Literature Review: Pemanfaatan Bahan Alami dan Sintetis Terhadap Keberhasilan Maskulinisasi Ikan Nila (Oreochromis sp.).

Syahrien, Alfie and Dr. Ir. Maheno Sri Widodo,, MS and M. Fakhri,, S. Pi, M.P., M.Sc. (2021) Literature Review: Pemanfaatan Bahan Alami dan Sintetis Terhadap Keberhasilan Maskulinisasi Ikan Nila (Oreochromis sp.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas ikan air tawar unggulan yang bernilai ekonomis tinggi. Secara biologis ikan nila jantan memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat dibanding ikan nila betina. Pengaplikasian budidaya monosex jantan dapat menyebabkan pembudidaya ikan nila akan lebih mendapatkan keuntungan dengan teknologi sex reversal yakni maskulinisasi. Bahan yang dapat digunakan untuk teknologi sex reversal dapat berasal dari berbagai bahan baik bahan alami maupun sintetis dengan dosis dan metode pemberian yang berbeda. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui bahan alami dan sintetis yang sudah diteliti sebelumnya terhadap keberhasilan dan efektifitas sebagai agen maskulinisasi untuk ikan nila. Kegunaan dari literature review ini adalah sebagai bahan informasi bagi pembaca dan pembudidaya dalam melakukan teknik maskulinisasi pada ikan nila. Referensi yang digunakan merupakan artikel yang relevan dengan topik dan diperoleh melalui database online dari google scholar, science direct, springer, research gate, onlinelibrary wiley dan lainnya. Penyusunan dari literature review meliputi penentuan topik, pencarian literature, pengumpulan sumber literature, analisa dan penyusunan review. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat cukup banyak bahan alami dan beberapa bahan sintetis yang sudah diteliti untuk kegiatan maskulinisasi ikan nila. Bahan sintetis diantaranya, 17 α-methyl testosterone, letrozole, exemestane dan fadrozole. Bahan alami yang diteliti mengandung bahan aktif seperti saponin, flavonoid, steroid, kalium, chyrsin, stigmasterol dan testosterone. Pengaplikasian bahan alami dan sintetis memberikan hasil efektifitas yang serupa dengan hasil bahan sintetis fadrozole perlakuan pakan dosis 350 ppm/kg selama 30 hari dengan persentase jantan 100% dan sintasan 97,80%. Bahan alami paling efektif untuk maskulinisasi yakni pada bahan jinten hitam (Nigella sativa) perlakuan perendaman dosis 0,15 g/l selama 16 jam dengan persentase jantan 86,67% dan sintasan 96,67%. Perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut terkait upaya lainnya yang dapat dilakukan dalam maskulinisasi khususnya ikan nila seperti dosis dan waktu yang lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521080010
Uncontrolled Keywords: maskulinisasi, jantanisasi, sex reversal, masculinization for nile tilapia, perendaman dan immersion.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:51
Last Modified: 24 Feb 2022 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188252
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALFIE SYAHRIEN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (943kB)

Actions (login required)

View Item View Item