Pengembangan Augmented Reality (AR) Adapted Book Sebagai Media Terapi Pengenalan Emosi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) dengan Pendekatan User Centered Design (UCD)

Miningrum, Tika and Dr. Eng. Herman Tolle,, S.T., M.T., and Dr. Eng. Fitra Abdurrachman Bachtiar, S.T., M.Eng., (2021) Pengembangan Augmented Reality (AR) Adapted Book Sebagai Media Terapi Pengenalan Emosi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) dengan Pendekatan User Centered Design (UCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Autisme adalah salah satu gangguan pada tumbuh kembang anak yang disebabkan oleh gangguan sistem saraf pada otak. Karakteristik penyandang Austism Spectrum Disorders (ASD) ditandai dengan sulitnya mereka dalam berinteraksi sosial. Keterbatasan ini ditandai dengan sulitnya mereka dalam mengenali emosi, minimnya kemampuan mereka mengenali ekspresi dan merespon emosi yang sesuai dengan situasi yang dirasakan oleh orang lain. Apabila kekurangan ini terus dibiarkan terjadi, anak akan hidup menjadi orang yang tidak berempati. Untuk meminimalisir permasalahan itu, maka diperlukan terapi pembelajaran untuk anak ASD agar dapat belajar mengenali emosi. Penelitian ini menerapkan adapted book yang dipadukan dengan video, animasi, dan Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam pengenalan emosi anak penyandang autisme. User Centered Design (UCD) digunakan sebagai pedoman dalam perancangan aplikasi AR Adapted Book (AREmotion). UCD mempunyai 3 proses penting yang meliputi discover, design, dan deliver. Pada proses discover dengan melakukan penggalian permasalahan dan memahami kebutuhan pengguna. Proses kedua adalah design yaitu memberikan solusi perancangan media yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta proses deliver pada tahapan ketiga yaitu dengan mengevaluasi desain yang telah ditawarkan. Hasil akhir pada evaluasi usability pada AREmotion mendapatkan hasil sebesar 82,73% dengan aspek kriteria tertinggi yaitu aspek learnability sebesar 86,67%, hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi AREmotion dapat digunakan sebagai sarana media belajar bagi anak penyandang ASD. Berdasarkan pengujian dengan pre-test dan post-test kepada anak ASD menunjukkan bahwa menggunakan aplikasi AREmotion secara efektif dapat meningkatkan pengenalan emosi yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0420150004
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder (ASD), Adapted Book, Augmented Reality (AR), User Centered Design (UCD).
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2022 06:27
Last Modified: 24 Sep 2024 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188241
[thumbnail of Tika Miningrum.pdf] Text
Tika Miningrum.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item