pengajuan, pembedaan akses pengguna, alur birokrasi yang belum sepenuhnya online, keterbatasan kendali untuk perbaikan dan pengembangan program serta belum adanya fitur tambahan sebagai pendukung aplikasi, dan juga kendala eksternal, terdiri dari factor psikologis dan budaya pengguna layanan FISIP Apps serta kebergantungan terhadap sinyal tekomunikasi.
English Abstract
Background of this research is the need of good program management in an educational institution in order to achieve optimal service delivery. These needs are based on the emergence of problems that cause dissatisfaction from service users. It is this gap in the service system that needs to be addressed, from what was originally conventional to a system that utilizes technology. FISIP Apps is an integrated system to support efficiency and optimization in the provision of services in educational institutions. The purpose of this study is to describe and analyze the management of the FISIP Apps program in the context of optimizing services in the finance department at the Faculty of Social and Political Sciences, Brawijaya University and the obstacles encountered in implementing the program. The research method used is a qualitative method with data collection techniques from the results of interviews, observations, document studies and event. Qualitative data analysis used was an interactive model by Miles, Huberman, and Saldana (2014). The data obtained in this study will then be tested for validity using data triangulation. The analysis over these aspects shows that integrated FISIP Apps program management can support the optimization of services in FISIP UB. This is reflected in the four management functions that have been implemented well, including planning (clarity of objectives, policies and procedures of FISIP Apps), organizing (coordination system, division of work and organizational structure based on the level of user authority), actuating (giving orders, guidelines and tasks and the systematic mechanism and governance of FISIP Apps, as well as controlling (gradual and tiered supervision directly or online and indirectly or offline). In addition there are several obstacles in the implementation of the FISIP Apps program which is divided into internal constraints, consisting of uncertainty about the time of submission verification, differentiation of user access, bureaucratic flow that is not yet fully online, limited control for program improvement and development, and the absence of additional features to support applications, and also external constraints, consisting of psychological and cultural factors of FISIP Apps service users and dependence on communication signals.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0420030005 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program, Optimalisasi Pelayanan, FISIP Apps, Universitas Brawijaya, Program management, Optimazation of services, FISIP Apps, University of Brawijaya |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188416 |
Text
Rahma Puspitasari.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |