Pengembangan Media Edukasi Anatomi Muskuloskeletal Manusia Berbasis Augmented Reality Mobile Application dengan Metode Human-Centered Design

Izzaty, Sherina and Dr. Eng. Herman Tolle, S.T., M.T, and Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng, (2021) Pengembangan Media Edukasi Anatomi Muskuloskeletal Manusia Berbasis Augmented Reality Mobile Application dengan Metode Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah dokter di Indonesia tergolong rendah, terlihat dari rasionya yang berada di peringkat dua terbawah se-Asia Tenggara. Penambahan kuantitas dokter perlu dilakukan, begitu juga kualitasnya. Dalam masa studi yang cukup lama, banyak yang harus dipelajari mahasiswa kedokteran agar bisa menjadi dokter yang berkualitas, tak terkecuali ilmu anatomi muskuloskeletal manusia yang tergolong sulit karena banyak sekali yang harus dihafalkan. Metode pembelajarannya yang membutuhkan cadaver dan atlas tebal membuat mahasiswa kesulitan untuk mendalami materi. Sejauh ini sudah banyak penerapan teknologi untuk membantu mahasiswa belajar anatomi muskuloskeletal, salah satunya Augmented Reality (AR). AR dinilai memiliki kelebihan sebagai teknologi untuk media edukasi disebabkan kemampuannya untuk memvisualisasikan objek yang tak kasat mata secara interaktif serta dapat menarik minat penggunanya untuk belajar. Terdapat beberapa penelitian tentang media edukasi anatomi menggunakan AR, tetapi belum ada yang mengembangkan AR untuk belajar anatomi otot dan tulang (muskuloskeletal). Kemudian penelitian sebelumnya juga belum ada yang menggunakan sistem markerless dan berbasis web. Oleh karena itu, muncul gagasan untuk membuat media edukasi AR untuk mempermudah mahasiswa tersebut dalam memahami dan menghafal istilah dalam anatomi muskuloskeletal manusia. Media edukasi markerless AR berbasis web menjadi solusi agar mahasiswa bisa mengaksesnya secara praktis menggunakan smartphone dan tidak perlu membawa marker. Penelitian ini berfokus pada skenario pembelajaran, perancangan beserta implementasi, serta pengukuran usability dan tingkat efektivitas proses pembelajaran menggunakan media edukasi ini. Skenario pembelajarannya disesuaikan dengan pendekatan SPICES yang digunakan di kedokteran dan bersifat hypermedia agar manfaat media edukasi AR lebih dapat dirasakan. Kemudian desain perancangan aplikasi mengikuti tahapan HCD. Hasil usability yang diperoleh adalah sangat memuaskan. Kemudian berdasarkan efektivitas pembelajaran yang diukur dengan pretest-posttest, ada kenaikan nilai, hanya saja tidak terlalu signifikan ketika diukur dengan uji statistik Wilcoxon.

English Abstract

Indonesia is the second-lowest doctors’ distribution in Southeast Asia based on the doctor-patient ratio. It is required to increase the quantity of doctors, as well as the quality. There are so many subjects which every medical science student must learn, including anatomy of human musculoskeletal. It is considered as a difficult subject due to the numerous terms that must be recollected, and the learning method is quite tough because they have to study with cadaver and thick anatomy atlas. To help the students in learning the subject, one of the applied technologies is Augmented Reality (AR) because it has capability to visualize the unseen objects as interactive 3D objects and make students feel engaged to study. There are some related researches, yet there is still no AR educational media for learning human musculoskeletal system, also web-based markerless AR is yet to be found. Therefore, this research purpose is to create AR educational media so that medical students can understand and memorize human musculoskeletal anatomy terms in more convenient way. Web-based markerless AR educational media is indicated as solution so that students can access it practically using their smartphone and need not bring markers. This research focuses on creating the teaching-learning scenarios, design and implementation, and also measuring the usability and effectiveness of the learning process using this educational media. The teaching-learning scenario is adapted to the SPICES approach used in medical science studies and some assets are in hypermedia form so that the benefits of AR educational media are perceived by the students. The application design process follows the HCD stage. The usability results are very satisfying. Based on the learning effectiveness as measured by the pretest-posttest, the students’ scores are increasing after running the AR application, but they were not that significant based on Wilcoxon statistical test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0420150005
Uncontrolled Keywords: web-based, hypermedia, Human-Centered Design, markerless, pretest-posttest
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:34
Last Modified: 25 Feb 2022 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188245
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sherina Izzaty.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item